Sukses


Manfaat Sehat Masak Pakai Cobek Batu

Bola.com, Jakarta - Cobek merupakan satu di antara peralatan dapur yang berguna untuk menghaluskan dan mencampur bumbu. Namun, keberadaan cobek mulai tersingkarkan, terlebih pada penduduk perkotaan.

Bisa dibilang, kehadiran tumbukan (alu) dan cobek batu sudah tergantikan dengan food processor. Buat kamu yang lebih suka dengan hasil olahan yang super halus, cepat, dan anti-capek, alat yang satu itu memang sangat bermanfaat.

Namun, buat yang masih bertahan dengan cobek batu, tak perlu minder. Pasalnya, alat tradisional berpori-pori tersebut sebenarnya memberikan manfaat tersendiri buat kesehatan.

Walaupun alat yang satu ini super jadul dan berat, ada beberapa pertimbangan yang bisa membuatmu mempertahankan si cobek batu ini.

Berikut ini beberapa manfaat sehat masak pakai cobek batu, disadur dari Klikdokter, Selasa (20/12/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Sehat Masak pakai Cobek Batu

Masakan Lebih Enak, Hati Lebih Happy!

Konsep menumbuk dan mengulek dengan cobek batu berbeda dengan food processor alias blender bumbu. 

Ketika mengulek, kamu menekan rempah dan bahan hingga hancur (gepeng) dan mengeluarkan minyak alaminya. Makin banyak yang dilumatkan, makin banyak pula minyak alami yang dihasilkan. 

Berbeda dengan konsep food processor. Mata pisaunya akan memotong-motong bahan hingga sekecil mungkin. Sari yang dihasilkan pun tidak terlalu banyak (cenderung lebih kering). 

Selain itu, dilansir dari The Health Site, pergerakan blender elektrik akan menyalurkan panas pada bahan yang diolah. 

Alhasil, proses tersebut akan sedikit mengubah cita rasa. Misalnya saat membuat bahan halus dari jahe dan bawang putih. Panas yang dihasilkan justru membuat rasa bawang putih sedikit pahit. 

Itulah kenapa, sebagian orang berpendapat masak pakai alu dan cobek batu bikin makanan lebih lezat dibanding pakai alat elektrik. 

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Sehat Masak pakai Cobek Batu

Mengencangkan Otot Lengan

Ibaratnya, kamu tak perlu beli dumbel kalau mau mengencangkan dan menguatkan otot lengan. Lebih rajinlah bantu keluarga masak di dapur, khususnya ketika ada tugas mengulek dengan cobek batu! 

Kalau otot lengan kanan sudah lebih oke, tangan kamu pun jadi lebih kuat saat membawa barang berat. Yang penting, meski bisa menguatkan otot lengan, hindari mengulek secara berlebihan, ya.

Menghilangkan Stres dan Menyalurkan Emosi Negatif

Manfaat cobek batu tak cuma dirasakan ke fisik, melainkan ke psikis juga. Selain bisa membantu menghilangkan stres, masak pakai cobek batu juga bisa menyalurkan emosi negatif, misalnya amarah.

Dalam proses mengulek atau menumbuk, ada energi dan emosi yang tersalurkan dari tubuh ke objek yang ada. Jadi, emosi yang ada tidak terpendam atau tersimpan di tubuh kita.

 

Disadur dari: Klikdokter (Published: 8/11/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer