Sukses


Macam-Macam Teknik dalam Seni Lukis, Ketahui Alat dan Bahan yang Digunakan

Bola.com, Jakarta - Seni lukis adalah cabang seni rupa yang cara pengungkapannya diwujudkan melalui karya dua dimensi dengan melibatkan ekspresi, emosi, dan gagasan pencipta secara penuh.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pengertian seni lukis adalah seni mengenai gambar-menggambar dan lukis-melukis.

Melukis dapat dilakukan di atas medium kertas, kanvas, kain, batu, dinding, ataupun media lainnya. Seni lukis merupakan pengembangan dari kegiatan menggambar.

Sebuah lukisan harus dapat menerjemahkan apa yang ada dalam objeknya. Ciri khas dari karya seni lukis biasanya terletak pada tema, corak, gaya, teknik, bahan, dan alat pada karya tersebut.

Bagi kamu yang sedang belajar atau suka dengan seni lukis, perlu mengetahui teknik membuat, bahan, dan alat yang digunakan untuk melukis. Apa saja saja teknik, bahan, dan alat dalam seni lukis?

Berikut ini teknik dalam seni lukis, bahan, dan alat yang digunakan untuk melukis, dilansir dari sumber.belajar.kemdikbud.go.id, Selasa (6/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Teknik dalam Seni Lukis

Berbicara tentang teknik dalam melukis, ada banyak teknik yang dapat digunakan dalam melukis. Beberapa teknik yang biasa digunakan dalam melukis antara lain adalah:

1. Teknik Aquarel

Teknik aquarel merupakan teknik yang digunakan baik dalam menggambar maupun melukis dengan sapuan dan paduan warna yang tipis, transparan, dan tembus pandang.

2. Teknik Plakat

Teknik plakat merupakan teknik yang digunakan dalam melukis yang bertolak belakang dengan teknik aquarel, di mana teknik plakat menggunakan sapuan dan paduan warna yang tebal atau menutup latar belakang objeknya.

3. Teknik Goresan Ekspresif

Teknik goresan ekspresif merupakan teknik dalam melukis yang terkesan bebas karena pembuatannya bisa menggunakan alat berupa jari, tangan, kuas, ataupun objek lain yang dianggap menarik oleh senimannya.

4. Teknik Mozaik

Teknik mozaik atau timbul merupakan pembuatan karya seni rupa yang menggunakan material atau bahan dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong atau sudah dibentuk potongan kemudian disusun dengan cara ditempelkan pada bidang datar menggunakan lem.

Mozaik pada umumnya masih dianggap seni lukis karena sifatnya yang dua dimensi dan masih dibantu dengan gambar pada proses pembuatan polanya.

3 dari 4 halaman

Bahan dan Alat dalam Seni Lukis

Media berkarya dalam seni lukis meliputi bahan dan alat. Bahan dan alat yang digunakan terdiri dari:

1. Pensil

Pensil adalah alat utama yang dibutuhkan dalam menggambar. Pensil ini terdiri dari banyak jenis dan ketebalan masing-masing. Ada yang berukuran 2H-H (keras), HB (medium), dan B-2B (lunak).

2. Penghapus

Penghapus adalah alat kedua yang dibutuhkan dalam menggambar. Jika terjadi kesalahan dalam menggambar, kita dapat menggunakan penghapus untuk menghilangkan sketsa atau goresan yang tidak dibutuhkan.

Penghapus yang baik untuk menggambar adalah penghapus yang lunak dan lentur agar dalam membersihkan goresan-goresan pensil dapat mengurangi risiko merusak kertas.

3. Pensil Warna

Penggunaan pensil warna dapat dilakukan dengan cara mengarsir atau memblok warna. Tekanan pada penggunaan pensil memengaruhi ketajaman warna.

4. Krayon

Bahan krayon terdiri dari dua macam, yaitu bahan berbasis kapur dan minyak (lilin). Krayon menjadi satu di antara pilihan untuk menggambar karena sifatnya yang padat dan tidak mudah menyerpih sehingga tidak mengotori tangan dan baju ketika kita menggambar.

4 dari 4 halaman

Bahan dan Alat dalam Seni Lukis

5. Kuas

Kuas merupakan alat yang digunakan untuk menyapukan tinta atau cat di atas kanvas. Jenis dan bentuk kuas beragam dari bentuk, ukuran, serta harga yang bervariasi.

Pemilihan kuas tergantung dari goresan yang bagaimana yang akan kita inginkan.

6. Kanvas

Kanvas merupakan bahan utama yang harus ada dalam melukis, digunakan sebagai media yang dipakai untuk menyapukan tinta atau cat dalam berkarya seni lukis.

7. Cat air

Cat air adalah bahan yang digunakan sebagai media pembentuk objek berupa warna yang dikuaskan pada media kanvas.

8. Palet cat

Palet cat adalah alat yang digunakan sebagai tempat mengaduk dan mencampur cat atau pewarna.

9. Pisau palet

Terbuat dari aluminium tipis, fungsinya adalah untuk mencampur cat seperti layaknya kuas juga untuk membuat efek-efek goresan pada media lukis. Bentuknya dan ukurannya tersedia berbagai jenis, ada yang runcing, lebar, dan bulat.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar seni lukis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer