Sukses


Contoh Perilaku Jujur di Kantor yang Bisa Diterapkan

Bola.com, Jakarta - Jujur adalah dasar dari semua sikap baik. Jujur bisa memengaruhi budi pekerti, akhlak, serta moral setiap manusia.

Jujur memiliki dampak yang baik untuk diri sendiri, seperti meningkatkan rasa percaya diri.

Kejujuran adalah perilaku baik yang perlu dimiliki setiap individu dalam menjalankan hidup bersama di berbagai lingkungan, termasuk dunia kerja.

Kejujuran merupakan kunci utama dalam kesuksesan. Memiliki perilaku tidak jujur akan memberikan dampak buruk dan dapat menghancurkan kariermu.

Berikut beberapa contoh perilaku jujur di kantor, dinukil dari laman Ekrut, Jumat (9/12/2022).

2 dari 3 halaman

Contoh Perilaku Jujur

1. Mengerjakan tugas sebaik mungkin

Mengerjakan tugas sebaik mungkin merupakan tanggung jawabmu sebagai karyawan yang baik. Mengerjakan tugas sebaik mungkin menjadi simbol profesionalitas diri.

Selain itu, bekerja sebaik mungkin juga bisa membuat seseorang mendapatkan imbalan seperi insentif, kenaikan gaji atau kenaikan pangkat.

2. Menjaga uang perusahaan

Amanah saat dititipi uang oleh orang lain adalah hal yang sulit untuk dilakukan apalagi jika kamu harus menjaga uang perusahaan.

Dengan menjadi amanah dan menjaga uang perusahaan tanpa memakainya adalah contoh perilaku jujur yang dapat kamu lakukan.

Jika kamu berhasil menjaga uang, orang lain di sekitar akan memercayaimu dengan hal-hal yang lebih besar.

3. Mengakui kesalahan

Bersikap jujur berarti kamu berani mengakui kesalahan yang kamu perbuat, baik itu kesalahan besar maupun kecil. Kamu tidak akan tahu, mungkin saja kesalahan kecil yang kamu perbuat ternyata berakibat besar bagi orang lain.

Mencoba berbuat jujur dan mengakui setiap kesalahan yang kamu perbuat adalah contoh perilaku jujur yang harus dilakukan.

3 dari 3 halaman

Contoh Perilaku Jujur

4. Disiplin waktu

Disiplin waktu adalah hal yang cukup sulit dilakukan banyak orang. Padahal, perbuatan tersebut merupakan satu di antara contoh perilaku jujur.

Masuk dan pulang kantor tepat waktu adalah tindakan disiplin waktu yang harus diterapkan agar menjadi kebiasaan baik.

Selain itu, disiplin menyerahkan hasil pekerjaan tepat waktu dan tidak melewati deadline juga perlu dibiasakan. Memiliki kedisiplinan waktu dapat meningkatkan kepuasan rekan kerja dan atasan terhadap pekerjaan yang kamu lakukan.

5. Bertanggung jawab

Selalu jujur dalam melaksanakan tanggung jawab di kantor, termasuk contoh perilaku jujur lainnya. Cobalah untuk bekerja dengan maksimal, kendati tugas tersebut hanya tambahan.

Hal itu karena tugas tersebut dapat menunjukan bahwa kamu mampu bersikap profesional dalam bekerja.

6. Mengembalikan fasilitas kantor yang diberikan

Selalu mengembalikan fasilitas kantor yang diberikan juga termasuk contoh perilaku jujur. Dengan bersikap amanah berarti kamu tidak melanggar sesuatu yang bukan hak kamu. Ingat untuk selalu menjaga fasilitas pinjaman tersebut supaya tidak rusak.

7. Tidak melakukan tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme

Contoh perilaku jujur yang paling penting adalah tidak mengakui hak milik orang lain, mencuri, meminjam barang orang lain tanpa izin serta tidak melakukan tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Ingat untuk selalu melaporkan kepada pihak berwajib saat menemukan barang berharga atau uang. Mengambil hak orang lain tentunya akan merugikan diri sendiri, rekan kerja dan perusahaanmu.

 

Sumber: Ekrut

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer