Sukses


Macam-Macam Gerakan Pemanasan sebelum Pementasan Teater

Bola.com, Jakarta - Teater adalah kesenian yang menampilkan perilaku manusia dengan gerak, tari, serta nyanyian yang disajikan dengan dialog dan akting.

Secara etimologis, kata 'teater' dapat diartikan sebagai tempat atau gedung pertunjukan. Sedangkan secara istilah, kata 'teater' diartikan sebagai segala hal yang dipertunjukkan di atas panggung untuk konsumsi penikmatnya.

Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, teater mempunyai tiga pengertian, pertama, berarti gedung atau ruangan tempat pertunjukan film, sandiwara, dan sebagainya.

Pengertian kedua ialah ruangan besar dengan deretan kursi-kursi ke samping dan ke belakang untuk mengikuti kuliah atau untuk peragaan ilmiah. Pengertian ketiga ialah pementasan drama sebagai suatu seni atau profesi; seni drama; sandiwara; drama.

Pementasan teater merupakan seni pertunjukan yang kompleks. Terdapat beberapa aspek yang penting dilakukan sebelum pementasan drama. Satu di antara yang perlu dilakukan ialah latihan pemanasan.

Pemanasan (warm-up) adalah gerakan tubuh yang bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi dan meregangkan otot dengan progresif (bertahap). Apa saja latihan pemanasan sebelum pementasan teater?

Berikut ini macam-macam gerakan yang penting untuk dilakukan sebelum pementasan teater, dilansir dari Buku Siswa Seni Budaya SMP Kelas IX terbitan Kemdikbud, Rabu (7/12/2022).

2 dari 8 halaman

a. Latihan Leher

1. Miringkan kepala ke bahu kiri dan tahan selama 8 hitungan.

2. Miringkan kepala ke bahu kanan dan tahan selama 8 hitungan.

3. Tengokkan kepala ke bahu kiri dan tahan selama 8 hitungan.

4. Tengokkan kepala ke bahu kanan dan tahan selama 8 hitungan.

5. Tundukkan kepala ke depan dan dagu menyentuh dada dan tahan selama 8 hitungan.

6. Dongakkan kepala ke belakang, tahan selama 8 hitungan.

3 dari 8 halaman

b. Latihan Jari dan Pergelangan Tangan

1. Tautkan jari-jari tangan kiri dan kanan, putar telapak tangan menjauhi tubuh, luruskan lengan-lengan dan regangkan selama 8 hitungan.

2. Tekan telapak tangan kanan dengan tangan kiri dan regangkan pergelangan tangan, pertahankan selama 8 hitungan.

3. Tekan telapak tangan kiri dengan tangan kanan dan regangkan pergelangan tangan, pertahankan selama 8 hitungan.

4. Tekan punggung tangan kanan dengan tangan kiri dan regangkan pergelangan tangan, pertahankan selama 8 hitungan.

5. Tekan punggung tangan kiri dengan tangan kanan dan regangkan pergelangan tangan, pertahankan selama 8 hitungan.

4 dari 8 halaman

c. Latihan Siku

1. Fleksi siku dengan cara tangan kiri memegang pergelangan tangan kanan dan melipat tangan kanan sampai jari tangan kanan menyentuh pundak, pertahankan sampai 8 hitungan. Lakukan bergantian dengan tangan kanan yang memegang pergelangan tangan kiri.

2. Ekstensi siku dengan cara menjulurkan tangan kanan ke depan lurus dan tangan kiri menyanggah siku tangan kanan, pertahankan selama 8 hitungan. Lakukan bergantian dengan tangan kiri.

5 dari 8 halaman

d. Latihan Bahu

1. Silangkan lengan di depan tubuh dan genggamlah bahu-bahu yang berlawanan, pertahankan selama 8 hitungan.

2. Letakkan siku kanan di belakang kepala dan gunakan tangan kiri untuk membuat topangan regangan, pertahankan selama 8 hitungan dan lakukan berganti.

3. Letakkan satu tangan di atas kepala dan di belakang punggung. Cobalah untuk mempertemukan jari-jari tangan, buatlah regangan dan tahan selama 8 hitungan dan lakukan bergantian.

6 dari 8 halaman

e. Latihan Tubuh

1. Tangan di pinggang dan bengkokkan badan ke samping kanan, tahan selama 8 hitungan. Dilanjutkan ke samping kiri tahan selama 8 hitungan, ke belakang tahan selama 8 hitungan, dan ke depan tahan selama 8 hitungan.

2. Kedua tangan berjabatan (kedua telapak rapat) dan lengan di atas kepala, bengkokkan ke samping kanan dan tahan selama 8 hitungan, dilanjutkan ke sebelah kiri dengan hitungan yang sama. Lakukan 2 kali.

7 dari 8 halaman

f. Latihan Tungkai Kaki dan Punggung

1. Berdiri dan buka kaki sejauh 100 cm, capailah tungkai kaki kanan, tahan selama 8 hitungan, lakukan bergantian dengan mencapai tungkai kaki kiri.

2. Berdiri dan buka kaki sejauh 100 cm, capailah bagian tengah dengan membungkukkan badan ke depan, tahan selama 8 hitungan.

8 dari 8 halaman

g. Latihan Pergelangan Kaki

1. Fleksikan pergelangan kaki, gunakan kedua tangan untuk memberikan tekanan regangan, tahan selama 8 hitungan.

2. Ekstensikan pergelangan kaki, gunakan kedua tangan untuk melemaskan, tahan selama 8 hitungan.

3. Fleksikan lutut kanan, gunakan kedua tangan untuk menarik lutut ke dada, dan tahan selama 8 hitungan.

4. Ekstensikan lutut kanan dan tahan selama 8 hitungan.

5. Lakukan poin 3 dan 4 pada lutut kiri.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar teater lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer