Sukses


Contoh-Contoh Sikap Mandiri di Rumah, Sekolah, dan Lingkungan Masyarakat

Bola.com, Jakarta - Memiliki sifat mandiri membuat anak tumbuh jadi pribadi yang bertanggung jawab, kuat, dan tangguh. Kurangnya sikap mandiri bisa memengaruhi kehidupan seseorang, terutama pada aspek sosial.

Sikap mandiri pada anak tentu menjadi keinginan bagi semua orang tua. Merupakan suatu kebanggaan jika anak dapat melakukan hal-hal sederhana tanpa bergantung pada orangtua.

Sikap mandiri juga menjadi bekal penting bagi anak ketika mereka beranjak dewasa. Namun, tidak mudah mengajari anak memiliki sikap mandiri.

Diperlukan waktu serta kesabaran, juga kedisplinan baik dari orang tua maupun sang anak. Agar anak memiliki sifat mandiri, para orang tua dapat memulainya dengan hal-hal yang sederhana.

Selain itu, orang tua bisa memberi tahu contoh sikap mandiri di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Berikut ini beberapa contoh perilaku mandiri di rumah, sekolah dan lingkungan masyarakat, dilansir dari web Yayasan Anak Terang, Jumat (9/12/2022).

 

 

 

2 dari 4 halaman

Sikap Mandiri di Rumah

Membantu Orang Tua

Di dalam kehidupan keluarga pastinya orang tua selalu membutuhkan pertolongan anaknya. Nah, apabila kamu memiliki sikap mandiri, tanpa disuruh pun pastinya akan langsung menolong orang tua.

Mengerjakan Kewajiban Rumah

Mengerjakan pekerjaan rumah juga merupakan satu di antara contoh sikap mandiri seseorang. Biasanya kebanyakan orang lebih suka rebahan di kamar dan mengandalkan orang tua untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Satu di antara contoh bahwa seseorang tersebut memiliki sikap mandiri adalah ia akan selalu mengerjakan pekerjaan rumah tanpa disuruh. Sebab, dia berpikir bahwa jika mereka membersihkan rumah tentunya akan terasa lebih nyaman jika dirasakan oleh dirinya dan keluarganya.

3 dari 4 halaman

Sikap Mandiri di Sekolah

Pulang Pergi Sekolah Sendiri

Seorang anak yang mandiri pastinya akan lebih memilih berangkat ataupun pulang sekolah sendiri. Namun, seorang anak yang memiliki sikap seperti ini tidak banyak.

Hal ini wajar sebab mereka takut terjadi apa-apa di jalan. Namun, anak yang memiliki sikap mandiri sangat berbeda karena justru ia akan malu ketika diantar oleh keluarganya.

Mengerjakan PR Tanpa Bantuan Orang Lain

Kebanyakan anak pasti akan lebih memilih untuk meminta bantuan orang lain pada saat mengerjakan PR. Bahkan tak sedikit anak yang mencontek pekerjaan orang lain.

Namun, jika seseorang yang memiliki sikap mandiri, ia akan mengerjakan tepat waktu dan semaksimal mungkin mengerjakannya sendiri tanpa ragu akan salah. Hal itu tentu merupakan satu di antara contoh sikap mandiri yang dimiliki oleh anak.

Selalu Mengerjakan Piket Kelas

Setiap kelas pasti memiliki jadwal piket dan banyak siswa yang malas melakukan tugasnya. Namun, berbeda dengan seseorang yang memiliki sikap mandiri. Ia akan mengerjakan tugas tersebut tanpa harus disuruh. Bahkan, ia akan mengerjakannya secara maksimal.

4 dari 4 halaman

Sikap Mandiri di Lingkungan Masyarakat  

Mengikuti Kegiatan Masyarakat

Mengikuti kegiatan di lingkungan masyarakat merupakan satu di antara tanda seseorang memiliki sikap mandiri. Satu di antara kegiatan yang sering diadakan di lingkungan masyarakat yaitu ronda malam.

Dengan selalu mengikuti kegiatan ronda malam, kamumerupakan satu di antara seseorang yang memiliki sifat aktif dan mandiri.

Tidak Berutang ke Tetangga

Satu di antara tanda bahwa kita memiliki sikap yang mandiri adalah tidak sering berutang kepada tetangga. Pastikan kamu dapat melakukan manajemen finansial dengan benar.

Dengan begitu, kamu tidak perlu menggerakkan orang lain untuk memenuhi kebutuhanmu. Selain itu seseorang yang sudah dapat mengatur finansial, mereka merupakan satu di antara ciri-ciri orang yang mandiri.

Menolong Tetangga

Satu di antara level tertinggi kemandirian seseorang dalam lingkup masyarakat yaitu saling menolong ketika tetangga mengalami kesusahan.

Pada saat kamu sudah lulus dalam label mandiri secara finansial maka yang harus kamu lakukan adalah menolong tetangga yang membutuhkan.

 

Sumber: Web Yayasan Anak Terang

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer