Sukses


Macam-Macam Posisi Duduk yang Benar saat Bekerja, Jaga Postur Tubuh

Bola.com, Jakarta - Macam-macam posisi duduk yang benar saat bekerja penting kamu ketahui sehingga kamu bisa menjaga postur tubuh dengan baik, juga mengindari badan pegal.

Bagi para pekerja, terutama pekerja kantoran alias mereka yang banyak menghabiskan waktu bekerja di kantor, posisi duduk sangat penting. Hal ini karena tanpa disadari sebagian besar aktivitas sehari-hari dilakukan dalam posisi duduk.

Kalau sudah begini, lama-kelamaan badan bisa terasa pegal. Selain pegal, masalah tulang punggung lainnya juga mengintai.

Untuk menghindarinya, sebisa mungkin kamu mempraktikkan posisi duduk yang benar saat bekerja. Ada posisi duduk yang benar saat bekerja menurut medis.

Lalu, jangan lupa juga imbangi posisi duduk yang benar saat bekerja dengan asupan cairan yang cukup, konsumsi makanan sehat dan bergizi, serta istirahat yang memadai.

Berikut macam-macam posisi duduk yang benar saat bekerja, disadur dari Klikdokter, Kamis (8/12/2022).

2 dari 4 halaman

Posisi Duduk yang Benar saat Bekerja

1. Duduk Tegak dengan Punggung Lurus dan Bahu ke Belakang

Paha menempel di dudukan dan bokong harus menyentuh bagian belakang kursi. Tulang punggung memiliki bentuk yang sedikit melengkung ke depan pada bagian pinggang sehingga dapat diletakkan bantal untuk menyangga kelengkungan tersebut.

Kamu juga dapat memilih kursi yang sudah dirancang khusus dengan bentuk dan posisi anatomi tulang punggung manusia. 

Dengan menggunakan kursi yang tepat, risiko mudah lelah dan pegal dapat dihindari. 

2. Pusatkan Beban Tubuh pada Satu Titik agar Seimbang

Usahakan jangan sampai membungkuk untuk menghindari nyeri punggung. Jika perlu, kamu dapat menarik kursi mendekati meja kerja agar posisi duduk tidak membungkuk. 

Jika posisi duduk terlalu tinggi sehingga harus sedikit membungkuk, kamu pasti akan mudah pegal dan lelah.

Duduklah di ujung belakang kursi, kemudian membungkuklah dalam-dalam. Lalu, angkat tubuh sambil membuat lengkungan dengan pusat di pinggang ke arah depan. 

Kendurkan posisi tersebut ke belakang sekitar 10-20 derajat. Itulah posisi duduk terbaik yang dapat kamu praktikkan.

 

3 dari 4 halaman

Posisi Duduk yang Benar saat Bekerja

3. Perhatikan Posisi Lutut

Cara duduk yang benar berikutnya adalah menghindari menyilangkan kaki. Lebih baik tekuk lutut hingga sejajar dengan pinggul ketika duduk. Gunakanlah alat pengganjal kaki apabila diperlukan.

Jika ingin menulis tanpa meja kerja, gunakan pijakan di bawah kaki dengan posisi kaki tetap sejajar dengan lantai.

Posisi duduk ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu lama karena akan membuat tulang ekor menahan sebagian beban yang berasal dari paha.

4. Perhatikan Posisi Tangan

Posisikan tangan senyaman mungkin di atas meja. Jangan lupa untuk mengistirahatkan lengan dan sikumu.

Jika perlu, kamu dapat menggunakan sandaran tangan untuk membantu mengurangi beban pada bahu dan leher sehingga tidak mudah pegal dan lelah.

5. Posisikan Layar Tepat di Depan

Posisikan layar tepat di depan dengan jarak sejauh satu lengan. Bagian atas layar komputer tidak boleh lebih dari 2 inci di atas ketinggian mata. 

Monitor komputer yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat membuat leher dan mata tegang. Letakkan tumpukan buku sebagai cara mudah untuk menyesuaikan ketinggian monitor.

 

4 dari 4 halaman

Posisi Duduk yang Benar saat Bekerja

6. Posisikan Keyboard dengan Benar

Pastikan posisi keyboard terletak sekitar 4-6 inci di antara tepi keyboard dengan meja. Dengan demikian, pergelangan tanganmu memiliki ruang untuk beristirahat saat mengetik.

Pastikan posisi tangan cukup rata sehingga pergelangan tangan tidak terlalu menekuk.

7. Letakkan Benda-Benda yang Dibutuhkan Dekat Jangkauan

Letakkan benda yang sering kamu gunakan berada dekat denganmu saat duduk.

Tubuh yang terlalu meregang untuk mencapai barang yang kamu butuhkan dapat membuat otot tegang. Memutar dan meregangkan berulang dapat menyebabkan nyeri pada persendian.

Jika ingin mengambil sesuatu yang ada di samping atau di belakang, jangan memuntir punggungmu. Putarlah keseluruhan tubuh sebagai satu kesatuan.

8. Siapkan Waktu Istirahat

Usahakan istirahat setiap 30-45 menit dengan cara berdiri, peregangan sesaat, atau berjalan-jalan di sekitar meja kerja.

Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kesegaran tubuh sehingga dapat tetap berkonsentrasi dalam bekerja.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 11/5/2022)

Silakan klik tautan ini untuk artikel macam dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer