Sukses


Contoh Gaya Gesek dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Gaya adalah suatu hal yang umum dijumpai dalam hukum fisika. Gaya dapat menyebabkan suatu benda dengan massa berubah baik itu gerakan, arah, dan kontraksi geometris.

Ada beragam macam bentuk gaya, satu di antaranya adalah gaya gesek. Gaya gesek adalah suatu gaya yang bergerak berlawanan dengan arah gerak suatu benda.

Gesekan akan tercipta apabila dua benda atau lebih saling bersentuhan secara fisik.

Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa disadari kita telah melakukan banyak sekali gesekan, terutama dengan udara. Mengapa dengan udara? Ya, benda yang dimaksud kali ini tidak hanya yang terlihat oleh mata, tetapi yang mempunyai susunan partikel, baik dalam bentuk padat, cair, dan gas.

Agar lebih paham lagi, berikut contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari, dinukil dari laman Ifabrix, Senin (12/12/2022).

2 dari 3 halaman

Contoh Gaya Gesek yang Menguntungkan Manusia

1. Gesekan antara Cakram dan Kampas Rem

Dalam sistem pengereman, kendaraan, seperti motor dan sepeda, memanfaatkan gaya gesek antara kampas rem dengan lingkaran cakram. Bayangkan saja bila tidak ada gaya gesekan tentu kita akan sangat kesusahan untuk menghentikan kendaraan.

2. Penggunaan pada Amplas Kayu

Banyak perlengkapan rumah yang terbuat dari kayu. Para pengrajin kayu membuat perabotan tersebut melalui beberapa tahapan, satu di antaranya adalah proses mengamplas balok kayu supaya permukaan kayu menjadi halus dan siap untuk dicat.

Amplas juga memakai gaya gesek. Permukaan amplas yang kasar mampu mengikis balok kayu sehingga makin lama digosok akan makin halus dan rata.

3. Penggunaan pada Gergaji Kayu

Contoh dari gaya gesek yang yang menguntungkan dalam kehidupan sehari-hari dapat kita lihat pada gergaji kayu. Mata gergaji yang lancip dan tajam mampu menghasilkan gaya gesekan yang besar sehingga kayu dengan struktur keras sekalipun mampu terpotong.

4. Gesekan antara Kaki dan Lantai

Saat berjalan kita kadang terpeleset. Kejadian tersebut disebabkan karena kecilnya gaya gesek antara kaki dan permukaan lantai. Gesekan yang besar bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berjalan, terlebih lagi bila kita berjalan pada bidang miring.

5. Antara Batu Asah dan Pisau

Benda tajam sekarang ini sudah tidak dapat lagi dilepaskan dari kehidupan sehari-hari, contohnya saja pisau. Ada banyak manfaat pisau yang bisa kita dapatkan seperti untuk mengupas dan memotong.

Namun, makin sering dipakai akan membuat mata pisau makin tumpul. Untungnya manusia telah memanfaatkan gaya gesek dari batu asah untuk membuatnya tajam kembali.

3 dari 3 halaman

Contoh Gaya Gesek yang Merugikan

1. Gesekan antara Ban dengan Aspal

Gesekan pada ban dengan jalan aspal akan terjadi setiap kali kita mengendarai sepeda atau motor. Permukaan ban yang terbuat dari bahan karet lama kelamaan akan mengalami pengikisan hingga pada akhirnya habis dan mau tidak mau harus segera mengganti agar dapat dipakai kembali.

Saat ban terkikis dan permukaannya menjadi halus hal tersebut sebenarnya berbahaya karena dapat menyebabkan tergelincir.

2. Gesekan pada Rantai dengan Gir

Sepeda mampu berjalan karena adanya tarikan dari rantai kemudian disalurkan pada gir. Namun, karena tarikan rantai yang sangat kuat gir akan mengalami gaya gesek begitu besar terhadap rantai sehingga akan aus jika sudah lama dipakai.

Gigi gir yang awalnya masih tumpul lama kelamaan makin meruncing hingga tidak dapat lagi menahan tarikan dari rantai.

3. Gaya dalam Komponen Mesin

Baik kendaraan maupun mesin pabrik memanfaatkan energi untuk menggerakkan komponen mekanik. Makin cepat dan lama komponen tersebut bekerja maka mesin tersebut akan mengalami aus atau terkikis karena saling bergesekan satu dengan lainnya.

Maka itu, umumnya mesin akan diberikan pelumas untuk memperkecil gesekan sehingga umur komponen lebih lama.

4. Antara Benda dengan Lantai

Menggeser benda yang ada di lantai tanpa menggunakan bantuan alat pasti lebih sulit bukan. Tentu saja karena benda tersebut saling bergesekan dengan lantai sehingga akan makin berat untuk digeser. Oleh karena itu, hal ini adalah satu di antara gaya gesek yang merugikan.

5. Gesekan antara Air dengan Bangunan

Air memang terlihat lembut dan memberikan banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Namun, dalam kondisi tertentu air juga bisa memberikan kerugian.

Contoh, air pada tepi laut akan mengikis sedikit demi sedikit bangunan yang terkena ombak. Hal itu merugikan terlebih jika bangunan untuk dihuni.

 

Sumber: Ifabrix

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer