Sukses


Arti Composer beserta Manfaat dan Cara Menginstalnya

Bola.com, Jakarta - Composer adalah sebuah istilah yang digunakan di dunia teknologi atau IT. Dengan adanya composer, program akan lebih tertata.

Composer adalah package-manager (di level aplikasi) untuk bahasa pemrogaman PHP. Composer menawarkan standarisasi cara pengelolaan libraries dan software dependencies dalam projek PHP.

Composer memungkinkan kita mendefiniskan pustaka atau library apa saja yang projek kita butuhkan, untuk kemudian composer yang akan menangani proses instalasi dan penyiapan pustaka-pustaka tersebut untuk kita gunakan.

Composer dikembangkan kali pertama oleh Nils Adermann dan partnernya, Jordi Boggiano. Semenjak dirilis kali pertama tanggal 1 Maret 2012, pengembangan composer terus berlanjut dan mulai banyak orang yang ikut berkontribusi.

Composer bukan sebuah ide baru. Ini sebenarnya terinspirasi dari NPM pada Node JS, dan Bundler pada Ruby.

Agar lebih paham lagi, rangkuman tentang composer, dinukil dari laman Jagongoding dan Jagoanhosting, Kamis (1/12/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Menggunakan Composer sebagai Despendency Manager

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menggunakan tools tersebut pada saat mengerjakan projek PHP. Selain lebih cepat dalam menyelesaikan proyek karena kamu bisa leluasa menggunakan library dari packagist.org masih banyak manfaat lainnya.

Berikut manfaat menggunakan composer saat mengerjakan projek PHP:

  • Dengan menggunakan tools ini, kamu bisa lebih terstruktur saat coding PHP dengan menggunakan konsep MVC.
  • Package yang kamu butuhkan saat mengerjakan projek PHP akan secara otomatis ter-install atau meng-update tanpa harus meng-install secara manual.
  • Kamu tidak perlu melakukan include terhadap semua file php atau class php yang dibutuhkan dalam proyek PHP kamu karena sudah terdapat autoload yang akan meng-handle fungsi tersebut.
  • Dengan menggunakan dependency manager yang terhubung dengan packagist, kamu dapat dengan leluasa menggunakan ribuan package yang sudah tersedia packagist.
3 dari 3 halaman

Cara Install Composer

Composer adalah tools dependency manager multiplatform sehingga bisa di-install di berbagai sistem operasi. Untuk system requirements tools ini membutuhkan PHP 5.3.2+ untuk dijalankan.

Saat menggunakan installer, segala ketaksesuaian akan diperingatkan, seperti pengaturan php sensitif dan kompilasi flag.

Install Composer di Arch Linux

Bagi pengguna arch linux, cara install composer cukup mudah. Kamu bisa langsung install lewat package manager pacman:

sudo pacman -S composer

Install Composer di Debian/Ubuntu

Untuk pengguna Debian dan Ubuntu flavor, kamu bisa melakukan perintah di bawah:

curl -s https://getcomposer.org/installer | phpsudo mv composer.phar /usr/local/bin/composer

Perintah pertama di atas adalah untuk mengunduh installer composer, lalu hasil script installer tersebut langsung di bypass ke program php. Kemudian php akan mengunduh file bernama composer.phar.

Sedangkan perintah kedua di atas gunanya adalah untuk memindahkan file composer.phar dari direktori aktif menuju direktori /usr/local/bin/ dengan nama file composer. Hal itu memungkinkan kita untuk memanggil composer dari direktori mana pun.

 

Sumber: Jagongoding, Jagoanhosting

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer