Sukses


Bacaan Selawat Nariyah beserta Artinya, Ketahui Keutamaannya

Bola.com, Jakarta - Umat muslim dianjurkan rutin memperbanyak membaca selawat untuk menambah pahala. Selawat merupakan satu di antara amalan yang ditujukan pada Rasulullah saw. sebagai bukti rasa cinta dan hormat umat kepada beliau.

Satu di antara selawat yang bisa dilafalkan dan diamalkan umat muslim ialah selawat Nariyah. Selawat ini lumrah dibaca sebelum memulai salat fardu.

Selawat Nariyah termasuk selawat ghairu ma'tsurat atau bukan berasal dari Nabi Muhammad saw. langsung.

Berdasarkan sejarah, selawat Nariyah diciptakan oleh Syekh Nariyah. Konon, beliau hidup pada zaman Rasulullah saw. dan termasuk satu di antara sahabat nabi.

Lantas, bagaimana bacaan selawat Nariyah yang mudah dilafalkan dan diamalkan umat muslim?

Berikut ini bacaan selawat Nariyah, lengkap dengan artinya dan keutamaan dalam mengamalkannya, disadur dari Kapanlagi, Selasa (20/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bacaan Selawat Nariyah

"Allahumma sholi sholaatan kaamilatan wasalim salaaman. Taamman 'alaa sayyidina muhammadinil ladzii, tanhallu bihil 'uqodu wa tanfariju bihil kurobu, wa tuqdhoo bihil hawaa-iju wa tunaalu bihar-roghoo-ibu. Wa husnul khowaatimi wa yustasqol ghomaamu bi wajhihil kariimi wa'alaa aalihii, wa shohbihi fii kulii lamhatin wa nafasin bi'adadi kulli ma'luumin laka."

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah selawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan Nabi Muhammad saw. yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan. Semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih. Dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sah."

3 dari 5 halaman

Keutamaan Mengamalkan Selawat Nariyah

1. Membuka Pintu Rezeki

Keutamaan selawat Nariyah yang pertama adalah dapat membuka pintu rezeki. Isimewanya lagi bukan hanya membuka pintu rezeki melainkan juga dapat mendatangkan rezeki yang tidak terputus.

Hal ini berarti rezeki yang diperoleh bisa mengalir terus menerus. Dengan begitu, dapat mengangkat derajat dan kedudukan.

2. Mempermudah Segala Urusan

Keutamaan selawat Nariyah berikutnya adalah dapat mempermudah segala urusan. Hal ini berarti Nariyah apabila sering dibaca dan diamalkan bisa membantu kamu memperoleh kemudahan dalam berbagai urusan.

Hal itu sesuai hadis dari riwayat Ibnu Mundah dari Jabir:

"Siapa membaca selawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca selawat kepadaku 100 kali maka Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya, 70 hajatnya di akhirat dan 30 di dunia."

4 dari 5 halaman

Keutamaan Mengamalkan Selawat Nariyah

3. Terkabulnya Doa dan Segala Keinginan

Selawat Nariyah juga dapat memudahkan segala doa dan hajat yang kamu inginkan bisa terkabul. Atas izin Allah Swt. melalui perantara Nabi Muhammad saw., keutamaan selawat Nariyah adalah dikabulkannya hajat.

Ada beberapa riwayat yang menyebutkan tentang bagaimana cara mengamalkan selawat Nariyah untuk mendapatkan keutamaan ini. Mulai membaca selawat Nariyah sebanyak 100 kali, 300 kali bersama-sama dalam majelis, ataupun 4.444 kali.

4. Terbebas dari Kesusahan dan Rasa Sedih

Keutamaan selawat Nariyah berikutnya adalah terbebas dari rasa susah dan sedih. Rasa sudah dan sedih menjadi perasaan yang sering dialami manusia. Kesedihan mendalam terkadang justru membuat manusia terpuruk.

Namun, dengan mengamalkan selawat Nariyah, bisa membantu melepaskan rasa sedih, susah, sulit yang dialami. Menurut riwayat Ibnu Mundah dan Jabir Rasulullah saw. bersabda:

"Dan hadis Rasulullah yang mengatakan; Perbanyaklah selawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan."

5 dari 5 halaman

Keutamaan Mengamalkan Selawat Nariyah

5. Dijauhkan dari Marabahaya dan Penyakit

Arti selawat Nariyah bagi yang mengamalkannya juga dapat mendatangkan banyak kebaikan yakni jauh dari marabahaya serta penyakit.

Dengan mengamalkan selawat Nariyah dapat membuat diri pengamalnya terlindungi dari berbagai bentuk bahaya sekaligus penyakit. Untuk mengamalkannya bisa dibaca sebanyak 90 kali setiap hari.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Published: 4/4/2022)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer