Sukses


Macam-Macam Tanda Hari Kiamat yang Penting Diketahui Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Hari kiamat merupakan satu di antara rukun iman yang harus diyakini oleh setiap umat muslim di muka bumi.

Tidak ada seorang pun yang bisa mendeteksi dan mengetahui kapan terjadinya hari kiamat, kecuali Allah Swt. Hal ini sebagaimana tercantum dalam Al-Qur'an surah Al A'raf ayat 187, Allah Swt. berfirman:

"Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang kiamat, "Kapan terjadi?". Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Hari kiamat adalah hari penghakiman bagi seluruh umat manusia di muka bumi, termasuk yang dibangkitkan dari alam kubur.

Semua manusia akan dikumpulkan ke padang mahsyar hingga waktu yang tidak dapat ditentukan untuk menghadap pengadilan akhirat dari Allah Swt.

Hari kiamat juga dapat diartikan sebagai akhir zaman sekaligus puncak kehancuran seluruh alam semesta sehingga tidak ada lagi hari-hari setelahnya.

Setelah memahami apa itu hari kiamat, umat muslim juga perlu mengetahui mengenai tanda-tanda hari kiamat.

Berikut ini macam-macam tanda hari kiamat menurut Islam, disadur dari laman Liputan6, Rabu (14/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Macam-Macam Tanda Hari Kiamat Menurut Islam

1. Kemunculan Imam Mahdi

Tanda pertama hari kiamat adalah kemunculan Imam Mahdi. Diriwayatkan dalam hadis Al Hakim, Rasulullah saw. bersabda,

"Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah Swt. akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama tujuh atau delapan tahun."

2. Kemunculan Dajjal

Kemunculan dajjal juga menjadi satu di antara tanda hari kiamat. Rasulullah saw. bersabda,

"Tidak ada satu pun makhluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari dajjal." (HR. Muslim)

Dijelaskan, tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah dajjal akan menyebarkan fitnah di muka bumi.

3 dari 6 halaman

Macam-Macam Tanda Hari Kiamat Menurut Islam

3. Kemunculan Nabi Isa AS

Tanda-tanda hari kiamat dalam Islam selanjutnya adalah kemunculan Nabi Isa a.s. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam Al-Qur’an surah An-Nisa ayat 159, Allah Swt. berfirman,

“Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka”

4. Hadirnya Kaum Ya'juj dan Ma'juj

Dalam Al-Qur’an surah Al Kahfi ayat 94, Allah Swt. berfirman mengenai Ya'juj dan Ma'juj, yakni kaum yang menjadi perusak di bumi.

"Mereka berkata, "Wahai Zulkarnain! Sungguh, Ya'juj dan Ma'juj itu (makhluk yang) berbuat kerusakan di bumi, maka bolehkah kami membayarmu imbalan agar engkau membuatkan dinding penghalang antara kami dan mereka?"

4 dari 6 halaman

Macam-Macam Tanda Hari Kiamat Menurut Islam

5. Matahari Terbit dari Arah Barat

Matahari selalu terbit dari arah timur dan tenggelam di barat. Namun, tidak halnya ketika hari kiamat datang.

Matahari akan terbit dari arah barat. Tanda ini menjadi awal dari kiamat kubra atau kiamat besar. Dalam hadis Abu Dawud serta Ibnu Majah, dari Abdullah bin Amr, dia berkata, aku hafal dari Rasulullah sabda beliau:

"Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang Kiamat) ialah terbitnya matahari dari barat dan munculnya binatang melata menemui manusia pada waktu duha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi."

6. Kemunculan Daabbah (Binatang Melata)

Kemunculan Daabbah (binatang melata) disebutkan dalam hadis yang sama dengan terbitnya matahari dari arah barat. Namun, tidak diketahui mana yang duluan akan terjadi, apakah kemunculan binatang melata atau matahari dari barat.

5 dari 6 halaman

Macam-Macam Tanda Hari Kiamat Menurut Islam

7. Munculnya Dukhan

Munculnya Dukhan atau asap yang merupakan satu di antara tanda-tanda kiamat besar yang mengakibatkan penyakit seperti flu.

Penyakit akibat flu ini muncul di kalangan orang-orang beriman dan akan mematikan semua orang kafir. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam Al-Qur’an surah Ad-Dukhan ayat 10. Allah Swt. berfirman,

“(Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata) maka kala itu bumi menjadi tandus kelaparan serta paceklik makin menjadi-jadi, sehingga karena memuncaknya keadaan, akhirnya mereka melihat seolah-olah ada sesuatu yang berupa kabut di antara langit dan bumi.”

8. Munculnya Api yang Mengumpulkan Manusia

Hari kiamat akan terjadi ketika api keluar dari Yaman. Nantinya api akan menggiring manusia ke Syam. Hal ini telah dijelaskan dalam hadis yang berbunyi:

“Kiamat tidak akan terjadi sampai keluar api di tanah Hijaz, yang akan menerangi leher unta daerah Bushra.” (HR. Bukhari 7118 & Muslim 2902)

6 dari 6 halaman

Macam-Macam Tanda Hari Kiamat Menurut Islam

9. Terjadinya Gempa Bumi yang Dahsyat

Gempa di muka bumi saat hari kiamat dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al Hajj ayat 1 yang berbunyi,

"Yā ayyuhan-nāsuttaqụ rabbakum, inna zalzalatas-sā'ati syai`un 'aẓīm."

Artinya: Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh, guncangan (hari) Kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar.

10. Kehancuran Ka’bah

Tanda-tanda hari kiamat yang terakhir adalah hancurnya Ka’bah. Hal itu sesuai dalam hadis riwayat Hakim dan Abu Ya'la, oleh Abu Sa'id Al Khudri r.a,

"Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum Ka’bah ini tidak lagi didatangi orang untuk menunaikan ibadah haji."

Kemudian tanda-tanda hari kiamat tentang kehancuran Ka’bah pun ditegaskan dalam hadis riwayat Muslim dan Bukhari.

“Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda: Ka’bah diruntuhkan oleh Dzu Suwaiqatain dari Habasyah." (HR. Muslim dan Bukhari)

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara, Editor: Fadila Adelin. Published: 6/7/2022)

Silakan klik tautan ini untuk artikel Islami dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer