Sukses


Contoh Algoritma dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Algoritma merupakan suatu upaya pemecahan masalah dengan menggunakan langkah yang sistematis atau terurut. Selain itu menggunakan alur pemikiran yang terprogram, misalnya pada perhitungan untuk menghitung bagaimana pengamanan data.

Penerapan contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari mudah ditemukan. Dengan membiasakan diri menggunakan pola pikir algoritma dapat membuat seseorang terlatih agar bisa berpikir secara kritis dan sistematis.

Terlebih juga dapat meningkatkan analisis demi menghindari diri dari melakukan suatu kesalahan.

Ada berbagai manfaat algoritma yang bisa diterapkan dalam kehidupan. Misalnya dengan adanya algoritma dapat memperkecil kesalahan atau tingkat error. 

Algoritma juga bisa menjadi panduan untuk membuat langkah sistematis sesuai rumus dan untuk mencari kesalahan dari sebuah program yang dibuat.

Agar lebih paham lagi, berikut contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari, dilansir dari laman Nibiobank, Kamis (1/12/2022).

2 dari 2 halaman

Contoh Algoritma dalam Kehidupan Sehari-Hari

1. Algoritma Membuat kopi

Contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari pertama adalah terkait dengan cara membuat kopi. Algoritma tersebut berisi panduan, mulai membuka kemasan kopi, menyeduh air, mencampurkan gula hingga mencampurkannya dengan air panas.

Setelah semua tercampur rata, kopi siap dihidangkan. Sebelum disantap harus diaduk terlebih dahulu.

2. Algoritma Membuat Mie Goreng 

Saat membuat mie goreng buka kemasan mie sebelum kemudian diseduh dengan air panas dan diamkan selama beberapa saat. Langkah selanjutnya keringkan air kemudian campurkan bumbu ke dalam mie goreng.

Setelah diaduk dengan merata kemudian siap untuk disantap dalam keadaan hangat maupun dingin.

3. Algoritma Memasak Nasi

Sebelum mulai memasak nasi, cuci beras dan siapkan penanak nasinya. Setelah diberikan air yang cukup lalu letakkan pada magicom dan tutup, lalu pilih atau memasak. Jangan lupa tekan tombol cook, biarkan nasi masak dengan sendirinya sampai muncul tombol warm.

4. Algoritma Memakai Pakaian

Apabila memiliki resleting, silakan buka terlebih dahulu kemudian pasangkan pada badan. Langkah terakhir tutup kembali resleting yang sebelumnya dibuka dan merapikan pakaian hingga terlihat lebih bagus dipandang.

5. Algoritma Mengecas Ponsel

Apabila ponsel telah menandakan kekurangan daya segera ambil charger. Selanjutnya, pasang cas ponsel ini pada stop kontak atau colokan, pastikan pasang dengan benar. Bila telah menunjukkan penambahan daya, silahkan tunggu hingga penuh dengan menjalankan aktivitas lain.

 

Sumber: Nibiobank

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer