Sukses


Cara Menjaga dan Meningkatkan Energi dalam Tubuh Secara Alami, Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Tubuh yang kurang berenergi bisa membuat aktivitas yang dijalani menjadi kurang maksimal. Maka itu, penting memiliki cadangan energi dalam tubuh.

Aktivitas sehari-hari yang makin sibuk tentu membuat banyak orang jadi merasa lelah dan tenaganya makin terkuras.

Beragam cara bisa dilakukan untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Ada yang minum banyak kopi, ada pula yang mengonsumsi suplemen. Namun, cara tersebut belum tentu berhasil dan kurang sehat.

Untuk memiliki lebih banyak energi, tiap individu memiliki caranya masing-masing. Namun, cara terbaik agar tetap berenergi ialah dengan cara paling alami yang kamu bisa.

Ada beberapa cara sehat untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Bagaimana caranya?

Berikut ini beberapa cara sehat yang bisa dilakukan untuk meningkatkan energi dalam tubuh, disadur dari Liputan6, Selasa (6/12/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Energi dalam Tubuh Secara Alami

1. Tidur Siang

Bagi sebagian orang, tidur siang sangat membantu untuk meningkatkan kinerja. Tidur siang singkat selama 20-30 menit bisa membantumu memulihkan tenaga.

Jika kamu benar-benar ingin mengatur waktu dengan tepat, tidur siang selama 26 menit sangat ideal untuk mendapatkan manfaat terbaik.

Meski menggoda, kamu perlu menghindari tidur siang yang berlebih karena bisa mengurangi jumlah tidur yang kamu dapatkan di malam hari, yang nantinya akan membuat energimu terkuras untuk menjalani keesokan hari.

2. Batasi Kafein

Meski kafein diketahui bisa memberimu lebih banyak energi, penting untuk membatasi jumlah yang dikonsumsi sepanjang hari karena bisa bisa membuatmu kurang berenergi.

Selain itu, kafein bisa meningkatkan stres dan membuatmu merasa cemas. Jumlah optimal kafein yang harus kamu miliki hingga 40 miligram.

3 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Energi dalam Tubuh Secara Alami

3. Tetap Terhidrasi

Minumlah delapan gelas air setiap hari untuk tetap berenergi karena pikiranmu sangat dipengaruhi oleh status hidrasimu. Bahkan, dehidrasi minimal bisa menurunkan bagian dari fungsi otakmu. Hal ini bisa mengurangi suasana hati, memori dan konsentrasimu. 

Tak hanya, asupan air putih yang cukup juga bisa meningkatkan sakit kepala dan kelelahan.

4. Makan Lebih Banyak Protein

Tubuh membutuhkan bahan bakar untuk membuatmu terus maju. Memilih makanan utuh dan bergizi akan memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkan.

Makanan penuh protein bisa mengisi tingkat energimu dan memainkan peran penting dalam membawa oksigen melalui tubuhmu dalam aliran darahmu.

Coba untuk mengemil makanan yang memiliki protein dan lemak seperti sayuran, yoghurt dengan buah atau selai kacang dan biskuit untuk meningkatkan tingkat energimu.

4 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Energi dalam Tubuh Secara Alami

5. Berolahraga

Berolahraga di luar ruangan daripada di dalam ruangan bisa meningkatkan energi, mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kewaspadaan.

Hal tersebut juga berdampak baik secara umum pada emosimu, seperti antusiasme dan penurunan kemarahan.

Selain manfaat tersebut, kamu juga bisa mendapatkan beberapa vitamin D dari matahari yang bisa meningkatkan endorphin yang mengangkat suasana hati.

6. Kurangi Stres

Bukan hal yang aneh bagi orang-orang dengan kehidupan sibuk untuk merasa stres, cemas atau kewalahan. Dalam banyak kasus, tidak mungkin untuk sepenuhnya menghilangkan sumber stres dari hidupmu.

Namun, jika kamu meminimalkan stres terkait dengan gaya hidup, itu bisa meningkatkan energimu. Strategi untuk meningkatkan energi termasuk meluangkan waktu untuk bersantai, membaca atau berjalan-jalan.

Kamu juga dapat mencoba teknik mindfulness atau meditasi yang dapat mengurangi kecemasan. Namun, penting untuk dicatat bahwa jika dirimu merasa sangat stres dan kecemasan lebih parah, sebaiknya konsultasikan ini dengan dokter.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Yulia Lisnawati. Published: 20/12/2021)

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer