Sukses


Contoh Karangan Eksposisi Berbagai Topik, Lengkap dengan Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Tanpa disadari, kita dengan mudah menjumpai karangan eksposisi dalam kehidupan sehari-hari. Entah di surat kabar, media massa, hingga di internet. Bahkan, karangan eksposisiĀ juga masuk mata pelajaran bahasa Indonesia.

Meski begitu, masih ada yang belum memahami perihal karangan eksposisi. Apa itu karangan eksposisi?

Karangan eksposisi adalah karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat.

Jadi dapat disimpulkan bahwa karangan eksposisi bukanlah fiksi. Informasi yang terkandung pada karangan eksposisi bersifat ilmiah.

Dalam karangan eksposisi, biasanya membahas isu pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Mungkin itulah sedikit penjelasan mengenai karangan eksposisi. Untuk memahami lebih dalam tentang karangan eksposisi, kamu bisa membaca contoh-contohnya.

Berikut ini beberapa contoh karangan eksposisi berbagai topik, lengkap dengan strukturnya, dikutip dari laman Ilmusiana dan Pendidikanpedia, Jumat (2/12/2022).

2 dari 4 halaman

Hindari Caleg Pelaku Korupsi

- Tesis

Partai politik yang akan mengikuti pemilihan umum, harusnya memiliki standar dalam merekrut calon anggota legislatif yang tegas dan ketat. Kriteria calon wakil rakyat mesti jelas dan bisa menjadi filter untuk mencegah calon wakil rakyat bermasalah masuk.

Misalnya, caleg yang pernah tersangkut masalah korupsi atau pelanggaran HAM, tidak diterima sebagai bakal caleg. Hal ini penting guna memastikan calon anggota dewan itu benar-benar bukan orang bermasalah, tetapi pribadi-pribadi yang punya integritas.

Tentu saja masing-masing partai politik mempunyai mekanisme tersendiri dalam hal fit and proper test. Kriterianya mungkin tidak sama bagi semua parpol. Namun, paling tidak, ada prinsip umum yang mesti digunakan semua partai politik dalam menyeleksi calegnya.

- Argumentasi

Ini penting apalagi banyak bukti dari hasil survei bahwa parlemen, baik tingkat pusat maupun daerah, dianggap lembaga terkorup. Hal ini diungkapkan oleh Jojo Rohi, Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), terkait dengan kriteria dalam memilih calon wakil rakyat oleh setiap parpol yang akan merebut suara rakyat dalam setiap pemilu.

- Penegasan Ulang

Penetapan standar caleg sangat diperlukan karena partai mesti membuat kriteria yang tegas dan jelas terkait siapa saja orang yang layak diusung menjadi calon wakil rakyat partainya.

Antikorupsi menjadi hal prinsip yang harus dicantumkan dalam kriteria menjaring caleg. Konsekuensinya, caleg yang punya rekam jejak pernah tersangkut kasus korupsi tidak boleh dimajukan sebagai caleg.

Selain antikorupsi, yang juga penting dipertimbangkan adalah moralitas dari bakal caleg. Bila bakal caleg terbukti pernah punya selingkuhan atau berpoligami, semestinya tidak dapat dimajukan sebagai caleg.

Sementara itu, pelanggar HAM, adalah satu bagian dari agenda reformasi yang sampai saat ini belum tuntas. Caleg yang pernah menjadi pelanggar HAM dalam bentuk apa pun seharusnya tidak dicalonkan sebagai bakal caleg karena fungsi wakil rakyat satu di antaranya adalah melakukan advokasi terhadap pelanggaran-pelanggaran HAM melalui legislasi. Ironis bila pelanggar HAM mengadvokasi pelanggaran HAM.

3 dari 4 halaman

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

- Tesis

Kebersihan lingkungan sekolah adalah satu di antara faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekitar. Setiap sekolah selalu mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Bahkan, kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah agar mereka peduli kebersihan. Cara untuk menjaga kebersihan sekolah, di antaranya membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain.

- Argumentasi

Pembagian piket kelas menjadi satu di antara cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis.

Selain itu, setiap hari Jumat selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai.

Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan "Jumat Bersih". Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru bisa makin akrab dengan adanya kerja sama.

- Penegasan Ulang

Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar mengajar.

Kebersihan lingkungan sekolah akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan sekolah tetap sehat terawat secara berkesinambungan.

4 dari 4 halaman

Narkoba

- Tesis

Dewasa kini semua orang sudah bisa mengakses segala informasi dan komunikasi dengan mudah. Hanya dengan menggunakan smartphone dan jaringan internet maka semua kehidupan yang ada di dunia bisa diakses.

Hal tersebut sayangnya juga berlaku untuk narkotika dan obat-obatan. Narkoba makin mudah saja dibeli dan didapatkan dari orang-orang yang tak bertanggung jawab.

- Argumentasi

Menurut sebuah penelitian, narkoba bahkan sudah mulai merambah ke anak-anak sekolah dasar. Sungguh memprihatinkan sekali generasi muda kita saat ini.

Fenomena ini terjadi bisa saja karena kurangnya pengawasan yang diberikan orang tua terhadap lingkungan anaknya.

Di samping itu, sebagian besar anak sekolah dasar zaman sekarang sudah mempunyai handphone sehingga bisa dengan mudah mengakses dunia luar.

- Penegasan Ulang

Kasus peredaran narkoba tidak akan bisa berhenti, sebelum akarnya dibasmi terlebih dahulu. Kasus ini bisa saja berkembang pesat di lingkungan sekitar kita.

Tentu sangat disayangkan jika narkoba dapat menjarah anak-anak di bawah umur. Oleh karena itu, harusnya hukum bisa lebih tegas lagi kepada para pelaku kasus narkoba yang sudah ditangkap agar mereka jera dan tidak bermunculan lagi oknum-oknum selanjutnya.

Ā 

Sumber: Ilmusiana, Pendidikanpedia

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer