Sukses


Jenis-Jenis Gaya dalam Ilmu Fisika, Lengkap beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Gaya dalam ilmu fisika terdiri dari beragam jenis. Gaya tersebut mungkin tanpa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Mungkin tak banyak yang tahu apa itu gaya dalam ilmu fisika. Jadi, gaya adalah gerakan menarik atau mendorong yang menyebabkan benda bergerak. Gaya juga bisa berubah arah dan berubah bentuk.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gaya mempunyai beberapa arti. Pertama, gaya adalah dorongan atau tarikan yang akan menggerakkan benda bebas (tak terikat).

Gaya juga berarti besaran yang mempunyai besar dan arah tertentu. Terakhir, gaya adalah suatu interaksi yang bila bekerja sendiri menyebabkan perubahan keadaan benda.

Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam kehidupan sehari-hari banyak aktivitas yang berhubungan dengan gaya, baik disengaja maupun tidak disengaja. Lantas, apa saja jenis gaya dalam ilmu fisika?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis gaya dalam ilmu fisika lengkap beserta penjelasannya yang perlu diketahui, disadur dari Liputan6, Rabu (30/11/2022).

2 dari 4 halaman

Jenis Gaya Sentuh dalam Ilmu Fisika

1. Gaya Sentuh

Gaya sentuh adalah gaya yang terjadi akibat adanya sentuhan. Gaya ini akan muncul ketika benda bersentuhan dengan benda lain yang menjadi sumber gaya.

Hal ini berarti gaya tersebut akan menghasilkan efek ketika terjadi sentuhan dengan benda yang akan diberikan gaya tersebut, dan jika tidak terjadi sentuhan, gaya tidak akan memberikan efek apa pun pada benda. Berikut jenis-jenis gaya sentuh, di antaranya:

a. Gaya pegas

Gaya pegas adalah jenis gaya yang dihasilkan oleh sebuah pegas yang memiliki sifat elastis. Gaya pegas muncul karena pegas bisa merapat dan merenggang sehingga bentuknya bisa kembali seperti semula setelah terjadi gaya tersebut.

Contoh gaya pegas adalah ketika seseorang pemanah menarik anak panah.

b. Gaya gesek

Gaya gesek adalah jenis gaya yang muncul akibat adanya sentuhan langsung antara dua permukaan benda. Gaya gesek memiliki arah yang selalu berlawanan dengan arah gerak benda.

Besar kecilnya gaya gesekan ditentukan oleh halus atau kasarnya permukaan benda. Makin halus permukaan, makin kecil gaya gesekan yang muncul. Gaya gesek dibagi menjadi dua, yaitu gaya gesek statis dan gaya gesek kinetik.

c. Gaya normal

Gaya normal adalah jenis gaya reaksi yang timbul ketika suatu benda diletakkan secara tegak lurus di atas sebuah permukaan bidang.

Besarnya gaya normal yang terjadi di suatu benda ditentukan oleh besarnya gaya lain yang juga bekerja pada saat yang sama.

Contohnya, jika sebuah buku bertumpu pada suatu permukaan, permukaan tersebut mengerahkan gaya ke atas pada buku tersebut untuk menopang bobot buku.

Kadang-kadang, gaya normal diberikan secara horizontal antara dua benda yang bersentuhan satu sama lain.

3 dari 4 halaman

Jenis Gaya Sentuh dalam Ilmu Fisika

d. Gaya otot

Gaya otot adalah jenis gaya yang dimiliki makhluk hidup kerena mempunyai otot. Gaya ini timbul dari adanya koordinasi antara struktur otot dengan rangka tubuh.

Gaya otot termasuk kelompok gaya sentuh. Contoh gaya otot adalah ketika seseorang mengangkat beban. Untuk mengangkat beban, otot di dalam tubuhnya berkoordinasi sehingga mampu menggerakkan tangan untuk mengangkat beban yang ada.

e. Gaya tegangan

Gaya tegangan adalah jenis gaya yang disalurkan melalui tali, kabel atau kawat saat ditarik kencang oleh gaya yang bekerja dari ujung yang berlawanan. Gaya tegangan diarahkan di sepanjang kabel dan menarik secara merata pada objek di ujung kabel yang berlawanan.

f. Gaya hambatan udara

Hambatan udara adalah jenis gaya gesekan khusus yang bekerja pada benda saat bergerak di udara. Gaya hambatan udara sering diamati untuk melawan gerakan suatu benda.

Gaya ini bisa terlihat pada objek yang bergerak dengan kecepatan tinggi. Contohnya skydiver, pemain ski yang menuruni bukit, atau objek dengan area permukaan yang luas.

g. Gaya mesin

Gaya mesin adalah jenis gaya yang dihasilkan dari kerja mesin. Contoh gaya mesin terdapat pada mobil, motor, atau peralatan elektronik. Gaya mesin dinilai sangat efektif dalam membantu meringankan aktivitas manusia.

4 dari 4 halaman

Jenis Gaya Tak Sentuh dalam Ilmu Fisika

2. Gaya Tak Sentuh

Gaya tak sentuh adalah gaya yang akan bekerja tanpa adanya sentuhan. Jadi, efek dari gaya yang dikeluarkan oleh sumber gaya tetap bisa dirasakan oleh benda, meski mereka tidak bersentuhan.

Berikut jenis-jenis gaya tak sentuh, yaitu:

a. Gaya listrik

Gaya listrik yaitu jenis-jenis gaya yang dihasilkan oleh benda-benda bermuatan listrik dalam medan listrik. Contohnya kipas angin yang bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi gerak.

b. Gaya magnet

Gaya magnet merupakan konsekuensi dari gaya elektromagnetik. Dua benda yang mengandung muatan dengan arah gerak sama memiliki gaya tarik magnet di antara keduanya.

Kemudian, benda-benda dengan muatan yang bergerak ke arah berlawanan memiliki gaya tolak di antara mereka.

Besarnya gaya magnet di antara keduanya bergantung pada seberapa besar muatan dalam gerakan pada masing-masing objek dan seberapa jauh jaraknya.

c. Gaya gravitasi

Gaya gravitasi adalah jenis-jenis gaya tarik terhadap seluruh benda bermassa yang terdapat pada permukaannya. Satu di antara contohnya ialah gaya gravitasi bumi. Jika tidak terdapat gaya gravitasi di bumi, setiap benda yang ada akan melayang seperti di luar angkasa.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Ayu Rifka Sitoresmi, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 21/12/2021)

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer