Sukses


Arti Strategi beserta Tingkatannya

Bola.com, Jakarta - Strategi adalah suatu istilah yang sudah akrab bagi hampir setiap orang. Pasalnya, kata ini sering kali digunakan pada kehidupan sehari-hari.

Istilah strategi kerap berkaitan dengan rencana yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), strategi adalah ilmu dan seni memimpin bala tentara untuk menghadapi musuh dalam perang, dalam kondisi yang menguntungkan.

Selain itu kamu juga bisa memaknai strategiĀ sebagai ilmu dan seni menggunakan sumber daya bangsa untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai.

Pada awalnya kata ini dipergunakan untuk kepentingan militer saja. Namun, kemudian kata ini berkembang dan digunakan di berbagai bidang yang berbeda seperti strategi bisnis, olahraga, ekonomi, pemasaran, perdagangan, hingga manajemen strategi.

Strategi juga sering dikaitkan dengan visi dan misi, walau strategi biasanya lebih terkait dengan jangka pendek dan jangka panjang. Istilah strategi ini berbeda dengan istilah taktik, yang memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang strategi, Jumat (16/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Tingkatan Strategi

Strategi KorporasiĀ (Corporate Strategy)

Strategi ini mencerminkan seluruh arah perusahaan, dengan tujuan menciptakan pertumbuhan bagi perusahaan secara keseluruhan dan manajemen berbagai macam bisnis lini produk.

Ada tiga macam strategi yang dapat dipakai pada strategi tingkat korporasi ini, yaitu strategi pertumbuhan (growth strategy), adalah strategi berdasarkan terhadap tahap pertumbuhan yang sedang dilalui perusahaan.

Lalu ada strategi stabilitas (stability strategy), adalah strategi dalam menghadapi kemerosotan penghasilan yang sedang dihadapi oleh suatu perusahaan, dan retrenchment strategy, adalah strategi yang diterapkan untuk memperkecil atau mengurangi usaha yang dilakukan perusahaan.

Strategi Bisnis (BusinessĀ Strategy)

Strategi ini terjadi pada tingkat produk atau unit bisnis dan merupakan strategi yang menekankan pada perbankan posisi bersaing produk atau jasa pada spesifik industri atau segmen pasar tertentu.

Ada tiga macam strategi yang dapat digunakan pada strategi tingkat bisnis ini, yaitu strategi keunggulan biaya, strategi diferensiasi, dan strategi fokus.

Strategi Fungsional (Functional Strategy)

Strategi ini terjadi di level fungsional seperti, operasional, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia. Riset dan pengembangan di mana strategi ini akan meningkatkan area fungsional perusahaan sehingga mendapat keunggulan bersaing.

Strategi ini harus mengacu pada strategi bisnis dan strategi korporasi. Fokusnya adalah pada pemaksimalan produktivitas sumber daya yang digunakan dalam memberikan value terbaik untuk pemenuhan kebutuhan pelanggan (customer).

Strategi fungsional sering juga disebut value-based-strategy.

Ā 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 4/11/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer