Sukses


Ini Fakta Menarik Stadion Ajang Sepak Bola Terbesar Sedunia di Qatar

Bola.com, Jakarta Tinggal beberapa waktu lagi, ajang perhelatan sepak bola terbesar di dunia bakal dilangsungkan di Qatar. Tak hanya negara peserta yang bakal hadir di sana, para penggemar sepak bola dari seluruh penjuru dunia pun bakal berbondong-bondong datang.

Selain itu, posisi geografis Qatar di Timur Tengah yang notabene begitu panas cuacanya, membuat venue perhelatannya akhirnya perlu penyesuaian. Hal tersebut demi menjaga kenyamanan pemain dan penonton. Biar semakin paham, berikut sederet fakta menarik stadion ajang sepak bola terbesar di dunia di Qatar.

2 dari 5 halaman

Stadionnya Dilengkapi AC

Cuaca panas di Qatar sedari awal menjadi fokus tersendiri bagi banyak pihak dalam perhelatan ajang sepak bola terbesar di dunia ini. Banyak yang khawatir, pemain maupun penonton yang datang tak nyaman dengan hawa panasnya.

Mempertimbangkan hal tersebut, pihak tuan rumah dan penyelenggara akhirnya memundurkan jadwalnya, dari yang awalnya di pertengahan tahun, menjadi di akhir tahun. Hal ini menjadikan pesta sepak bola terakbar di dunia tersebut menjadi yang pertama kalinya digelar di musim dingin.

Menariknya, di samping menjadwalkan sebagian besar pertandingannya di malam hari, Qatar juga melengkapi stadion-stadionnya dengan AC. Sejumlah pendingin udara raksasa di pasang di bawah tempat duduk dan sekitar lapangan stadion. Dengan adanya fasilitas tersebut, baik itu peserta maupun penonton diharapkan bisa mendapatkan kenyamanan selama pertandingan berlangsung di dalam stadion.

3 dari 5 halaman

Jarak Stadion Berdekatan

Secara luas wilayah, Qatar sebenarnya bukanlah negara yang begitu besar. Hal inilah yang membuat jarak antar satu stadion dengan stadion lainnya tidaklah terlalu berjauhan. Sebagian besar stadionnya berlokasi di kota Doha, Lusail, Al Rayyan, serta Al Wakrah dan Al Bayt.

Hal yang menarik adalah dari semua kota tuan rumah, Al Bayt termasuk yang terpencil di Qatar. Namun, penonton tak perlu khawatir, karena jarak Doha ke Al Bayt sekitar 51,4km. Infrastruktur dan transportasi publik yang memadai, membuat jarak tersebut relatif dekat untuk dijangkau di Qatar.

4 dari 5 halaman

Jumlah Stadionnya Sedikit

Fakta menarik lainnya, jumlah stadion di Qatar untuk ajang pesta sepak bola bergengsi ini ternyata tidak sebanyak stadion-stadion di tuan rumah sebelum-sebelumnya. Qatar hanya menyediakan delapan stadion saja.

Menariknya lagi, dari delapan stadion tersebut, ternyata hanya satu saja yang mengalami renovasi total. Sementara lainnya benar-benar dibangun baru dari awal. Rekor tuan rumah dengan stadion paling sedikit di pegang Argentina, yaitu sebanyak enam stadion saja. Namun, itu terjadi pada 1978 silam.

5 dari 5 halaman

Stadionnya Canggih dan Modern

Walaupun Qatar hanya menyediakan delapan stadion, tetapi stadion-stadionnya sudah menerapkan teknologi canggih dan modern semua. Ada teknologi pendingin udara yang di pasang di bawah tempat duduk dan sekitar lapangan, guna menjaga suhu tanah dan area dalam stadion tetap sejuk. Jadi, bukan sekadar AC biasa.

Selain itu, stadion modern di Qatar juga sudah menerapkan teknologi pencahayaan dan air yang hemat energi dan ramah lingkungan. Kehadiran fasilitas-fasilitas canggih di stadion tersebut membuat banyak orang jadi penasaran. Tak sedikit yang ingin merasakan langsung sensasi menonton pertandingan sepak bola di stadion-stadion Qatar.

Itulah beberapa fakta menarik tentang stadion-stadion yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan sepak bola terbesar di dunia di Qatar. Kendati tak bisa datang langsung ke stadion dan hanya bisa menontonnya dari rumah, pastikan tubuh tetap berenergi dan terjaga asupan mineralnya dengan memilih air mineral dengan kualitas mineral yang baik dan seimbang. Sebab, bukan saja pemain bola butuh mineral, yang nonton juga perlu mineral. Namun, tidak semua air mineral memiliki kualitas mineral yang sama.

Air mineral yang mengandung mineral essensial seimbang adalah Le Minerale. Hal ini karena, Le Minerale diambil dari sumber pegunungan terpilih dan dikemas dengan teknologi pengemasan modern sehingga kualitas mineral di dalamnya tetap terjamin. Sebagai air dalam kemasan, Le Minerale memastikan setiap kemasan botol aman, tersegel dengan rapi, dan aman dari pemalsuan. Makanya, sediakan selalu Le Minerale di atas meja, setiap kali menonton laga sepak bola empat tahunan ini. Dan rasakan kesegarannya.

Video Populer

Foto Populer