Sukses


Contoh Paragraf Sebab Akibat yang Dapat Dicermati

Bola.com, Jakarta - Paragraf sebab akibat merupakan sebuah jenis dari paragraf yang pengembangan dari isinya menggunakan sifat induktif.

Hal ini berarti, kalimat utama yang ada di dalam paragraf sebab akibat terletak di bagian akhir dan biasanya juga disebut sebagai kesimpulan.

Berdasarkan pengertian di atas, paragraf sebab akibat bisa disebut sebagai paragraf kausatif karena diawali dengan fakta khusus yang menjadi sebab. Lalu, baru diikuti dengan fakta umum yang ditaruh di akhir dan disebut dengan akibat.

Itulah sedikit gambaran secara umum tentang paragraf sebab akibat. Bagi kamu yang ingin membaca sekaligus belajar menulis paragraf sebab akibat, kamu bisa menyimak berbagai contohnya pada artikel ini.

Berikut ini beberapa contoh paragraf sebab akibat yang dapat dicermati, dikutip dari laman Dosenpendidikan dan Pelajaran, Kamis (8/12/2022).

2 dari 4 halaman

Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan adalah peristiwa di mana wilayah yang terdapat banyak pohon, semak, paku-pakuan, dan rumput mengalami perubahan bentuk yang disebabkan pembakaran yang besar-besaran.

Kebakaran hutan menyebabkan hutan dilanda api sehingga membuat hutan lenyap dimakan api. Dampak yang disebabkan kebakaran hutan dapat berupa positif dan negatif, tetapi dampak negatif melebihi dampak positif.

Penyebab terjadinya kebakaran hutan ada dua macam, yaitu faktor alam dan faktor ulah manusia. Kebakaran hutan yang disebabkan oleh faktor alam bisa berupa kekeringan, musim panas yang berkepanjangan, dan sambaran petir.

Terjadinya angin yang kencang juga bisa menyebabkan kebakaran hutan. Apabila dua batang pohon bergesekan karena tertiup angin kencang maka bisa menyulut api kecil yang menjadi besar.

Kebakaran hutan yang disebabkan oleh faktor ulah manusia yaitu pembakaran hutan secara sengaja untuk membuka lahan baru, membuang sembarangan putung rokok, dan membakar sampah di dekat hutan.

Faktor ulah manusia sebagai penyebab kebakaran hutan melebihi faktor alam. Sebagai contoh, 95 persen kebakaran hutan di Indonesia disebabkan oleh ulah manusia.

Akibat terjadinya kebakaran hutan memberikan dampak yang besar untuk lingkungan, yaitu kabut asap, matinya pepohonan, binatang tidak mempunyai tempat tinggal, dan menjadi penyebab dari terjadinya banjir dan tanah longsor.

Untuk mengurangi dampak dari kebakaran hutan marilah kita bersama-sama menjaga hutan.

3 dari 4 halaman

Rokok

Banyak orang beranggapan bahwa merokok menggunakan rokok mentol jauh lebih aman daripada jenis rokok lainnya. Padahal, merokok menggunakan rokok sama berbahayanya dengan rokok lain, bahkan lebih berbahaya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Marlin Foreman dari Morehouse School of Medicin Atalanta, Amerika Serikat, perokok yang mengkonsumsi rokok mentol sangat rentan mengalami kerusakan paru-paru yang lebih parah daripada mengkonsumsi rokok biasa.

Maka itu, mengurangi atau bahkan menghilangkan rokok harus dilakukan, apakah itu rokok biasa atau rokok mentol. Sebab, apa pun jenis rokoknya, semuanya masih berdampak negatif pada kesehatan tubuh.

4 dari 4 halaman

Sampah

Kebiasaan untuk membuang sampah harus ditanamkan sejak dini dalam keseharian kita karena masyarakat pada umunya masih kurang memiliki kesadaran untuk mencintai dan menjaga serta melestarikan alam lingkungan kita sendiri.

Mereka menganggap hal tersebut hanyalah slogan yang tidak perlu diperhatikan. Tanpa rasa bersalah mereka membuang sampah sembarangan sehingga lingkungan sekitar kita menjadi kotor dan tidak sehat.

Apabila musim hujan tiba, akibatnya banjir melanda ibu kota. Kalau sudah terjadi seperti itu, orang-orang akan menyalahkan orang lain atas kejadian tersebut tanpa mereka sadari kalau bencana itu akibat dari ulah mereka sendiri.

 

Sumber: Dosenpendidikan, Pelajaran

Silakan klik tautan ini untuk artikel contoh dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer