Sukses


Arti Gelombang beserta Sifat dan Macamnya

Bola.com, Jakarta - Gelombang adalah getaran yang merambat melalui zat padat, cair, dan gas. Gelombang adalah getaran yang merambat dan membawa energi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Ciri khas dari sistem kerja gelombang adalah menghasilkan bentuk menonjol dan cekung atau biasa disebut juga bukit dan lembah.

Gelombang menciptakan bukit dan lembah dari sumber getaran kemudian merambat dan sampai pada benda atau tempat lain. Bentuk ideal dari gelombang bisa mengikuti gerak sinusoide, melansir dari website resmi Universitas Krisnadwipayana.

Mendefinisikan istilah gelombang tidak mudah, sulit mencakup semua bidang. Masih mengutip sumber yang sama, gelombang adalah dari sebuah getaran bisa dirumuskan sebagai gerakan pulang-berkunjung di sekitar nilai referensi.

Demikian, tidak semua getaran adalah gelombang. Paling khas dari definisi gelombang adalah menghasilkan garis perbatasan kabur.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang gelombang, disadur dari Liputan6, Selasa (6/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Mengenal Sifat Gelombang

Gelombang adalah proses perpindahan getaran dari satu tempat ke tempat lain dengan media atau tanpa media tertentu. Bagaimana sifat gelombang?

1. Mengalami lenturan (difraksi).

2. Mengalami penyebaran bentuk (dispresi).

3. Mengalami penyerapan sebagian arah getar (polarisasi).

4. Mengalami pemantulan (refleksi).

5. Mengalami pembiasan (refraksi).

6. Mengalami penggabungang (interefensi).

Apabila sudah memahami sifat gelombang, bagaimana pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari?

Pemanfaatan macam gelombang bisa digunakan untuk berbagai bidang kebutuhan sehingga dapat dikatakan macam gelombang mempunyai peranan penting untuk perkembangan teknologi yang makin canggih.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah berbagai macam pekerjaan manusia. Berikut manfaat gelombang dalam kehidupan sehari-hari:

1. Gelombang bunyi yang digunakan dalam beberapa peralatan kesehatan. Seperti gelombang ultrasonik yang digunakan pada peralatan USG untuk memeriksa kondisi organ atau penyakit tertentu.

2. Gelombang micro yang digunakan pada peralatan memasak, seperti microwave yang digunakan untuk menghangatkan atau memanggang makanan.

3. Gelombang radio dan televisi yang digunakan untuk alat atau media komunikasi.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Gelombang

1. Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yang tidak membutuhkan medium atau perantara untuk dalam proses perambatan getarannya.

Gelombang ini dapat ditemui pada gelombang sinar gamma, sinar X, inframerah, sinar ultraviolet, gelombang radio, gelombang radar, dan gelombang televisi.

2. Gelombang Mekanis

Gelombang mekanis merupakan gelombang yang membutuhkan medium atau perantara untuk mengalirkan getarannya. Diketahui, hampir semua macam gelombang yang ada termasuk gelombang mekanis.

3. Gelombang Stasioner

Gelombang stasioner merupakan gelombang yang memiliki fase dan amplitudo yang berubah-ubah atau tidak sama dalam setiap titiknya. Perubahan fase dan gelombang ini akan terus terjadi selama gelombang bergerak. Contoh gelombang ini yakni gelombang pada senar gitar yang dipetik.

4. Gelombang Longitudinal

Gelombang longitudinal merupakan gelombang yang bergerak secara paralel atau bertepatan terhadap arah rambat. Gelombang ini ditemui pada gelombang pegas dan gelombang suara.

5. Gelombang Transversal

Macam gelombang transversal merupakan gelombang yang arah getarannya bergerak tegak lurus dengan arah yang rambat. Gelombang ini dapat meliputi gelombang pada tali, gelombang cahaya, dan gelombang permukaan.

 

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Gelombang

6. Gelombang Berjalan

Gelombang berjalan merupakan gelombang dengan fase dan amplitudonya tetap sama di setiap titiknya. Gelombang ini dapat ditemui pada gelombang tali.

7. Gelombang Audiosonik

Gelombang bunyi audiosonik merupakan jenis gelombang bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz sampai 20.000 Hz. Bunyi audiosonik menjadi satu-satunya jenis gelombang bunyi yang dapat didengarkan oleh manusia karena frekuensinya berada dalam batas pendengaran manusia secara normal.

8. Gelombang Infrasonik

Bunyi infrasonik merupakan gelombang bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz. Jenis bunyi infrasonik tidak dapat didengar oleh manusia karena gelombangnya tidak dapat ditangkap oleh telinga manusia sebagai indra pendengaran.

Jenis bunyi tersebut bisa didengar oleh hewan. Beberapa hewan yang mampu mendengarkan bunyi infrasonik adalah anjing, jangkrik, gajah, dan lumba-lumba.

Bunyi infrasonik dimanfaatkan oleh manusia untuk sejumlah keperluan, seperti untuk mendeteksi aktivitas vulkanik gunung berapi.

9. Gelombang Ultrasonik

Bunyi ultrasonik merupakan macam gelombang bunyi yang frekuensinya lebih dari 20.000 Hz. Jenis bunyi ultrasonik tidak dapat didengar oleh manusia karena gelombangnya tidak dapat ditangkap oleh telinga manusia sebagai indra pendengaran.

Bunyi ultrasonik dimanfaatkan oleh manusia untuk sejumlah keperluan, terutama di bidang medis dan kesehatan, misalnya untuk mendeteksi janin lewat program USG serta diagnosis berbagai macam penyakit lewat gelombang ultrasonik.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara, Editor: Rizky Mandasari. Published: 16/11/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer