Sukses


Arti Warna Primer dan Macam-Macam Turunannya

Bola.com, Jakarta - Warna primer adalah warna asli atau tidak tercipta dari warna lain. Warna primer bisa dilihat mata manusia. Hal tersebut dipengaruh tiga macam reseptor warna yang disebut makhluk trichromat.

Dalam modul berjudul Jenis Warna Berdasarkan Posisinya dalam Color Wheel yang dipublikasikan Universitas BINUS, ketiga warna dasar atau warna primer adalah bisa dikombinasikan dan menghasilkan warna-warna turunan lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, warna primer adalah warna merah, biru, kuning yang tidak dapat diperoleh dengan mencampur warna-warna lain.

Agar lebih paham lagi, berikut macam-macam warna, disadur dari Liputan6, Kamis (8/12/2022).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Warna

1. Merah

Merah adalah warna di ujung spektrum cahaya tampak, yang memiliki panjang gelombang dominan kira-kira. 625 hingga 740 nanometer. Ini adalah warna cinta, kebencian, kemarahan, perang, bahaya, panas, dan lain-lain.

2. Biru

Warna biru adalah warna dasar di semua ruang warna. Warna laut dan langit adalah biru. Ini mengungkapkan stabilitas, inspirasi, dan kebijaksanaan. Warna ini jarang ditemukan pada buah dan sayuran.

3. Hijau

Warna hijau merupakan warna sejuk yang digunakan untuk melambangkan keindahan alam dunia. Ini sering dianggap mewakili keberuntungan, kesehatan, dan kecemburuan.

Warna hijau juga dapat meningkatkan kemampuan membaca mata manusia.

4. Oranye

Oranye adalah warna kombinasi dari dua warna yang berbeda, kuning dan merah. Warna ini disebut-sebut sebagai warna energik. Ini sering menunjukkan kegembiraan, kehangatan, dan antusias.

5. Putih

Warna putih melambangkan kesucian hati atau kepolosan. Ini juga merupakan warna kedamaian dan kesopanan. Pakaian putih yang dikenakan oleh pengantin wanita menyampaikan spiritualitas atau kemurnian seksual mereka. Ini juga merupakan warna keseimbangan, harmoni, dan keberanian.

6. Hitam

Hitam adalah warna kegelapan, yang melambangkan negativitas. Warna hitam terkait dengan kematian dan kejahatan. Warna hitam juga disebut sebagai simbol yang berhubungan dengan gaya.

Mengenakan jas hitam menyiratkan profesionalisme dan keseriusan. Biasanya dipakai oleh pengusaha/perempuan.

7. Kuning

Warna kuning adalah yang paling terang dalam spektrum di antara semua warna. Warna ini menarik perhatian dari kejauhan dibandingkan warna lainnya. Kuning adalah warna optimisme, pencerahan, kebahagiaan, kesopanan, kreativitas, dan bersinar.

8. Ungu

Warna ungu dikenal sebagai warna yang kaya, menunjukkan royalti, kemewahan, ambisi, kekuasaan, dan kebangsawanan. Ungu langka di alam dan telah menjadi aura supernatural selama berabad-abad. Ungu memiliki panjang gelombang spektrum yang paling kuat daripada warna lain.

 

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Warna

9. Perak

Warna perak dikaitkan dengan arti bijih, bahan baku industri, hiasan, glamor, canggih. Perak adalah logam mulia seperti aluminium, baja, dan lain-lain.

10. Cokelat

Warna coklat adalah warna alami yang mewakili rasa kekuatan dan kehandalan. Cokelat juga dapat menunjukkan perasaan terisolasi, depresi, kesepian.

11. Abu-abu

Abu-abu adalah warna yang keren, sederhana, dan seimbang. Abu-abu adalah warna tanpa emosi, yang biasanya dikaitkan dengan kusam, serta formal dan konservatif. Abu-abu menunjukkan suatu kehilangan atau depresi dan tidak lekang oleh waktu.

12. Merah Jambu

Warna pink dikaitkan dengan cinta, feminitas, atau kebaikan. Warna ini banyak diterima dan disukai oleh anak perempuan, oleh karena itu disebut warna feminim, yang membawa kesan romantis.

13. Zaitun

Zaitun adalah warna hijau kekuningan yang banyak digunakan dalam pembuatan pakaian dan senjata militer. Zaitun adalah simbol konvensional harmoni dan perdamaian, yang menandakan persepsi, empati, dan ruang bagi umat manusia.

14. Merah tua/marun

Warna merah marun banyak digunakan untuk mengekspresikan hal-hal yang penuh gairah dan intens seperti risiko cinta, kegembiraan, kekuatan, dan keindahan. Ini adalah kata yang berasal dari kata prancis, "chestnut".

15. Violet

Ungu atau yang juga disebut violet adalah warna yang dibuat setelah campuran warna merah, dan warna biru mirip dengan warna ungu, juga merupakan simbol kerajaan, kemakmuran, kekayaan, dan kekayaan. Warna ini menunjukkan kinerja martabat dan ketenangan.

16. Arang

Warna abu-abu sama dengan warna arang dan berhubungan dengan kehilangan dan depresi. Warna abu-abu arang mewakili kekuatan hitam dan misteri warna perak. Warna ini tidak memiliki negativitas dan menunjukkan ketenangan.

 

 

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Warna

17. Magenta

Magenta adalah warna yang menunjukkan harmoni universal dan keseimbangan emosional. Warna ini menunjukkan kasih sayang, kebahagiaan, kepuasan, penghargaan, dan kebaikan. Magenta juga mengandung kekuatan dan gairah merah dan bentuk energi yang terkendali.

18. Perunggu

Warna perunggu memiliki kemiripan tertentu dengan warna cokelat maka ciri-cirinya entah bagaimana berhubungan dengan warna coklat seperti itu mengacu pada kekuatan, pertumbuhan, dan pengalaman yang berhubungan dengan alam.

19. Krem

Nama warna ditempatkan krem setelah kealamian produk susu yang dihasilkan oleh sapi penggembalaan. Warna krem ​​adalah rona kuning sederhana atau pucat, warna putih bercampur dengan sedikit warna kuning. Krem adalah warna alami dengan momen netral, tenang, dan santai.

20. Emas

Warna emas dikatakan sepupu dari warna kuning dan warna cokelat, yang berhubungan dengan cinta, kasih sayang, sihir, kebijaksanaan, dan lain-lain. Emas adalah logam mulia yang menyampaikan kekayaan, kemakmuran, dan kebahagiaan.

21. Tan

Warna tan adalah warna coklat pucat. Tan menghasilkan kehangatan dan keamanan. Tan adalah kombinasi warna kuning kecokelatan dan warna hijau oranye. Kode hex warna tan masing-masing adalah #D2B48C.

22. Warna Teal

Teal memiliki sifat santai yang berhubungan dengan warna biru yang memperbaiki kualitas warna hijau. Warna teal menggambarkan komunikasi terbuka dan kualitas persepsi.

23. Mustard

Warna mustard adalah warna yang bertepatan dengan warna mustard kuliner, diikuti dengan warna kuning tua/kuning mirip rami. Mustard adalah warna yang terkait dengan warna yang lebih gelap dari warna kuning dan sebagian besar digunakan untuk mendesain interior rumah.

24. Biru Laut

Warna biru laut adalah warna gelap dari warna biru. Warna ini mewakili olahraga berperahu pesiar, dan terlihat seperti warna hitam dalam gelap.

Biru laut digunakan sebagian besar di tentara angkatan laut, jas mereka, baju besi, dan semua barang perang dan senjata.

 

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Warna

25. Karang

Warna karang merupakan kombinasi dari dua warna, pink, dan orange. Warna karang memiliki karakteristik khusus oranye, yang menyerupai kehangatan, peningkatan energi, dan feminisme.

26. Burgundy (Merah Anggur)

Warna burgundy adalah warna gelap dari warna merah dan semburat ungu leone. Warna ini menandakan kekuatan, kekayaan, dan keseriusan. Burgundy canggih dan terbalik dengan alam.

27. Lavender

Warna lavender digunakan untuk menandakan sifat obat dan juga berharga untuk antiseptik. Seiring dengan ini, kutipan religiusnya secara mental dikaitkan dengan relaksasi, kemurnian, dan kebersihan.

28. Ungu Muda

Warna ungu muda digunakan untuk mengartikan energi yang romantis. Warna ini juga identik dengan warna yang misterius dan erat kaitannya dengan imajinasi. Dalam film biasanya warna ini menjadi campuran dalam adegan yang menunjukan hal di luar nalar.

29. Peach

Warna peach adalah warna daging bagian dalam dari buah persik. Seperti warna aprikot, warna persik lebih pucat daripada buah persik yang paling sebenarnya, kemungkinan besar digunakan dalam desain interior.

30. Karat

Karat adalah nama warna setelah fenomena yang dihasilkan dari proses oksidasi yang terjadi pada permukaan besi saat kontak dengan air atau uap air yang mengandung oksigen. Terlihat warna kemerahan. Entah bagaimana ketika mengering, terlihat seperti warna oranye miring juga.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara, Editor: Fadila Adelin. Published: 2/8/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer