Sukses


Pengertian Penuaan Dini, Ketahui Faktor Penyebabnya

Bola.com, Jakarta - Istilah penuaan dini sudah sering kita dengar sehari-hari. Akan tetapi, apa sebenarnya penuaan dini itu? Apa saja faktor-faktor yang menyebabkannya?

Melansir Klikdokter, penuaan dini adalah suatu proses penuaan yang terjadi jauh lebih cepat sebelum proses penuaan itu sendiri.

Banyak orang menghubungkan penuaan dini dengan munculnya kerutan di kulit. Akan tetapi, penuaan dini dalam tubuh nyatanya bisa datang lebih awal dari kerutan di wajah. Biasanya, fase tersebut dimulai ketika Anda memasuki usia 40 tahun.

Ada beberapa faktor penyebab penuaan dini. Selain itu, ada hal lain yang dapat membuat kulit dan wajah tampak lebih tua daripada usia normal, seperti struktur tulang wajah yang tegas.

Meski proses menua tidak dapat dicegah, Anda dapat memperlambat proses ini dengan cara menerapkan gaya hidup sehat. Cara yang dapat dilakukan di antaranya mengelola stres, mengonsumsi banyak buah dan sayur kaya akan antioksidan, istirahat yang cukup, hingga olahraga teratur.

Nah, setelah memahami apa itu penuaan dini, berikut ini ulasan faktor-faktor penyebab penuaan dini, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (6/12/2022).

2 dari 2 halaman

Faktor Penyebab Penuaan Dini

Kulit akan mengalami penuaan seiring bertambahnya usia, hal ini dipengaruhi oleh faktor dari dalam tubuh kita.

Namun, proses penuaan biasanya terjadi secara alami. Kulit yang menua secara alami akan tetap halus dan tanpa pigmentasi dengan penegasan garis ekspresi wajah pada beberapa tempat.

Berikut ini beberapa faktor penyebab penuaan dini:

1. Faktor dari Dalam Tubuh

Faktor dari dalam tubuh merupakan faktor yang tidak dapat dihindari karena berkaitan dengan pengaruh genetik dan hormon. Dengan bertambahnya usia maka kondisi tubuh, termasuk kulit akan mengalami penurunan.

2. Faktor dari Luar Tubuh

Kulit yang mengalami penuaan dini akan menunjukkan gejala penuaan yang lebih buruk daripada kulit yang mengalami penuaan secara alami. Hal ini dipengaruhi oleh faktor dari luar tubuh.

Kulit yang mengalami penuaan dini akan tampak kusam, berbintik-bintik atau dengan noda kehitaman pada kulit dan berkerut pada banyak tempat.

Perubahan ini juga lebih nyata terjadi pada daerah-daerah tubuh dengan kulit yang terpapar. Pencetusnya bisa berasal dari paparan sinar ultra violet yang lama, polusi udara, dan lain sebagainya.

3. Berkurangnya Hormon Estrogen dan Kolagen

Hormon estrogen telah diteliti berperan dalam pembentukan kolagen kulit. Menurunnya produksi hormon estrogen seiring pertambahan usia menyebabkan turunnya produksi kolagen.

Hal ini berkontribusi terhadap terjadinya kulit yang lebih tipis dan kering, munculnya keriput atau penegasan garis ekspresi wajah yang dan berkurangnya kekenyalan kulit seiring dengan bertambahnya usia.

 

Disadur dari: Klikdokter.com

Silakan klik tautan ini untuk artikel pengertian dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer