Sukses


Cara agar Anak Tidak Bosan saat Liburan Sekolah di Rumah

Bola.com, Jakarta - Liburan sekolah menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu para pelajar. Hal itu setelah sibuk dengan pelajaran dan tugas-tugas rutin selama berada di sekolah.

Saat masa liburan sekolah, anak-anak tentu akan memiliki banyak waktu luang untuk bersantai di rumah. Banyak anak tentu berharap dapat mengisi liburan dengan berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Liburan yang seru dan mengasyikkan tak melulu harus diisi dengan berlibur ke luar kota atau pergi berbelanja dengan anggota keluarga. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak bosan liburan sekolah di rumah.

Tak hanya murah, kegiatan tersebut juga mendatangkan manfaat, terutama bagi anak. Lalu, bagaimana cara agar anak tidak bosan saat liburan sekolah di rumah.

Berikut ini cara agar anak tidak bosan saat liburan sekolah di rumah yang perlu diketahui para orang tua, disadur dari Liputan6, Kamis (8/12/2022).

2 dari 4 halaman

Cara agar Anak Tidak Bosan saat Liburan Sekolah di Rumah

1. Memasak dan Mencoba Resep Baru

Memasak menjadi satu di antara cara yang bisa dilakukan orang tua bersama anak ketika liburan sekolah. Anda dan anak bisa mencoba berbagai resep baru yang sedang viral di media sosial.

Memiliki hobi masak juga baik untuk mengasah kemampuan. Tak hanya itu, masakan yang dihasilkan bisa dijadikan sebagai bisnis pesan antar makanan online yang sedang digandrungi.

2. Merapikan Kamar

Saat sibuk sekolah, mungkin kondisi kamar anak kurang diperhatikan. Liburan ini adalah saat yang tepat bagi anak untuk merapikan kamar.

Mintalah anak untuk mengelompokkan barang-barang sesuai fungsinya. Pilih yang ingin disimpan dan yang sudah tak terpakai lagi.

Pisahkan barang-barang tak terpakai dalam kantong atau boks. Kemudian, masukan dan tata barang-barang yang disimpan tersebut pada tempatnya.

Mulai saat itu juga, biasakan untuk meletakkannya kembali di tempat semula. Dengan begitu, kamar akan senantiasa rapi. Barang-barang yang tak terpakai juga bisa dijadikan sebagai donasi, pastikan barangnya masih layak pakai.

 

3 dari 4 halaman

Cara agar Anak Tidak Bosan saat Liburan Sekolah di Rumah

3. Membuat Konten

Kegiatan yang satu ini paling digandrungi oleh para milenial dan gen Z. Wajar, selain mendatangkan pundi-pundi rupiah, para konten kreator juga bisa terkenal.

Anda bisa membuat berbagai konten menarik sesuai minat anak dan mengunggahnya di YouTube atau media sosial lainnya.

Kontennya bisa tentang makeup, memasak, cover lagu, podcast atau bahkan bermain gim. Buatlah konten yang disenangi karena mungkin kegiatan ini akan berujung baik.

4. Menulis

Jika anak gemar menulis, inilah saatnya menuangkan ide-ide kreatif. Tulisan tersebut kemudian bisa diunggah ke blog atau wattpad.

Cerita-cerita yang ditulis mungkin akan disukai banyak orang atau bahkan bisa diterbitkan atau menulis artikel dan mengirimkannya ke berbagai media online. Beberapa media online ada yang memberikan honor untuk setiap tulisan yang berhasil terbit

4 dari 4 halaman

Cara agar Anak Tidak Bosan saat Liburan Sekolah di Rumah

5. Membaca Buku

Saat sekolah, anak mungkin tak ada waktu untuk membaca berbagai genre buku lainnya selain buku pelajaran. Liburan sekolah adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan berbagai bacaan.

Selain seru, membaca bisa menghilangkan stres dan meningkatkan daya ingat.

6. Menanam dan Merawat Tanaman Hias

Belakang ini tanaman hias menjadi hobi baru yang ngetren. Menanam dan merawat tanaman hias juga bisa jadi kegiatan liburan.

Ada banyak pilihan tanaman hias yang sesuai tren. Tanaman-tanaman hias ini sekaligus bisa dijadikan dekorasi rumah sehingga rumah lebih adem dan hijau.

Selain tanaman hias, bisa juga menanam tanaman yang memiliki buah seperti cabai atau tomat. Pilihlah tanaman yang mudah dirawat dan bisa tumbuh di pot.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Jihan Karina Lasena, Editor: Komarudin. Published: 28/6/2021)

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer