Sukses


Macam-Macam Alasan Mengapa Sering Ngantuk, meski Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Bola.com, Jakarta - Pernahkah kamu merasakan kantuk di saat melakukan aktivitas sehari-hari, padahal sudah memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari? Tentu hal ini terasa menyebalkan.

Terlebih jika kamu sedang ingin memiliki hari yang produktif, hal ini dapat menganggu produktivitasmu dalam melakukan pekerjaan.

Tidur adalah kebutuhan penting manusia agar tubuh tetap terjaga dengan baik. Waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah sekitar 7-8 jam setiap malam.

Namun, jika kamu tetap mengantuk, meski memiliki waktu tidur yang cukup, ada berbagai gejala yang harus diperhatikan, satu di antaranya adalah stres.

Berikut macam-macam alasan mengapa sering mengantuk, meski memiliki waktu tidur yang cukup, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (2/12/2022).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Alasan Mengapa Sering Mengantuk meski Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

1. Stres

Beban pekerjaan, ekonomi, dan sebagainya bisa membuatmu kepikiran. Hal tersebut adalah cikal bakal terjadinya stres, yang nantinya akan mengganggu kualitas tidurmu. Alhasil, kamu pun akan sering mengantuk, meski sudah cukup tidur.

2. Syok Emosional

Keadaan berduka, putus hubungan, dan semacamnya dapat membuatmu tertekan secara berlebihan. Hal tersebut berpotensi menyebabkan rasa lelah dan kantuk terus-menerus. 

3. Depresi

Sedih, kurang energi, dan perasaan terbangun dari tidur dengan kondisi kurang "puas" mungkin berkaitan dengan depresi. 

Kondisi ini adalah tingkat lanjut dari stres, yang benar-benar bisa membuatmu cepat merasa lelah dan kantuk, meski sudah cukup istirahat.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Alasan Mengapa Sering Mengantuk Meski Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

4. Kecemasan

Kecemasan yang terjadi akibat berbagai hal bisa mengganggu waktu maupun kualitas tidurmu. 

Sudah pasti, hal tersebut ikut berkontribusi pada terjadinya perasaan ngantuk, meski kamu merasa sudah tidur cukup.

5. Kehamilan

Rasa kantuk atau lelah berlebih umumnya terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan, termasuk ketika kamu mengalami anemia pada kehamilan. 

Kondisi tersebut dapat membuat tubuh dapat merasa lemas dan juga lelah terus-menerus.

6. Obesitas

Berat badan di atas normal alias obesitas akan memaksa tubuh untuk mengeluarkan energi lebih saat beraktivitas. Maka itu, kamu akan merasa cepat lelah dan mengantuk.

4 dari 5 halaman

Alasan Mengapa Sering Mengantuk padahal Tidur Macam-Macam Alasan Mengapa Sering Mengantuk Meski Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

7. Pengobatan Kanker

Bagi pengidap kanker yang sedang menjalani pengobatan seperti radioterapi dan kemoterapi, satu di antara efek samping yang mungkin dirasakan adalah perasaan mudah lelah dan cepat mengantuk.

8. Sleep apnea

Sleep apnea merupakan kondisi gangguan tidur yang ditandai dengan terinterupsinya pernapasan selama berulang kali ketika tidur. Interupsi pernapasan yang terjadi menyebabkan pengidap mengalami henti napas selama beberapa kali ketika tidur.

Kondisi tersebut menyebabkan penderitanya memiliki tidur yang kurang berkualitas. Akibatnya, pengidap akan kerap merasa mengantuk pada siang hari.  

9. Efek Samping Obat

Ada beberapa jenis obat, baik kimia maupun herbal, yang dapat menimbulkan efek mudah lelah dan sering mengantuk.

10. Konsumsi Alkohol Berlebih

Kebiasaan minum alkohol berlebihan bisa membuat fungsi organ tubuh bagian dalam terganggu. Sebagai akibatnya, kamu bisa saja mengalami kelelahan kronis dan mudah mengantuk. 

Bahkan, konsumsi alkohol berlebih juga berhubungan erat dengan terjadinya sirosis hati.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Alasan Mengapa Sering Mengantuk Meski Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

11. Kurang atau Berlebihan Olahraga

Kekurangan maupun kelebihan olahraga bisa berdampak pada rasa lelah. Terutama, ketika olahraga berlebihan tidak dibarengi dengan istirahat yang cukup.

12. Kafein

Kopi, teh, minuman bersoda, dan minuman berenergi mengandung kafein. Senyawa tersebut memang dapat membuat tubuh Anda terjaga. 

Di balik itu, kafein sebenarnya bisa membuat tubuhmu kelelahan dan menyebabkan rasa kantuk berlebihan ketika efeknya sudah tidak dirasakan.

13. Bekerja Shift Pagi dan Malam

Jam biologis pada tubuh pekerja shift pagi atau malam akan kesulitan untuk menyesuaikan dengan kondisi di luar.  Maka itu, mereka yang bekerja shift pagi dan malam bisa saja mengalami kelelahan atau mengantuk berlebihan, meski merasa sudah cukup tidur.

14. Kebanyakan Tidur Siang

Tidur siang yang terlalu lama bisa berdampak pada sulitnya tidur di malam hari. Hal ini juga berkontribusi pada munculnya rasa lelah dan mengantuk berlebih saat pagi hari.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 7/4/2022)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer