Sukses


Bacaan Doa agar Dimudahkan dalam Bersedekah, Lengkap Beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Sedekah merupakan satu di antara amalan yang bisa dikerjakan umat muslim demi mendapatkan pahala. Sedekah dapat dilakukan kapan saja.

Apalagi sedekah termasuk perilaku terpuji yang sangat disukai oleh Allah Swt. karena dapat menjadi amal saleh bagi seseorang yang melakukannya.

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa amalan ini sebenarnya sangat ringan untuk dilakukan. Hal itu karena sedekah tidak hanya memberi berupa materi saja, tetapi bisa juga yang bersifat non materi.

Selain itu, manfaat sedekah tidak hanya dirasakan oleh orang yang mengerjakan saja, tetapi juga dirasakan banyak orang lain, terutama yang menerima sedekah.

Meski mendatangkan banyak manfaat dan keutamaan, masih ada sebagian umat muslim yang susah dalam bersedekah. Saat dalam kondisi tersebut, sebagai umat muslim bisa berdoa agar diberi kemudahan dalam bersedekah.

Kemudian setelah mampu menunaikan sedekah dianjurkan untuk mengucap syukur dan membaca doa. Doa setelah sedekah akan membuat harta yang dibelanjakan di jalan Allah Swt. akan menjadi lebih berkah.

Berikut ini bacaan doa agar diberi kemudahan dalam sedekah lengkah beserta artinya, disadur dari Merdeka, Selasa (6/12/2022).

2 dari 4 halaman

Doa agar Dimudahkan dalam Bersedekah

Adapun bacaan doa dimudahkan dalam bersedekah yang bisa diamalkan oleh umat Islam adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَتَرْكَ الْمُنْكَرَاتِ وَحُبَّ الْمَسَاكِينِ وَأَنْ تَغْفِرَ لِى وَتَرْحَمَنِى وَإِذَا أَرَدْتَ فِتْنَةَ قَوْمٍ فَتَوَفَّنِى غَيْرَ مَفْتُونٍ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَحُبَّ عَمَلٍ يُقَرِّبُ إِلَى حُبِّكَ

Allahumma inni as aluka fi'lal khoirat wa tarkal munkarati wa hubbal masakin wa an taghfirli wa tarhamni wa idza aradta fitnata qowmin fatawaffani ghoira maftunin. Allahumma inni as aluka hubbaka wa hubba man yuhibbuka wa hubba 'amalin yuqorribu ila hubbika.

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk mudah melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran serta aku memohon kepada-Mu supaya bisa mencintai orang miskin, ampunilah (dosa-dosa)ku dan juga rahmatilah aku. Jika Engkau hendak menguji suatu kaum, maka wafatkanlah aku dalam keadaan tidak tenggelam dalam ujian. Ya Allah, aku memohon agar dapat mencintai-Mu, mencintai orang-orang yang mencintai-Mu dan mencintai amal yang dapat mendekatkan diriku kepada cinta-Mu."

3 dari 4 halaman

Bacaan Niat Bersedekah

Setelah mengetahui bacaan doa dimudahkan dalam bersedekah, kini beralih kepada niat bersedekah. Berikut bacaan niat bersedekah yang bisa dihafalkan dan diamalkan:

نَوَيْتُ التَّقَرُّبَ اِلَى اللهِ تَعَالَى وَاتِّقَاءَ غَضَبِ الرَّبِّ جل جلاله وَاتِّقَاءَ نَارِ جَهَنَّمَ وّالتَّرَحُّمَ عَلَى الاخْوَانِ وَصِلَةَ الرَّحِمِ وَمُعَاوَنَةَ الضُّعَفَاءِ وَمُتَابَعَةَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم وَاِدْخَالَ السُّرُوْرِ عَلَى اْلاِخْوَانِ وَدَفْعِ البَلاَءِ عَنْهُ وَعَنْ سَائِرِ اْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلاِنْفاَقَ مِمَّا رَزَقَهُ الله وَقَهْرَ النَّفْسِ وَالشَّيْطَانِ

Nawaitut taqoruba ilallahi ta'ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma 'ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu'awanatadh dlu'afai wa mutaba'atan nabiyyi shallallahu 'alaihi wa sallama wa idkholas sururi 'alal ikhwani wa daf'il balai 'anhu wa 'an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

Artinya:

"Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahannam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi saw., memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rezeki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa setelah Bersedekah

Tak hanya bacaan doa dimudahkan dalam bersedekah dan niatnya saja, ada bacaan doa yang dianjurkan untuk dibaca usai melakukan sedekah. Adapun bacaan doa usai bersedekah adalah sebagai berikut:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Rabbana taqabbal minna innaka antas sami'ul alim.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Tantiya Nimas Nuraini. Published: 18/3/2022).

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer