Sukses


Macam-Macam Teknik Dasar dalam Permainan Futsal yang Harus Dikuasai

Bola.com, Jakarta - Futsal merupakan satu di antara olahraga yang cukup populer dan banyak diminati. Hal ini dikarenakan olahraga permainan futsal mudah dimainkan dan tidak membutuhkan lapangan yang luas.

Seperti halnya sepak bola, dalam permainan futsal harus memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya untuk meraih kemenangan.

Seorang pemain bisa mencetak gol dengan cara menendang bola ke gawang, sundulan, dan anggota tubuh lain yang perbolehkan menyentuh bola.

Bedanya, permainan ini dilakukan dengan jumlah orang yang lebih sedikit dibandingkan dengan sepak bola. Waktu yang dipergunakan juga tidak terlalu lama.

Praktiknya, futsal dimainkan oleh dua tim yang masing-masing regu terdiri atas lima orang. Satu di antaranya adalah seorang penjaga gawang yang dapat bermain menggunakan tangan di daerah gawangnya.

Setiap tim futsal yang mengikuti pertandingan tentu berharap memperoleh kemenangan. Kemenangan akan diperoleh apabila tim tersebut mempunyai pemain yang memiliki teknik dasar yang baik.

Maka itu, untuk menghasilkan pemain dan tim yang andal diperlukan latihan teknik dan taktik dasar dalam bermain futsal.

Berikut ini macam-macam teknik dasar permainan futsal yang perlu dikuasai, dilansir dari Modul Pembinaan Ekstrakurikuler Futsal SMP terbitan Kemdikbud, Senin (19/12/2022).

2 dari 6 halaman

1. Teknik Mengontrol Bola

Teknik dasar mengontrol bola dalam futsal dapat dilakukan dengan cara menahan bola menggunakan telapak kaki bagian depan. Dengan begitu bola yang bergulir dengan cepat bisa dengan mudah kita kuasai dan tidak mudah direbut lawan.

Kaki merupakan bagian tubuh yang paling sering digunakan untuk memainkan bola dalam futsal. Biasanya jika kemampuan pemain makin baik dan tepat, jarak pantulan bola juga makin dekat dengan badan kita.

Dengan demikian, tim lawan menghadapi kesulitan dan tidak akan bisa merebut bola yang sudah berada dalam penguasaan kita.

Cara melatih:

a. Dalam melakukannya, pastikan pandangan dari awal fokus pada arah datangnya bola.

b. Ketika bola sudah dekat menghampiri kita, selalu jaga keseimbangan.

c. Gunakan telapak kaki saja supaya mampu mengendalikan dan menguasai bola secara lebih mudah dan pergerakan bola dapat dihentikan dengan baik.

3 dari 6 halaman

2. Teknik Mengoper Bola (Passing)

Futsal dimainkan di lapangan yang rata dan kecil sehingga aliran bola harus mengalir agar bola tidak mudah direbut lawan. Maka itu, setiap pemain wajib mempunyai passing akurat dan keras dengan menyesuaikan jarak teman.

Cara Melatih dengan Kaki Luar

  • Pastikan bola berada di sisi kita saat akan menendangnya.
  • Kaki yang menjadi tumpuan bisa diposisikan di belakang atau juga dianggap sejajar dengan posisi bola.
  • Kaki untuk menendang bisa ditarik ke belakang, kemudian ayunkan ke arah samping sampai mengenai bola.
  • Sewaktu menendang, kaki harus diletakkan pada bagian kanan atau kiri bola.
  • Gerakan kaki mengikuti arah bola yang artinya ayunan mengarah ke samping.

Cara Melatih dengan Kaki Dalam

  • Awali dengan memosisikan bola tepat di depan kita. Hadapkan tubuh pada target.
  • Kaki kiri atau kanan dapat ditempatkan sebagai tumpuan pada bagian samping bola dengan menekuk lutut sedikit.
  • Kaki yang dipakai menendang dapat ditarik lebih dulu, lalu diayun ke arah depan sampai mengenai bola.
  • Lakukan tendangan tepat pada bagian tengah bola agar gerakan bola agar mengarah lurus ke depan.
  • Kaki yang mengayun dibiarkan saja ke depan mengikuti arah bola
4 dari 6 halaman

3. Teknik Menggiring Bola (Dribble)

Kemampuan menggiring bola yang baik wajib dimiliki setiap pemain untuk menguasai bola, menjaga jarak dengan lawan sebelum melakukan passing kepada teman, dan menciptakan peluang.

Cara Melakukan Teknik Dasar Menggiring Bola

  • Menggunakan sisi kaki bagian dalam

Pemain akan mampu mengelabui lawan ketika memakai teknik dribbling kaki dalam. Pada teknik ini, apabila menggunakan bagian dalam kaki kanan, penggiringan bola dilakukan ke arahsisi kiri tubuh pemain lawan, sedangkan bola digiring pada sisi kanan pemain lawan apabila menggunakan kaki kiri.

  • Menggunakan punggung kaki

Saat pemain lawan jaraknya jauh dari kita dan tidak mengancam pergerakan tim kita, biasanya dribbling bola dapat dilakukan dengan punggung kaki.

Hanya, cara dribbling ini tidak begitu banyak digunakan karena kurang efektif dalam hal mengecoh lawan ke arah samping kiri atau kanan.

  • Menggunakan sisi kaki bagian luar

Menggiring bola dapat juga dilakukan dengan menggunakan kaki bagian luar. Tujuan dribbling satu ini adalah untuk mengecoh pemain lawan ke arah kiri atau samping.

5 dari 6 halaman

4. Teknik Menembak Bola (Shooting)

Tendangan keras dan akurat harus dilakukan seorang pemain agar mampu menghasilkan posisi bola yang tepat serta terarah ke gawang. Bahkan, pemain dapat mengarahkan bola pada kiper lawan yang sulit dijangkau.

Untuk bisa mencetak gol dari jarak dekat maupun jauh, seorang pemain harus mempunyai shooting keras. Hal itu karena seluruh pemain mempunyai kesempatan yang sama untuk mencetak gol.

Kaki bagian luar atau dalam bisa digunakan untuk melakukan shooting keras. Punggung kaki juga bisa digunakan karena hasilnya sama kencang dengan penggunaan bagian kaki lain.

Hal ini berarti melatih teknik tendangan penting demi meningkatkan kekencangan dan ketepatan arah bola.

6 dari 6 halaman

5. Teknik Dasar Penjaga Gawang

Kemampuan yang harus dimiliki oleh penjaga gawang antara lain, seperti keterampilan menangkap bola bawah yang menyelusur di lantai, menangkap bola yang datangnya setinggi perut, dada, di atas kepala, menepis bola, melempar bola bawah dan atas, teknik jatuhan, passing, dan control bola.

Khusus penjaga gawang harus memiliki keterampilan dan kemampuan yang sangat kompleks. 

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar futsal lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer