Sukses


10 Contoh Sintaksis beserta Penjelasannya dalam Bahasa Indonesia

Bola.com, Jakarta - Sintaksis adalah cabang ilmu linguistik yang mempelajari hubungan antarkata untuk membentuk frasa, klausa, serta kalimat.

Kajian sintaksis kurang lebih hampir sama dengan morfologi. Namun, morfologi berfokus pada hubungan gramatikal pada kata dan kalimatnya.

Dalam sintaksis, mempunyai lima jenis unsur, yaitu Subyek (S), Predikat (P), Obyek (O), Pelengkap (Pel), dan Keterangan (K). Sedangkan dalam satu kalimat sintaksis minimal harus mempunyai unsur subjek dan predikat.

Itulah penjelasan mengenai sintaksis. Untuk membantumu memahami apa itu sintaksi bisa mencermati contoh-contohnya di bawah ini.

Berikut ini beberapa contoh sintaksis beserta penjelasannya dalam bahasa Indonesia, dikutip dari laman Dosenbahasa dan Majalahpendidikan, Rabu (30/11/2022).

2 dari 3 halaman

Contoh Sintaksis beserta Penjelasannya

1. Saya berangkat dari pukul 7 pagi.

(Secara sintaksis, kalimat di atas terdiri atas komponen saya (subjek), berangkat (predikat), dan dari pukul 7 pagi (keterangan). Kata 'saya' merupakan subjek kalimat yang berupa kata benda atau nomina.

Sementara itu, kata berangkat merupakan predikat kalimat tersebut yang berupa verba atau kata kerja. Adapun 'dari pukul 7 pagi' merupakan keterangan kalimat yang berbentuk sebuah frasa.)

2. Ibu membelikan adik baju baru di hari ulang tahun adik yang kesepuluh.

(Secara sintaksis, kalimat di atas terdiri atas kata benda 'ibu' yang berperan sebagai subjek kalimat; 'membelikan' merupakan predikat berbentuk kata kerja; 'adik' merupakan objek berbentuk kata benda; 'baju baru' merupakan pelengkap yang berupa frasa nomina; dan 'di hari ulang tahun adik' yang kesepuluh merupakan keterangan berbentuk frasa.)

3. Ibu membeli seikat bayam dari pedagang sayur tersebut.

(Secara sintaksis, kalimat di atas terdiri atas kata benda 'ibu' berperan sebagai subjek kalimat; kata kerja 'membeli' berperan sebagai predikat; kata benda 'seikat bayam' berperan sebagai objek; dan frasa 'dari pedagang sayur tersebut' berperan sebagai keterangan kalimat di atas.)

4. Dia tidak jadi menemani kami bermain karena dia saat ini sedang terserang sakit demam.

(Kalimat di atas terdiri atas kata benda 'dia' yang berperan sebagai subjek; frasa 'tidak jadi menemani' berperan sebagai predikat; kata benda 'kami' berperan sebagai objek; kata kerja 'bermain' berperan sebagai pelengkap; dan klausa 'dia saat ini sedang terserang sakit demam' berperan sebagai keterangan pada kalimat di atas.)

5. Nathan mentraktir kami makan siang di sebuah restoran mahal.

(Secara sintaksis, kalimat di atas terdiri atas kata benda 'Nathan' berperan sebagai subjek; kata kerja mentraktir berperan sebagai predikat; kata benda 'kami' berperan sebagai objek; frasa 'makan siang' berperan sebagai pelengkap; dan frasa 'di sebuah restoran mahal' berperan sebagai keterangan kalimat di atas.)

3 dari 3 halaman

Contoh Sintaksis beserta Penjelasannya

6. Rumah makan Pak Harun.

(Secara semantik, kalimat di atas bisa diartikan sebagai rumah yang memakan Pak Harun. Memang, secara pragmatis, frasa di atas memiliki makna restoran yang menyajikan hidangan khas Pak Harun, atau bisa juga berarti restoran milik Pak Harun. Kalimat di atas dapat ditulis sebagai dua makna sehingga artinya tidak terdistorsi. Namun, karena dianggap terlalu lama, kalimat ini akhirnya cukup ditulis di restoran Pak Harun.)

7. Penjahat itu telah ditangkap pihak kepolisian tadi pagi.

(Secara sintaksis, kalimat di atas terdiri atas frasa 'penjahat itu yang berperan sebagai objek; frasa 'telah ditangkap' yang berperan sebagai predikat; frasa 'pihak kepolisian' yang berperan sebagai subjek; dan frasa 'tadi pagi' berperan sebagai keterangan.)

8. Andre menawari kami makan siang di restoran mahal.

(Secara sintaksis, kalimat di atas terdiri atas nama Andre yang bertindak sebagai subjek; perlakukan kata kerja yang bertindak sebagai predikat; nama kami yang bertindak sebagai objek; frasa 'makan siang' berfungsi sebagai pelengkap; dan frasa 'di restoran mahal' berfungsi sebagai deskripsi frasa di atas.)

9. Kemarin, bibinya menawari Bagas pekerjaan yang menarik.

(Secara sintaksis, kalimat di atas terdiri dari kata keterangan 'kemarin' yang bertindak sebagai anotasi, nama 'bibi'  bertindak sebagai subjek, kata kerja 'menawarkan' bertindak sebagai kata kerja, nama Bagas yang bertindak sebagai objek dan frasa 'pekerjaan yang menarik' berperan sebagai pelengkap.)

10. Polisi menangkap gerombolan penjahat pagi ini.

(Secara sintaksis, kalimat di atas terdiri dari nama 'polisi yang bertindak sebagai subjek, 'menangkap' merupakan kata yang memainkan peran sebagai predikat, kata 'penjahat' bertindak sebagai objek dan 'pagi ini' bertindak sebagai elemen dari informasi.)

 

Sumber: Dosenbahasa, Majalahpendidikan

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer