Sukses


Tanda-Tanda Kucing Hamil yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kucing menjadi satu di antara hewan peliharaan yang disukai oleh banyak orang. Seperti hewan mamalia lainnya, kucing bisa mengalami kehamilan.

Biasanya, kucing mampu melahirkan tiga sampai enam anak. Dengan masa kandungan kurang lebih selama 65 hari.

Agar kamu bisa memberi tindakan yang tepat, kamu harus memahami tanda-tanda pada saat kucing kesayanganmu mengalami kehamilan.

Tanda-tanda yang paling umum dan bisa dilihat dengan mudah adalah bertambahnya berat badan si kucing, yang awalnya terlihat kurus bisa berubah menjadi gemuk.

Tak hanya karena janin yang ada pada kandungan, kucing yang mengalami kehamilan terkadang memiliki nafsu makan yang sangat tinggi.

Lantas, apa saja tanda-tanda lainnya yang bisa kita lihat di saat kucing mengalami kehamilan?

Berikut tanda-tanda kucing hamil yang perlu untuk kamu ketahui, disadur dari Klikdokter, Rabu (30/11/2022).

2 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Kucing Hamil yang Perlu Diketahui

1. Siklus Berahinya Berhenti 

Kucing mengalami berahi alias estrus selama 2-4 kali dalam setahun. Kondisi ini biasanya ditandai dengan kucing jadi lebih sering mengeong, senang berguling, lebih agresif, suka kabur-kaburan dari rumah mencari perhatian kucing jantan, dan suka cari perhatian kamu.

Menurut World Small Animal Veterinary Association World Congress Proceedings, siklus birahi kucing berlangsung 7-10 hari. Kemudian siklus ini akan berulang kembali tiap 15-22 hari kemudian. 

Nah, apabila siklus birahi kucing betina kamu berhenti mendadak, kemungkinan dia hamil. Tanda kucing hamil yang terlihat jelas adalah mereka tidak berisik ketika fase berahi seharusnya berulang atau tiga pekan setelah kawin.

2. Jadi Lebih Gemuk dan Berat

Selama masa kehamilan, berat badan kucing akan bertambah sekitar 1-2 kilogram. Hal ini membuat kucing tampak lebih gemuk. Maka itu, jangan heran bila kucing kamu terasa sangat berat ketika digendong.

3 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Kucing Hamil yang Perlu Diketahui

3. Puting Susu Membengkak

Tanda-tanda kucing hamil selanjutnya adalah puting susunya membengkak. Puting kucing hamil juga berubah warna menjadi merah muda.

Perubahan bentuk dan warna puting adalah ciri kucing hamil yang paling mudah dikenali.

4. Nafsu Makan Meningkat

Awalnya, kucing hamil akan mengalami penurunan nafsu makan. Namun, pada paruh kedua kehamilan nafsu makan kucing justru meningkat.

Soalnya, kucing hamil tidak hanya makan untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk beberapa janin yang dikandungnya. Maka, jangan heran bila kucingmu lebih banyak makan saat mengandung.

4 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Kucing Hamil yang Perlu Diketahui

5. Perut Membesar

Sama seperti manusia, perut kucing yang hamil juga membesar. Biasanya, perut kucing membesar sekitar minggu kelima kehamilan.

Perut kucing akan makin membesar hingga waktu melahirkan tiba. Kondisi ini bisa mengurangi kelincahan kucing dan kadang membuatnya sulit untuk menggapai area yang tinggi.

6. Muntah

Bukan hanya manusia yang mengalami morning sickness, beberapa kucing juga menunjukkan gejala yang sama. Gejala mual muntah selama kehamilan ini bisa terjadi sepanjang hari.

Apabila muntah terus berlanjut usai kehamilan, sebaiknya segera hubungi dokter hewan agar kucingmu memperoleh penanganan yang tepat.

7. Suka Caper dan Banyak Tidur

Ciri kucing hamil juga bisa dilihat dari perubahan perilakunya. Selama kehamilan, kucing akan jadi lebih caper dan berusaha mencari perhatianmu dengan segala cara. 

Kucing bisa mendadak sering menggesekkan tubuhnya ke kakimu atau jadi lebih sering tidur di pangkuanmu. Kucing betina yang hamil juga memiliki waktu tidur lebih lama dibandingkan sebelum hamil.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 11/7/2022)

Yuk, baca artikel tanda-tanda lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer