Sukses


Cara Menjadi Moderator dalam Berbagai Acara Diskusi

Bola.com, Jakarta - Moderator adalah seseorang yang berperan menjadi penghubung antara audiens dengan narasumber. Moderator memegang peranan penting dalam sebuah diskusi.

Istilah moderator mengacu pada seseorang yang bertindak sebagai penjembatan, penengah, pemandu, dan pengendali dalam sebuah acara diskusi.

Dalam acara debat atau diskusi, tugas moderator ialah membatasi waktu peserta dan berusaha menjaga agar apa yang dibicarakan narasumber atau peserta diskusi tidak menyimpang dari topik.

Selain itu, seorang moderator juga dituntut untuk bisa menjembatani ide-ide atau argumen dari narasumber yang ada. Oleh karena itu, moderator hendaknya memiliki wawasan yang luas.

Jika kamu ingin menjadi moderator dan mensukseskan suatu acara, tentu kamu juga harus memahami cara menjadi moderator yang baik dan benar.

Berikut ini cara menjadi moderator dalam berbagai acar diskusi, dilansir dari ditsmp.kemdikbud.go.id, Kamis (15/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Menjadi Moderator dalam Diskusi

1. Tampil percaya diri

Perlu diingat, bahwa seorang moderator memiliki peranan penting dalam suatu acara. Audiens tidak hanya mengamati narasumber, tetapi juga moderator.

Maka itu, penting untuk menjadi moderator tampil percaya diri dengan menunjukkan kesan pertama yang baik. Jangan lupa memperkenalkan diri dan menyapa para audiens untuk menghidupkan suasana.

2. Memimpin jalannya presentasi dalam acara

Ada beberapa format acara yang menggelar panel diskusi di dalamnya, seperti seminar, debat, atau dialog terbuka.

Setiap acara juga memiliki konsep yang berbeda sehingga moderator harus dapat memimpin jalannya presentasi sesuai konsep acara apakah itu formal, semi formal, atau non formal.

3 dari 4 halaman

Cara Menjadi Moderator dalam Diskusi

3. Menghubungkan narasumber dengan audiens

Seorang moderator harus tampil menjadi penghubung antara narasumber dengan audiens. Moderator memulai diskusi dengan memperkenalkan narasumber mulai dari biodata sampai dengan pengalamannya, sampaikan pula materi yang akan dibawakan narasumber.

Jangan lupa juga untuk menginformasikan kepada narasumber durasi pemaparan materi yang diberikan panitia.

4. Membangun suasana

Kegiatan yang dinamis dan komunikatif, serta mengarahkan audiens untuk fokus pada topik materi yang dibahas.

Maka itu, penting bagi moderator untuk memahami materi yang akan dibawakan agar dapat mengendalikan acara tetap kondusif sesuai rencana.

4 dari 4 halaman

Cara Menjadi Moderator dalam Diskusi

5. Memimpin sesi tanya jawab

Setiap acara tentu saja dapat diharapkan berjalan lancar dan sesuai susunan acara yang sudah dibuat sebelumnya.

Umumnya setelah narasumber membawakan materi, akan digelar sesi tanya jawab dengan audiens sesuai alokasi waktu yang disediakan. Catat seluruh pertanyaan dan tentukan mekanisme sesi tanya jawab.

6. Menyampaikan simpulan dari materi

Tugas moderator lainnya adalah menyimpulkan materi yang disajikan narasumber dan menutup sesi acara tersebut. Dengan menyampaikan simpulan dari materi dapat membantu peserta yang sempat melewatkan sesi-sesi materi.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer