Sukses


5 Contoh Karangan Deskripsi Berbagai Topik, Menarik untuk Dicermati

Bola.com, Jakarta - Karangan deskripsi adalah jenis tulisan yang berisi gambaran suatu keadaan, kejadian, atau peristiwa sejelas mungkin sehingga pembaca mendapat kesan seperti melihat atau mengalami hal-hal yang dibahas.

Jadi, karangan deskripsi merupakan tulisan yang berisi tentang gambaran-gambaran atau pemaparan suatu objek, keadaan, lokasi atau benda menggunakan kata-kata.

Adapun tujuan dari karangan deskripsi untuk memberikan kesan yang jelas kepada pembaca seolah-seolah melihat, mengetahui, dan merasakan sendiri objek yang disampaikan penulis.

Biasanya apa yang digambarkan dalam karangan deskripsi berupa hasil pengamatan menggunakan pancaindra.

Perlu diketahui, karangan deskripsi mempunyai beberapa pola pengembangan, yaitu pola deskripsi spasial, pola deskripsi sudut pandang, pola deskripsi pengamatan (observasi), dan pola deskripsi fokus.

Setelah mengetahui sedikit penjelasan mengenai karangan deskripsi, kamu bisa menyimak beberapa contohnya pada artikel ini sehingga dapat memahaminya secara terperinci.

Berikut ini beberapa contoh karangan deskripsi berbagai topik yang menarik dicermati, dikutip dari laman Materibindo dan Yuksinau, Senin (28/11/2022).

2 dari 6 halaman

Sekolahan

Aku adalah siswa di SMP N 1 Ajibarang. Sekolahku merupakan sekolah unggulan di Ajibarang dan memiliki gedung sekolah yang nyaman.

Gedung sekolahku berdiri di atas tanah seluas 4000 meter persegi. Bangunan sekolahku memiliki luas 1750 meter persegi dan sisanya merupakan tanah lapangan yang memiliki banyak fungsi.

Di sekolahku ada lapangan untuk upacara, lapangan untuk olahraga sepak bola, voli dan basket. Bagian lainnya digunakan untuk taman. Taman ini ditanami berbagai macam bunga dan pepohonan rindang.

Di taman juga dipasang kursi-kursi yang bisa digunakan untuk bersantai. Kami belajar dengan nyaman di dalam kelas yang menggunakan AC alami. Masing-masing kelas juga dilengkapi satu wastafel dan kamar mandi.

Tak hanya itu, masing-masing kelas juga ada LCD. Total ada 12 ruang laboratorium untuk mendukung pembelajaran. Laboratorium itu terdiri dari ruang laboratorium fisika, kimia, matematika, biologi, multimedia dan bahasa. Di sekolahku juga terdapat kolam renang dengan luas 10 x 15 meter.

3 dari 6 halaman

Stadion

Di kotaku ada pembangunan stadion baru untuk menggelar sepak bola yang memang memiliki banyak peminat. Stadion baru tersebut memiliki kapasitas penduduk sebesar 50.000 seat.

Dengan desain modern, stadion baru tersebut memiliki teknologi visual yang sangat bagus sehingga bisa menyajikan replay yang sempurna.

Kualitas rumput juga sangat bagus, rata, dan selalu hijau. Selain itu, stadion baru tersebut juga memiliki ruang meeting wartawan yang sangat modern dilengkapi dengan koneksi internet dengan kecepatan tinggi. Kualitas tempat duduknya juga sudah modern dengan one seat.

4 dari 6 halaman

Pantai Prigi

Pantai Prigi adalah satu di antara tempat wisata Trenggalek yang sangat populer. Pantai Prigi termasuk tempat tujuan wisata Trenggalek yang indah dengan aktivitas nelayan yang padat.

Pantai Prigi memiliki garis pantai yang panjang. Terdapat pepohonan hijau beriringan menghiasi pinggiran Pantai Prigi. Riak-riak ombak selalu menghiasi Pantai prigi yang berwarna biru.

Semilir angin yang dingin juga menjadi ciri khas Pantai Prigi. Hal tersebut membuat pengunjung makin nyaman. Pantai Prigi juga memiliki tempat pelelangan ikan yang besar sehingga kita bisa mendapatkan ikan segar jika berkunjung ke Pantai Prigi.

5 dari 6 halaman

Bendungan Ngangin

Bendungan Ngangin adalah bendungan baru yang sangat bermanfaat untuk masyarakat di Desa Ngangin. Bendungan Ngangin ini dimanfaatkan untuk mengairi ladang dan sawah penduduk Desa Ngangin.

Bendungan Ngangin dibangun pada pertengahan tahun 2015 dengan teknologi modern dengan pintu air yang bisa dikendalikan dengan panel elektronik. Bendungan ini memiliki luas mencapai 100 hektare dan sampai sekarang masih menjadi ikon utama Desa Ngangin.

6 dari 6 halaman

Museum Angkut

Museum Angkut merupakan satu di antara objek wisata yang berada di kawasan Kota Batu yang juga menjadi pusat wisata di Jawa Timur. Tempat wisata yang berada di Jawa Timur ini menawarkan beraneka ragam koleksi kendaraan yang dijadikan sebagai angkutan pada zaman kuno sampai modern.

Beberapa koleksi di sana ada motor, sepeda, mobil, sampai miniatur pesawat terbang yang dipajang untuk menarik para wisatawan. Tak hanya menawarkan beraneka ragam koleksi kendaraan, museum ini juga mempunyai luas sampai berhektare-hektare yang dibagi berdasarkan tema.

Bagian dari museum satu ini dirancang sangat mirip dengan area Hollywood sampai Eropa kuno. Pada beberapa kesempatan juga terdapat parade yang mirip seperti karnaval.

Dengan koleksi kendaraan yang lebih dari 300 buah, area Museum Angkut ini sangat pas dijadikan tempat destinasi berfoto. Setiap hari terdapat ratusan orang berburu gambar pada spot–spot menarik atau melakukan swafoto bersama teman di area Museum Angkut.

 

Sumber: Materibindo, Yuksinau

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer