Sukses


Cara Inspiratif agar Menjadi Pekerja Keras dan Menjauhi Rasa Malas

Bola.com, Jakarta - Kebiasaan bermalas-malasan di akhir pekan sering kali memberikan pengaruh negatif saat kamu akan memulai kerja, terutama di hari Senin. Tak heran, banyak pegawai merasa produktivitasnya berkurang drastis di awal pekan karena merasa malas.

Rasa malas yang terjadi saat bekerja juga bisa disebabkan berbagai hal lain, seperti kurangnya motivasi, kurangnya tidur sehingga mudah lelah, dan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.

Bagi beberapa orang, menyingkirkan kemalasan menjadi hal sulit. Apalagi jika sudah menjadi kebiasaan. Namun, begitu kamu memiliki tekad untuk berhasil, ada cara untuk menyingkirkan kemalasan itu.

Kamu bisa mencobanya secara konsisten agar bisa menjadi sosok pekerja keras dan mencapai keberhasilan dalam bidang apa pun yang kamu tekuni.

Berikut cara inspiratif agar menjadi pekerja keras dan menjauhi rasa malas, seperti dikutip dari Inspiringtips, Rabu (7/12/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Inspiratif agar Menjadi Pekerja Keras dan Menjauhi Rasa Malas

 1. Cintai Apa yang Kamu Lakukan

Jika kamu bersemangat tentang kariermu, kamu akan lebih termotivasi untuk terus memberikan yang terbaik.

Jika kamu termotivasi untuk melakukan sesuatu, tidak ada kemalasan yang dapat mengalahkan keinginanmu untuk menyelesaikan apa yang kamu lakukan dengan sempurna.

Maka itu, mulailah dengan mencintai atau setidaknya mensyukuri pekerjaan atau studimu.

 2. Tantang Diri untuk Mencapai Sebanyak Mungkin dalam Sehari

Coba lakukan ini dengan membuat daftar tugas untuk setiap hari. Kemudian, buat kesepakatan dengan diri sendiri bahwa jika kamu dapat menyelesaikan atau menyelesaikan semua tugas yang terdaftar, kamu dapat memperoleh hadiah, seperti berbelanja atau makan sepuasnya setelah bekerja.

3. Jauhi Penundaan

Satu di antara cara untuk melakukannya adalah dengan mencegah dirimu melamun atau terlalu banyak berpikir selama jam kerja.

Kamu juga harus menetapkan aturan seperti tidak ada media sosial atau televisi sampai kamu menyelesaikan tugasmu. Fokuslah untuk mencapai tujuanmu untuk hari itu.

4. Tetapkan Jadwal Mingguan

Cara lain mendorong dirimu untuk berkembang setiap hari adalah dengan menetapkan jadwal mingguan. Hal ini harus menjadi program yang berisi semua kegiatan rutinmu yang diharapkan selama seminggu penuh terlaksana. 

Tentu, ini hanya akan efektif jika kamu menantang diri sendiri untuk mengikuti semua jadwalnya.

3 dari 4 halaman

Cara Inspiratif agar Menjadi Pekerja Keras dan Menjauhi Rasa Malas

5. Lakukan Olahraga Teratur

Olahraga selama 30 hingga 45 menit setiap hari dapat membantumu menjadi lebih energik setiap hari. 

Olahraga tidak hanya akan membantumu menurunkan berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kadar oksigen di otakmu dan melepaskan hormon bahagia dalam tubuhmu. 

Hal ini berarti akan membuatmu lebih bersemangat untuk bekerja dan produktif.

6. Tidur Cukup

Kurang tidur sering kali dapat menyebabkan kamu terlalu lelah untuk bekerja secara efektif. Ini satu di antara alasan mengapa beberapa orang tidak suka bergerak dan melakukan tugas mereka. 

Jika kamu selalu merasa malas, mungkin kamu harus memeriksa apakah kamu cukup tidur atau tidak.

7. Jaga Kesehatan

Sekeras apa pun tekadmu untuk bekerja keras jika fisikmu tidak sehat, ada kecenderungan tubuhmu langsung menyerah. Untuk itu, kamu perlu menjaga diri agar tidak sakit-sakitan atau tidak fit untuk bekerja.

8. Disiplinkan Pikiran

Itu semua ada di kepala. Tetapkan pikiranmu untuk mencapai tujuan tertentu setiap hari dan latih untuk fokus.

Hal ini mungkin memakan waktu, tetapi ketika kamu secara konsisten mengarahkan pikiranmu untuk bekerja dengan cepat dan menghindari penundaan, fokus terhadap tugasmu untuk hari itu akan menjadi kebiasaan suatu hari nanti.

4 dari 4 halaman

Cara Inspiratif agar Menjadi Pekerja Keras dan Menjauhi Rasa Malas

9. Fokus pada Satu Hal pada Satu Waktu

Memikirkan banyak tugas atau pekerjaan sekaligus akan membuatmu sesak dan frustrasi. Frustrasi diri mungkin membuatmu kecil hati untuk bekerja dengan antusias, yang mengarah pada kemalasan.

Untuk menghindari hal ini terjadi dan agar kamu dapat menyelesaikan tugasmu lebih cepat, lebih baik kamu memfokuskan pikiranmu pada satu hal pada satu waktu.

10. Jangan Buang Peluang

Orang mengatakan peluang hanya datang sekali, jadi sebaiknya kamu tidak menyia-nyiakan peluang apa pun. Jadi, pekerjaan, studi, bisnis, atau posisi apa pun yang kamu miliki sekarang adalah hak istimewa yang tidak boleh kamu hilangkan.

Jadilah pekerja keras yang bertanggung jawab dengan selalu bekerja, tidak mudah menyerah, dan penuh semangat.

11. Tetapkan Tujuan dan Bidik yang Tinggi

Menetapkan tujuan dan memimpikan impian besar dapat memotivasi kamu untuk menjadi pekerja keras. Jika kamu serius untuk mencapainya, pasti akan melakukan apa pun untuk mendapatkannya.

Hal ini termasuk bekerja dengan segenap hati dan kekuatanmu.

12. Terinspirasi Orang Sukses

Mengetahui kisah sukses di balik selebritas atau tokoh ternama lainnya juga dapat menginspirasimu untuk bekerja keras dan lebih dekat dengan impianmu.

Banyak dari orang-orang sukses ini berlatar belakangan kemiskinan, tetapi kerja keras mereka telah menempatkan mereka di puncak.

13. Hargai Pengorbanan Mereka yang Peduli padamu

Jika orang tuamu atau anggota keluarga lainnya telah mendukungmu untuk menyelesaikan studimu, mendapatkan pekerjaan, atau dengan cara lain yang bermanfaat, kamu harus lebih terinspirasi untuk bekerja keras. 

Setiap kali tergoda untuk berbaring di tempat tidur sepanjang hari, pikirkan tentang pengorbanan yang telah mereka lakukan hanya untuk membantumu.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer