Sukses


Cara Mudah dan Efektif Detoksifikasi Tubuh, Keluarkan Racun agar Lebih Sehat

Bola.com, Jakarta - Detoksifikasi adalah cara tubuh meregenarasi dirinya. Ini merupakan proses alami untuk membuang atau menetralkan racun.

Proses pembuangan ini biasanya terjadi pada kulit, hati, usus besar, ginjal, dan paru-paru. Hati atau liver merupakan organ terpenting yang berfungsi menetralkan racun dalam tubuh.

Tanpa kita sadari terkadang banyak racun yang masuk ke tubuh, terutama melalui makanan yang sering kita konsumsi. Racun itu bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Selain dari makanan yang kita konsumsi, racun di dalam tubuh muncul dari sisa-sisa metabolisme dan berbagai fungsi yang dilakukan oleh tubuh.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk detoksifikasi atau menghilangkan racun dari dalam tubuh, satu di antaranya dengan rajin meminum air putih.

Berikut cara mudah dan efektif detoksifikasi tubuh, yang bisa mengeluarkan racun agar tubuh lebih sehat, seperti dikutip dari Mrstream dan Shape, Jumat (2/12/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Mudah dan Efektif Detoksifikasi Tubuh

1. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Berbagai macam sayuran dan buah-buahan memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan fungsi kerja organ.

Kandungan serat yang tinggi pada sayuran dan buah-buahan membantu menghilangkan atau mengeluarkan racun yang menumpuk dalam tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi aneka buah dan sayuran secara langsung, mengolahnya menjadi salad atau jus hijau yang segar dan menyehatkan.

2. Mengurangi Konsumsi Gula

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula terlalu tinggi dan pemanis buatan bisa menyebabkan berbagai masalah di dalam tubuh, satu di antaranya penumpukan racun.

Makanan yang mengandung gula atau pemanis buatan dapat menghambat kerja pankreas, yang memiliki tugas menghasilkan insulin.

Mengganti makanan yang memiliki kadar pemanis buatan yang tinggi dengan makanan bernutrisi, seperti buah dan sayuran, menjadi cara tepat untuk mengurangi penumpukan racun dalam tubuh.

3 dari 5 halaman

Cara Mudah dan Efektif Detoksifikasi Tubuh

3. Minum Air Secara Rutin

Sebagian besar kandungan yang berada dalam tubuh kita adalah cairan sehingga kita perlu asupan cairan secara rutin agar organ di dalam tubuh berfungsi dengan normal.

Saat Anda meminum air putih, itu tidak hanya dapat menghilangkan dehidrasi atau rasa haus, tetapi juga dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Untuk membantu dalam menghilangkan racun di dalam tubuh, kamu perlu meminum air putih lebih banyak daripada biasanya.

Kamu direkomendasikan untuk meminum air sebanyak 8-10 gelas dalam sehari untuk membantu mengurangi racun di dalam tubuh. Asupan cairan yang terjaga membuat buang air kecil menjadi lebih lancar dan racun ikut larut bersama urine.

4. Berolahraga atau Melakukan Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan karena memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik secara rutin bisa menghilangkan racun yang menumpuk di dalam tubuh. Hal ini karena saat melakukan aktivitas fisik kita akan berkeringat, dan biasanya racun dalam tubuh akan keluar bersama dengan keringat.

Kamu bisa melakukan berbagai macam olaharga atau aktivitas fisik, seperti berjalan mengelilingi taman, bersepeda, menaiki dan menuruni tangga, dan lainnya.

4 dari 5 halaman

Cara Mudah dan Efektif Detoksifikasi Tubuh

5. Minum Teh Hijau

Teh hijau sudah dikenal dengan sifat antioksidannya. Antioksidan membantu tubuh melawan radikal bebas dan senyawa berbahaya yang dihasilkan dari pengaruh racun dalam tubuh. 

Untuk melakukan detoksifikasi teh hijau secara menyeluruh, beberapa ahli menyarankan minum 3-6 cangkir per hari selama beberapa minggu.

6. Sauna atau Mandi Uap

Sauna sering dilakukan oleh banyak orang untuk membuat otot lebih rileks dan menjauhkan diri dari stres. Selain itu, cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Mandi uap membantu menghilangkan racun membandel yang menumpuk di tubuh secara mendalam. Mandi uap menggunakan beberapa mekanisme untuk membantu membersihkan tubuh dari hal-hal buruk sambil membuatmu segar dan bugar kembali.

5 dari 5 halaman

Cara Mudah dan Efektif Detoksifikasi Tubuh

7. Memiliki Tidur yang Cukup

Memiliki waktu tidur yang cukup sama pentingnya dengan olahraga teratur dan pola makan yang sehat, akan tetapi hal ini sering kali kurang diperhatikan.

Tidur memungkinkan otak untuk mengatur dan mengisi ulang dirinya sendiri, serta membuang produk sampingan limbah beracun yang menumpuk sepanjang hari. 

Saat kurang tidur, tubuh tidak memiliki waktu untuk melakukan fungsi tersebut sehingga racun dapat menumpuk dan memengaruhi beberapa aspek kesehatan.

8. Puasa

Mungkin kamu sudah sering menjalankan puasa dan tanpa kamu sadari sebenarnya kamu juga sedang melakukan pembersihan tubuh dari racun saat menjalankan puasa.

Pada saat puasa, kamu tidak minum dan tidak makan selama beberapa jam. Waktu itu dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk pembersihan diri dan untuk beristirahat sejenak. 

Selain dapat mengurangi asupan zat yang mungkin mengandung racun, puasa bisa membantu membersihkan organ vital dari aneka zat yang tidak dibutuhkan tubuh.

 

Sumber: Mrstream, Shape

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer