Sukses


Manfaat Kegiatan Class Meeting di Sekolah yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Class meeting merupakan satu di antara kegiatan yang dilakukan siswa di sekolah setelah melaksanakan ujian semester. Class meeting juga diadakan untuk mengisi waktu setelah selesai ujian hingga waktu menerima rapor.

Kegiatan class meeting biasanya diselenggarakan oleh sekolah melalui pengurus OSIS dan dilaksanakan seluruh siswa.

Jenis kegiatan class meeting yang diadakan tergantung dari program yang telah disusun oleh OSIS di sekolah masing-masing.

Umumnya, kegiatan class meeting yang dilakukan di sekolah berupa perlombaan antarsiswa atau kelas. Ada beragam bentuk perlombaan atau pertandingan yang diadakan, seperti balap karung, menggambar, basket, voli, futsal, bulutangkis, dan masih banyak lagi.

Jika dilaksanakan dengan baik maka kegiatan class meeting akan membawa manfaat luar biasa bagi siswa. Jadi, tak hanya sebagai sebagai hiburan atau pengisi waktu kosong saja, class meeting juga mendatangkan beragam manfaat.

Mungkin belum banyak yang tahu manfaat dari kagiatan class meeting, terutama bagi para siswa. Apa saja manfaat class meeting bagi siswa?

Berikut ini beberapa manfaat kegiatan class meeting di sekolah bagi siswa, dilansir dari Web SMK Perindustrian Yogyakarta, Senin (12/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manfaat Kegiatan Class Meeting di Sekolah

1.Mengendorkan urat saraf

Ujian semester akan menyedot banyak energi tubuh maupun otak. Saraf otak menjadi tegang sehingga perlu dikendorkan melalui kegiatan class meeting yang murah lagi meriah.

Dengan kegiatan class meeting, saraf otak menjadi rileks kembali asal diikuti dengan baik.

2.Menyalurkan bakat dan minat siswa

Siswa akan memiliki bakat dan minat yang tidak sama satu sama lainnya. Siswa berbakat seni, budaya, olahraga, keagamaan, dan lain sebagainya akan tersalurkan melalui kegiatan class meeting di sekolah

3.Mempererat tali silaturrahmi siswa

Class meeting mempertemukan semua siswa dalam suatu kegiatan yang berbentuk pertandingan dan perlombaan.

Ajang ini akan memberi kesempatan kepada siswa untuk saling mengenal lebih dekat serta memelihara sikap sportivitas.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kegiatan Class Meeting di Sekolah

4.Mencari bibit prestasi dibidang ekstrakurikuler

Melalui kegiatan class meeting dapat ditemukan siswa yang memiliki bakat dan minat menonjol dalam satu bidang kegiatan ekstrakurikuler.

Bagi pengelola sekolah, ajang classmeeting dapat dijadikan sebagai langkah untuk mencari siswa berprestasi di bidang kegiatan ekstrakurikuler.

5.Melatih mental bersaing yang sehat

Perlombaan serta pertandingan bernilai persaingan untuk memperoleh hasil terbaik. Siswa harus bersaing secara sehat dan sportif dalam meraih kemenangan atas siswa lain.

Kalah atau menang persoalan biasa. Apalagi, dalam pertandingan atau perlombaan harus ada yang menang dan kalah. Ini harus dipahami oleh semua siswa.

 

Sumber: Web SMK Perindustrian Yogyakarta

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer