Sukses


Macam-Macam Tanda Penuaan Dini, Kenali Lebih Cepat

Bola.com, Jakarta - Macam-macam tanda penuaan dini perlu diketahui sehingga kamu bisa mengetahuinya lebih cepat dan melakukan tindakan pencegahan lebih lanjut.

Penuaan dini adalah suatu proses penuaan yang terjadi jauh lebih cepat sebelum proses penuaan itu sendiri.

Banyak orang menghubungan penuaan dini dengan kerutan di kulit. Akan tetapi, penuaan dini dalam tubuh bisa datang lebih awal dari kerutan di wajah. Biasanya, fase tersebut dimulai ketika kita memasuki usia 40 tahun.

Ada beberapa faktor penyebab penuaan dini, misalnya, faktor genetik, stres, alkohol, rokok, asupan nutrisi buruk, dan sering terpapar sinar matahari serta polusi. 

Meski proses menua tidak dapat dicegah, kita dapat memperlambat proses ini dengan cara menerapkan gaya hidup sehat. Cara yang dapat dilakukan antara lain mengelola stres, mengonsumsi banyak buah dan sayur kaya akan antioksidan, istirahat yang cukup, hingga olahraga teratur.

Di sisi lain, penting bagi kamu untuk mengenali gejala-gejala penuaan dini yang dapat terjadi pada tubuh.

Nah, berikut macam-macam tanda penuaan dini yang perlu dketahui, dilansir dari Reader's Digest via Klikdokter, Jumat (9/11/2022).

2 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Penuaan Dini

1. Luka di Tubuh Lebih Lama Sembuh

Kulit merupakan organ terbesar yang ada di tubuh dan biasanya memiliki kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Jika kamu mengalami luka dan cedera sembuh dengan waktu yang lama, hal itu bisa jadi merupakan satu di antara tanda penuaan dini.

Apabila luka tersebut tidak kembali pulih, sudah pasti terdapat sesuatu yang salah pada sistem penuaan internalmu. Segera periksakan kondisimu tersebut kepada dokter.

2. Sering Merasa Lemas

Kekuatan otot berkorelasi langsung dengan usia. Makin tua usia makakamu akan makin benar-benar kehilangan massa otot dan membuat tubuh lebih mudah merasa lelah.

Kendati begitu, kamu dapat meningkatkan kembali kekuatan dan membangun massa otot. Latihan beban merupakan olahraga terbaik yang dapat mewujudkan hal tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Penuaan Dini

3. Rambut Rontok

Sebagian dari kita biasanya lebih memperhatikan tanda-tanda penuaan dini hanya dari yang tampak jelas, seperti kulit dan wajah. Terkadang, kita malah tidak menggubris perubahan pada rambut yang ditandai dengan kemunculan uban sebelum waktunya.

Rambut bisa diartikan sebagai perpanjangan dari kulit yang memiliki peran tertentu, seperti kelenjar keringat, rambut, dan kuku. Selain uban, tanda penuaan pada mahkota kepala adalah kerontokan dan rambut tampak makin tipis.

Tak hanya di kulit kepala, hal ini juga terjadi pada rambut di tangan, kaki, dan kemaluan.

4. Perubahan Emosional

Biasanya, tanda penuaan dini bisa dilihat dari caramu yang tidak mampu lagi menikmati aktivitas sehari-hari. Aspek mental dan fisik pada tubuh kita terkait erat sehingga penting untuk memperhatikan kesehatan jiwa.

 

Sumber Asli: Reader's Digest

Disadur dari: Klikdokter.com

Silakan klik tautan ini untuk artikel penuaan dini dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer