Sukses


Bacaan Doa agar Rumah Tangga Bahagia dan Penuh Berkah, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Setiap pasangan yang baru menikah pasti ingin memiliki rumah tangga yang bahagia dan penuh berkah. Namun, bukan perkara mudah bisa menjaga keharmonisan dalam berumah tangga.

Demi bisa terus harmonis, diperlukan komunikasi yang baik, saling pengertian, dan tidak egois satu sama lain.

BACA JUGA: Bacaan Doa untuk Syukuran Beserta Artinya

Selain berusaha membangun komunikasi yang baik, pasangan suami istri perlu meningkatkan pendekatan kepada Sang Pencipta dengan cara berdoa.

Berdoa menjadi satu di antara bentuk usaha untuk menjalin komunikasi dengan Allah Swt. Ada banyak doa yang bisa dipanjatkan, satu di antaranya berdoa agar rumah tangga diberi kebahagiaan dan keberkahan.

Lantas, apa saja doa-doa yang harus diucapkan agar rumah tangga bahagia? Umat yang baru saja menikah tentu perlu mengetahui dan mengamalkannya agar rumah tangganya bahagia dan harmonis.

Berikut ini bacaan doa agar rumah tangga bahagia dan penuh berkah, disadur dari Merdeka, Selasa (13/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Doa agar Rumah Tangga Bahagia dan Penuh Berkah

Bacaan doa rumah tangga bahagia dan penuh berkah tersebut adalah:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَهْلِيْ وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ وَارْزُقْنِيْ مِنْهُمْ وَارْزُقْهُمْ مِنِّي. اَللّٰهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا مَا جَمَعْتَ إِلَى خَيْرٍ وَفَرِّقْ بَيْنَنَا إِذَا فَرَّقْتَ إِلَى خَيْرٍ

Allâhumma bârik lî fî ahlî wa bârik lahum fiyya warzuqnî minhum warzuqhum minnî. Allâhummajma’ bainanâ mâ jama’ta ilâ khairin wa farriq bainanâ idzâ farraqta ilâ khairin.

Artinya: "Ya Allah, berkahilah aku di dalam keluargaku dan berkahilah mereka di dalam diriku. Berilah aku rezeki dari mereka dan berilah mereka rezeki dariku. Ya Allah, kumpulkan kami menuju kebaikan dan pisahkan kami bila Engkau pisahkan menuju kebaikan."

Selain itu, Anda juga bisa membaca doa rumah tangga bahagia agar selalu sakinah seperti berikut:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbana hablana min azwaajina wa dzurriyyatina qurrata a’yuniw waj’alna lil muttaqiena imaamaa.

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa." (QS Al Furqan ayat 74)

3 dari 5 halaman

Doa Rumah Tangga Bahagia dan Tenteram

Berikut adalah beberapa bacaan doa rumah tangga bahagia lainnya yang bisa dibaca:

1. Doa Keselamatan Anak Cucu

Allāhumma bi hurmatin nabiyyi, wal Hasan, wa akhīh, wa ummih, wa abīh, wa najjinī minal ghammil lazī fīh, yā Hayyu, yā Qayyūmu, yā dzal jalāli wal ikrām. Wa as’aluka an tuhyiya qalbī bi nūri ma‘rifatika abadan, abadan. Yā rasulallāh, ya Allah (3 kali), bi rahmatika yā arhamar rāhimīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn

Artinya: "Ya Allah, demi kehormatan Nabi Muhammad saw., Hasan, saudaranya, ibunya, dan bapaknya, selamatkanlah aku dari kebingungan yang ada di dalamnya. Wahai Zat yang hidup, wahai Zat yang maha tegak, wahai Zat yang maha besar dan mulia, aku memohon kepada-Mu agar menghidupkan hatiku dengan cahaya makrifat-Mu selamanya, wahai Rasulullah, ya Allah (3 kali), dengan rahmat-Mu, wahai Zat yang maha pengasih. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

4 dari 5 halaman

Doa Rumah Tangga Bahagia dan Tenteram

2. Doa Rumah Tangga Berkah

Allâhumma bârik lî fî ahlî wa bârik lahum fiyya warzuqnî minhum warzuqhum minnî. Allâhummajma’ bainanâ mâ jama’ta ilâ khairin wa farriq bainanâ idzâ farraqta ilâ khairin

Artinya: "Ya Allah, berkahilah aku di dalam keluargaku dan berkahilah mereka di dalam diriku. Berilah aku rezeki dari mereka dan berilah mereka rezeki dariku. Ya Allah, kumpulkan kami menuju kebaikan dan pisahkan kami bila Engkau pisahkan menuju kebaikan."

5 dari 5 halaman

Doa Rumah Tangga Bahagia dan Tenteram

3. Doa Pernikahan Bahagia

Diriwayatkan oleh Tabrani, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad, Rasulullah pernah memberi nasihat pada seorang sahabat yang bertengkar dengan istrinya. Beliau meminta sahabat tersebut untuk melantunkan doa berikut.

"Allaahumma a'innaa wa laa tu'in 'alainaa wanshurnaa wa laa tanshur 'alainaa wamkur lanaa wa laa tamkur 'alainaa wahdinaa wa yassiril hudaa lanaa wanshurnaa 'alaa man baghaa 'alainaa. Allaahumma taqabbal taubatanaa waghsil haubatinaa wa ajib da'watanaa wahdi quluubanaa wa saddid lisaananaa wa tsabbit hujjatanaa waslul sakhiimata quluubinaa."

Artinya: Ya Allah, tolonglah kami dan jangan Engkau biarkan kami, menangkanlah kami dan jangan Engkau sia-siakan kami, tunjukkanlah kami serta mudahkanlah kami menerima petunjuk-Mu dan tolonglah kami terhadap orang-orang yang menzalimi kami. Ya Allah, terimalah taubat kami, bersihkanlah kesalahan kami, kabulkanlah doa kami, tunjukkanlah hati kami, baguskan dan benarkanlah lisan kami, teguhkanlah pendirian kami, dan enyahkanlah kedengkian yang ada di hati kami."

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter : Edelweis Lararenjana. Published: 28/6/2022)

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer