Sukses


Macam-Macam Tema dalam Seni Rupa Murni

Bola.com, Jakarta - Tema adalah gagasan, ide, atau pokok pikiran yang ada di dalam sebuah karya seni rupa, baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Seni rupa adalah satu di antara cabang seni yang hasil karyanya bisa dinikmati dengan indra penglihatan serta rabaan.

Berdasarkan bentuk dan nilai gunanya, seni rupa dapat digolongkan menjadi dua, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni rupa murni (fine art) merupakan karya sendi yang diciptakan dengan tujuan untuk dinikmati saja tidak dimaksudkan untuk kepentingan lain seperti lukisan, patung, grafis, relief, mozaik, dan masih banyak lainnya.

Memahami tema yang ada pada sebuah karya seni rupa murni berarti kita dapat memahami tujuan penciptaan karya seni tersebut.

Ada beberapa tema dalam pembuatan karya seni rupa murni yang perlu diketahui. Apa saja tema-tema tersebut?

Berikut ini tema-tema pada pembuatan karya seni rupa murni yang perlu diketahui, dilansir dari Seni Budaya Kelas IX SMP/MTs terbitan Kemdikbud, Senin (5/12/2022).

2 dari 3 halaman

Tema-Tema dalam Seni Rupa Murni

1. Manusia dengan Dirinya Sendiri

Seni rupa merupakan satu di antara media yang dapat digunakan untuk menuangkan gagasan atau ide dari seseorang.

Untuk mengungkapkan cita rasa keindahan, manusia mewujudkannya lewat media ekspresi. Di dalam pengungkapannya tersebut, kadang seseorang menggunakan potret dirinya sendiri sebagai objek lukisannya.

2. Manusia dengan Manusia Lain

Seorang perupa adakalanya dalam mengekspresikan cita rasa keindahan menggunakan objek orang-orang yang ada di sekitarnya, seperti istrinya, anak-anaknya, orang tua, saudaranya, temannya, tetangganya, kekasihnya, sahabatnya, atau orang-orang yang ada dalam pikirannya.

3. Manusia dengan Alam Sekitarnya

Alam sekitar yang sangat menarik bagi para pelukis untuk mengungkapkan cita rasanya, sering dijadikan objek untuk lukisannya.

Contohnya pemandangan gunung, laut, sungai, sawah, hutan, perkampungan, perkotaan, binatang, dan masih banyak lagi alam yang dijadikan objek lukisan.

3 dari 3 halaman

Tema-Tema dalam Seni Rupa Murni

4. Manusia dengan Alam Benda

Benda-benda di sekitar kita memiliki keunikan tersendiri bagi para pelukis sehingga menjadikan benda-benda tersebut menjadi objek lukisannya.

Keunikan benda-benda tersebut ada yang berbentuk silindris, kubistis, organis, atau berbentuk bebas.

Bentuk benda tersebut seperti gelas, cangkir, kendi, teko, vas bunga, guci, botol, sepatu, lemari, meja kursi, buah-buahan, bunga, dan lainnya.

5. Manusia dengan Aktivitasnya

Aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari yang beragam membuat perupa ingin mengabadikan kegiatan tersebut dalam media lukisnya.

Lukisan menjadi sesuatu yang menarik apabila dalam mengambil sudut pandang aktivitas dapat disusun sesuai komposisi dan proporsi yang baik disertai dengan gelap terang yang tepat.

Aktivitas manusia tersebut seperti kegiatan menari, membajak sawah, berburu, jual beli di pasar, menggembala ternak, dan aktivitas lainnya.

6. Manusia dengan Alam Khayal

Ide yaitu imajinasi atau khayalan sering melintas dalam pikiran kita baik secara sadar ataupun saat tidak sadar (saat tidur).

Khayalan yang muncul di benak perupa kadang diwujudkan dalam suatu karya seni. Hasil karya seni rupa seperti ini sering disebut dengan karya seni surealisme.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar seni rupa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer