Sukses


Pengertian Bersyukur Menurut Islam dan Ayatnya dalam Al-Qur'an

Bola.com, Jakarta - Bersyukur merupakan sebuah bentuk ungkapan batin yang harus dimiliki oleh seluruh umat Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Dalam Islam, pengertian bersyukur adalah dekat dengan ibadah kepada Allah. Mulai terus memuji asma Allah Swt. mengingat-ingat nikmat-Nya, hingga senantiasa bersujud kepada-Nya.

Menerapkan diri sendiri untuk bisa selalu bersyukur tidak mudah. Tak hanya secara lisan, melainkan juga hati yang tulus serta ikhlas.

Dengan bersyukur kita menjadi bahagia karena mudah merasa senang oleh apa pun yang terjadi, walaupun dengan hal sederhana.

Agar bisa lebih bersyukur sepanjang waktu, kamu bisa memahami lebih mengenai pengertian bersyukur menurut agama Islam.

Berikut pengertian bersyukur sesuai ajaran Islam beserta ayat Al-Qur'an tentangnya, seperti disadur dari Dream, Selasa (13/12/2022).

2 dari 4 halaman

Pengertian Bersyukur

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), syukur adalah rasa terima kasih kepada Allah Swt. Adapun hakihat dari syukur dijelaskan dalam Al-Qusyairi sebagai berikut:

"Hakikat syukur menurut ahli hakikat adalah pengakuan atas nikmat Allah, Zat pemberi nikmat, dengan jalan ketundukan."

Selain itu, hakikat dari bersyukur bisa diartikan sebagai bentuk pujian kepada orang yang berbuat baik dengan menyebutkan kebaikannya.

Jadi, syukurnya seorang hamba kepada Allah Swt. berupa pujian dengan menyebutkan kebaikan-Nya. Sedangkan syukur Allah Swt. adalah dengan memberikan pujian yang menyebutkan hamba-Nya.

Kebaikan yang dilakukan seorang hamba kepada Allah Swt. bisa berupa ketaatan. Sedangkan kebaikan Allah Swt. kepada hamba-Nya adalah dengan memberikan nikmat yang berupa taufik dan hidayah.

Menurut Abu Ustman, syukur adalah menyadari keterbatasan kita untuk bersyukur. Selain itu, ulama lain menambahkan bahwa bisa bersyukur adalah bentuk nikmat yang sangat sempurna.

Hal itu karena kita sadar bahwa tanpa taufik dari Allah Swt. kita tidak bisa bersyukur.

3 dari 4 halaman

Dalil tentang Bersyukur

Di dalam Al-Qur'an ada banyak ayat pendek yang menjelaskan tentang bersyukur. Berikut adalah beberapa ayat pendek tersebut yang penting umat muslim ketahui:

Surat Al-Baqarah Ayat 152

Artinya: "Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku." (QS. Al-Baqarah: 152).

Surat Al-Baqarah Ayat 172 

يٰٓاَيُّهَاالَّذِيْنَاٰمَنُوْاكُلُوْامِنْطَيِّبٰتِمَارَزَقْنٰكُمْوَاشْكُرُوْالِلّٰهِاِنْكُنْتُمْاِيَّاهُتَعْبُدُوْنَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya." (QS. Al-Baqarah: 172).

Surat An-Nahl Ayat 114

فَكُلُوْامِمَّارَزَقَكُمُاللّٰهُحَلٰلًاطَيِّبًاۖوَّاشْكُرُوْانِعْمَتَاللّٰهِاِنْكُنْتُمْاِيَّاهُتَعْبُدُوْنَ

Artinya: "Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya." (QS. An-Nahl: 114).

Surat Luqman Ayat 12 

وَلَقَدْاٰتَيْنَالُقْمٰنَالْحِكْمَةَاَنِاشْكُرْلِلّٰهِۗوَمَنْيَّشْكُرْفَاِنَّمَايَشْكُرُلِنَفْسِهٖۚوَمَنْكَفَرَفَاِنَّاللّٰهَغَنِيٌّحَمِيْدٌ

Artinya: "Dan sungguh, telah Kami berikan hikmah kepada Lukman, yaitu, "Bersyukurlah kepada Allah! Dan barang siapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Mahakaya, Maha Terpuji." (QS. Luqman: 12)

4 dari 4 halaman

Dalil tentang Bersyukur

Surat Luqman Ayat 14

وَوَصَّيْنَاالْاِنْسَانَبِوَالِدَيْهِۚحَمَلَتْهُاُمُّهٗوَهْنًاعَلٰىوَهْنٍوَّفِصَالُهٗفِيْعَامَيْنِاَنِاشْكُرْلِيْوَلِوَالِدَيْكَۗاِلَيَّالْمَصِيْرُ

Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu." (QS. Luqman: 14).

Surat Az-Zumar Ayat 66

بَلِاللّٰهَفَاعْبُدْوَكُنْمِّنَالشّٰكِرِيْنَ

Artinya: "Karena itu, hendaklah Allah saja yang engkau sembah dan hendaklah engkau termasuk orang yang bersyukur." (QS. Az-Zumar: 66).

Surat Al-A’raf Ayat 10 

Artinya: "Dan sungguh, Kami telah menempatkan kamu di bumi dan di sana Kami sediakan (sumber) penghidupan untukmu. (Tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur." (QS. Al-A’raf: 10).

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Widya Resti Oktaviana. Published: 27/4/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer