Sukses


Macam-Macam Dampak Buruk Makan Gorengan Terlalu Banyak yang Tidak Disadari

Bola.com, Jakarta - Gorengan bisa dibilang menjadi satu di antara kudapan yang cukup diminati banyak orang, khusunya masyarakat Indonesia.

Rasa gorengan yang lezat membuat orang ketagihan untuk mengkonsumsi makanan satu ini, baik itu pisang goreng, bakwan, kentang goreng, hingga tempe mendoan, dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Akan tetapi, di balik kenikmatannya, perlu diketahui ada berbagai dampak buruk bagi tubuh yang mengintai jika kita terlalu banyak mengonsumsi gorengan.

Untuk itu, berhati-hatilah apabila kamu punya kebiasaan satu ini ini. Lantas, apa saja dampak buruk dari terlalu banyak makan gorengan?

Berikut ini macam-macam dampak buruk makan gorengan terlalu banyak yang tidak disadari, dikutip dari laman Healthline dan Verywellfit, Rabu (14/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Makan Gorengan Terlalu Banyak

1. Obesitas

Orang yang kelebihan berat badan harus segera menghindari makan gorengan. Hal ini karena gorengan mengandung banyak lemak yang meningkatkan risiko obesitas.

Pelaku diet juga harus menghindari makanan yang digoreng. Ini karena terlalu banyak makan gorengan bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Mudah Terkena Gangguan Pencernaan

Ayla Barmmer, seorang ahli gizi dari Boston, Amerika Serikat, mengatakan dalam laporan di Time Magazine (27/10/2017), bahwa kandungan lemak gorengan bisa membuat saluran pencernaan bekerja lebih berat.

Hal ini bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti mual, perut begah, diare, dan rasa tak nyaman di sekitar perut.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Makan Gorengan Terlalu Banyak

3. Berisiko Mengembangkan Diabetes Tipe-2

Studi Eatthi, yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada 2014, menemukan bahwa makan terlalu banyak gorengan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Dalam studi itu, ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi gorengan empat hingga enam kali dalam seminggu meningkatkan risiko pengembangan diabetes tipe 2 hingga sebanyak 39 persen.

4. Menimbulkan Jerawat

Menurut penelitian, dampak buruk gorengan terhadap tumbuhnya jerawat terjadi dalam jangka panjang. Jadi jika kamu makan gorengan setiap hari, bukan tak mungkin wajahmu akan lebih mudah ditumbuhi jerawat.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Makan Gorengan Terlalu Banyak

5. Merusak Fungsi Otak

Dampak buruk terlalu banyak makan gorengan berikutnya, yaitu bisa menyebabkan rusaknya fungsi otak.

6. Memperbesar Risiko Munculnya Kanker

Bahaya makan gorengan yang juga tidak bisa diremehkan adalah meningkatkan risiko terkena kanker. Bahaya ini bisa muncul akibat zat akrilamida yang dapat terbentuk selama proses memasak dengan suhu tinggi, seperti menggoreng.

Makanan bertepung, seperti ayam goreng tepung dan sebagainya, diketahui akan mengandung akrilamida yang lebih tinggi ketika terpapar suhu tinggi. Jika terlalu banyak dan sering dikonsumsi, zat ini diduga bisa menyebabkan beberapa jenis kanker, seperti kanker ovarium.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Makan Gorengan Terlalu Banyak

7. Meningkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Bahaya makan gorengan yang telah banyak diteliti adalah meningkatnya risiko penyakit jantung. Telah diketahui bahwa gorengan dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas, sementara obesitas adalah satu di antara faktor risiko penyakit jantung.

Minyak goreng juga mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans yang diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Peningkatan kolesterol ini bisa menjadi akar dari berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

 

Sumber: Healthline, Verywellfit

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer