Sukses


Cara Mudah untuk Bangun Pagi Lebih Awal, biar Bisa Lebih Produktif

Bola.com, Jakarta - Tidur merupakan aktivitas penting bagi kesehatan tubuh kita. Kurang tidur di malam hari membuat kondisi seseorang bisa terganggu di pagi harinya, baik fisik maupun mental.

Semua orang pada umumnya butuh tidur setidaknya delapan jam di malam hari agar fungsi tubuh di pagi hari lebih baik. 

Di sisi lain, ketika seseorang memiliki waktu tidur yang cukup, bangun pagi lebih awal tentunya bukan suatu masalah besar yang dihadapi.

Bangun pagi lebih awal memiliki ragam manfaat, satu di antaranya akan memiliki waktu yang lebih lama untuk mempersiapkan hari.

Namun, masih banyak orang yang tak bisa bangun pagi karena berbagai hal, seperti begadang di malam hari dan malas.

Bagi kamu yang kesulitan untuk bangun pagi lebih awal dan cenderung mengalami kesiangan setiap harinya, bisa mencoba menerapkan beberapa cara untuk mengatasinya.

Berikut cara mudah untuk bangun pagi lebih awal, biar bisa lebih produktif, dikutip dari Healthline dan Everydayhealth, Rabu (14/12/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mudah untuk Bangun Pagi Lebih Awal

1. Hindari Makan sebelum Tidur

Cara yang bisa kamu praktikkan agar bisa bangun lebih pagi adalah menghindari mengonsumsi makanan berat sebelum tidur. Apa yang kamu makan sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur.

Mengonsumsi makanan berat tepat sebelum tidur dapat menyebabkan tubuh yang seharusnya beristirahat menjadi sibuk bekerja memproses makanan yang baru kamu makan. Hal tersebut menyebabkanmu mengalami berbagai gangguan tidur hingga kurang tidur.

Maka itu, jika memang lapar pada malam hari, lebih baik mengonsumsi camilan sehat dan menghindari makan berat.

2. Matikan Perangkat Ponsel dan TV

Bagian dari bangun pagi lebih awal adalah cukup tidur di malam sebelumnya. Cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah mematikan perangkat ponsel dan TV di kamarmu.

Bermain ponsel atau melihat TV sebelum pergi tidur bisa memicu sulit untuk tertidur, hal itu karena paparan cahaya dari perangkat tersebut bisa membuatmu terjaga lebih lama dan mengalami insomnia.

Segera matikan segala perangkat yang kamu miliki seketika setelah rasa kantuk datang agar tidur lebih nyenyak dan mudah untuk bangun pagi lebih awal.

3. Berolahraga secara Rutin

Olahraga telah terbukti memperbaiki tidur dan kondisi yang dapat menyebabkan insomnia serta kantuk yang berlebihan, seperti kecemasan dan depresi sehingga kamu tidak susah untuk bangun tidur lebih pagi.

Olahraga juga meningkatkan tingkat energi dengan mengurangi kelelahan, termasuk pada orang dengan kondisi yang terkait dengan kelelahan kronis. 

3 dari 4 halaman

Cara Mudah untuk Bangun Pagi Lebih Awal

4. Atur Jadwal Tidur

Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari menjadi keharusan jika kamu ingin mendapatkan jadwal tidur yang baik dan melatih dirimu untuk bangun pagi lebih awal.

Cari tahu berapa banyak tidur yang kamu butuhkan, tujuh hingga sembilan jam per malam dianjurkan dan bertujuan untuk tidur cukup awal sehingga kamu bangun dengan perasaan segar.

Tetap pada jadwal tidurmu setiap hari, termasuk hari liburmu, dan tubuhmu pada akhirnya akan mulai bangun lebih pagi secara alami.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makan makanan yang sehat meningkatkan energimu dan membantumu tidur lebih nyenyak. Di sisi lain, makanan yang umumnya dianggap tidak sehat dapat membuatmu merasa lesu dan menguras energi.

Hal tersebut berpengaruh dengan waktu bangun kamu di pagi hari. Makin banyak energi yang kamu miliki, makin mudah juga kamu untuk bangun pagi lebih awal.

Coba secara rutin memulai konsumsi makan sehat, seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, dan makanan tinggi asam lemak omega-3 .

6. Tetapkan Motivasi

Coba pikirkan baik-baik, apa motivasimu untuk meninggalkan kebiasaan bangun kesiangan dan bangun lebih pagi? Alasan setiap orang mungkin berbeda-beda.

Bisa jadi, kamu ingin bangun pagi agar tidak terlambat beribadah, tidak terburu-buru saat pergi ke kantor, atau agar bisa rutin berolahraga pagi. Selain itu, masih banyak sekali alasan mengapa kamu harus bangun lebih awal.

4 dari 4 halaman

Cara Mudah untuk Bangun Pagi Lebih Awal

7. Hindari Minum Berenergi dan Kopi sebelum Tidur

Minuman energi dan kopi mungkin memberimu dorongan ekstra yang kamu butuhkan untuk belajar atau bekerja di malam hari. Namun, mengonsumsi gula atau kafein dalam jumlah besar sebelum tidur dapat membuatmu lebih sulit untuk tertidur dan berakibat sulit untuk bangun lebih awal.

Membatasi konsumsi soda manis, minuman energi dan kopi telah terbukti menghasilkan kebiasaan tidur yang lebih sehat. Cobalah beralih ke air atau teh sebelum tidur agar kamu tetap terhidrasi.      

8. Letakkan Alarm Tidak Terlalu Dekat denganmu

Atur alarm agar kamu terbangun di menit-menit akhir dan tidak tergoda untuk tidur kembali. Namun, kamu disarankan untuk meletakkan alarm tidak terlalu dekat dari jangkauan. Alasannya adalah agar kamu bangun dan beranjak dari tempat tidur untuk mematikan alarm.

Bila kamu masih susah bangun tidur, meski sudah menggunakan alarm, mintalah bantuan keluarga, pasangan, atau orang terdekat untuk membuatmu benar-benar terbangun.

 

Sumber: Healthline, Everydayhealth

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer