Sukses


Mengenal Apa Itu Inemuri dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Inemuri adalah budaya tidur siang bagi orang Jepang. Menurut budaya mereka, seseorang yang tidur siang di tempat bekerja dianggap telah merelakan jam tidurnya untuk bekerja giat.

Tak heran, kebiasaan ini mendapatkan toleransi yang tinggi. Orang yang sedang inemuri mungkin akan dibiarkan selama tidak membahayakan.

Inemuri merupakan seni tidur siang yang dilakukan seseorang di tengah-tengah jam bekerja atau belajar. Bahkan, banyak juga yang melakukannya ketika berada di atas sarana transportasi, di area publik seperti stasiun, di jalanan umum, di kafe, dan lain-lain.

Dengan kata lain, inemuri bisa dilakukan di area yang mungkin bisa terlihat oleh banyak orang. Sebut saja, rekan kerja hingga bos, untuk inemuri yang dilakukan oleh pekerja kantoran.

Berikut manfaat inemuri atau tidur siang di tempat kerja, disadur dari Klikdokter, Kamis (8/12/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Tidur Siang

Meningkatkan Stamina Bekerja

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Harvard, Amerika Serikat, tidur siang 60-90 menit dapat memperbaiki stamina, sama seperti tidur selama delapan jam di malam hari. Bahkan, dampaknya akan makin baik jika kamu terlelap sambil bermimpi.

Dilansir dari Nature Neuroscience, stamina partisipan penelitian yang tidur siang 30 menit setiap hari cenderung lebih baik dibandingkan dengan partisipan yang tidak tidur siang. Stamina yang prima ini berdampak pada performa kerja yang baik.

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

Studi yang dilakukan di Universitas California (AS) menghasilkan kesimpulan bahwa tidur siang membantu kinerja otak lebih baik. Ketika kinerja otak membaik, seseorang akan lebih mudah fokus dan berkonsentrasi saat bekerja

The National Sleep Foundation menyarankan untuk melakukan tidur siang selama 20-30 menit setiap hari untuk meningkatkan fokus saat bekerja. Waktu tersebut dianggap optimal untuk meningkatkan performa kerja, fokus, dan stamina.

3 dari 3 halaman

Manfaat Tidur Siang

Tidur Siang Membantu Seseorang untuk Menjadi Lebih Kreatif

Jeda tidur siang dianggap dapat mengembalikan energi yang hilang sehingga seseorang dapat kembali produktif bekerja.

Ketika rasa lelah yang dirasakan hilang, kemungkinan besar seseorang lebih segar untuk bekerja. Dengan begitu, kreativitas juga dapat muncul dengan lebih mudah.

Penurunan Risiko Penyakit Jantung

Sebuah studi mengaitkan antara tidur siang dengan penurunan risiko penyakit Jantung. Studi selama enam tahun tersebut melibatkan 23.681 pria di Yunani. Hasilnya, partisipan yang tidur siang lebih dari tiga kali per minggu, turun risiko terkena penyakit jantung hingga 37 persen.

Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mengonfirmasi hal ini. Namun, potensi tidur siang yang satu ini tentu tidak main-main manfaatnya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 10/11/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer