Sukses


Cara Belajar Efektif untuk Menghadapi Ujian Sekolah, Siswa Wajib Tahu

Bola.com, Jakarta - Ujian atau ulangan merupakan satu di antara momen yang dihadapi pelajar di sekolah. Ujian sekolah menjadi sarana untuk mengukur kemampuan para murid dalam memahami materi pelajaran.

Beberapa ujian yang dilakukan di bangku sekolah antara lain PTS (Penilaian Tengah Semester), PAT (Penilaian Akhir Tahun), maupun tes-tes harian lainnya yang diberikan guru.

Biar kamu tenang dan fokus saat menghadapi ujian, ada baiknya kamu mempersiapkan diri dengan metode belajar efektif. Hal itu penting dilakukan agar tidak cemas dan takut saat waktu ujian sekolah tiba.

Kurang fokus dan persiapan bisa membuat ujian sekolahmu jadi kurang maksimal. Alhasil, nilai yang kamu didapat bisa berada di bawah standar yang telah ditetapkan.

Maka itu, bagi para siswa atau pelajar, harus mempersiapkan diri dengan cara belajar secara efektif. Ada beberapa cara belajar efektif yang bisa diterapkan siswa menjelang ujian.

Berikut ini cara belajar efektif untuk menghadapi ujian sekolah, dilansir dari Web SMA Dwiwarna Boarding School, Selasa (6/12/2022).

2 dari 7 halaman

1. Belajar dari Jauh-jauh Hari

Kebiasaan buruk yang biasanya dilakukan siswa ialah belajar dengan sistem kebut semalam (SKS). Sistem belajar tersebut tentu kurang efektif karena hanya akan membuat kamu jadi kurang istirahat.

Kurangnya waktu istirahat tentu bisa berakibat buruk karena menjadi mengantuk dan kurang fokus ketika mengerjakan soal-soal ujian.

Tak hanya itu, kekurangan waktu istirahat akan membuat otak tidak bekerja dengan maksimal dan otak menjadi lebih sering blank.

Kondisi ini mengakibatkan kamu kesulitan mengerjakan soal yang diberikan dan kehilangan konsentrasi. Maka, agar hal tersebut tidak menimpa, kamu sebaiknya belajar dari jauh-jauh hari karena cara ini efektif dan hasilnya juga lebih optimal.

3 dari 7 halaman

2. Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

Belajar menjadi kunci keberhasilan saat mengerjakan soal-soal ujian. Namun, tidak jarang siswa justru merasa malas belajar karena belajar itu merupakan aktivitas yang membosankan.

Padahal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya belajar menjadi menyenangkan. Demi membuat mood belajar kamu lebih baik, disarankan untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.

Pastikan suasana yang tercipta sesuai dengan kepribadianmu. Dengan menciptakan suasana yang nyaman tentu akan membuatmu menjadi lebih betah belajar dalam jangka waktu yang lama.

4 dari 7 halaman

3. Sering Mengikuti Belajar Kelompok

Jika kamu bosan belajar sendirian di rumah, tidak ada salahnya mengikuti belajar kelompok. Kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk belajar bareng supaya tercipta suasana belajar yang santai dan nyaman.

Jumlah teman yang diajak tidak perlu terlalu banyak. Dua atau tiga orang saja sudah cukup untuk meminimalkan terlalu banyak mengobrol dan bercanda sehingga menjadi tidak fokus belajar.

5 dari 7 halaman

4. Pelajari Kisi-Kisi Ujian

Sebelum ujian sekolah berlangsung, biasanya guru akan memberitahu kisi-kisi soal yang sering muncul di ujian. Soal-soal yang muncul di ujian tidak akan jauh-jauh dari kisi-kisi tersebut.

Maka itu, bagi para siswa perlu mempelajari kisi-kisi tersebut dengan baik. Adanya kisi-kisi ini akan memudahkan kamu belajar dikarenakan materi pelajaran yang perlu dipelajari sudah tercantum dalam kisi-kisi tersebut. Jadi, kamu tidak perlu takut dan cemas lagi.

6 dari 7 halaman

5. Berlatih Mengerjakan Soal-Soal

Setelah kamu mempelajari dan memperdalam materi pelajaran, agar lebih menguasainya sebaiknya mengerjakan latihan soal.

Dengan memperbanyak berlatih mengerjakan soal maka kamu akan terbiasa untuk mengerjakan berbagai tipe soal dan cara penyelesaiannya.

 

7 dari 7 halaman

6. Jagalah Kesehatan

Segala persiapan menjelang ujian yang sudah dilakukan akan sia-sia jika kondisi tubuhmu drop sehingga jatuh sakit. Ketika tubuh dalam kondisi tidak fit, akan menurunkan semangat belajar.

Jika tidak ingin kondisi tersebut menimpamu, berarti kamu harus menjaga kesehatan dengan baik. Caranya dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan sehat.

 

Sumber: Web SMA Dwiwarna Boarding School

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer