Sukses


Keutamaan Membaca Selawat Nabi, Amalan yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

Bola.com, Jakarta - Membaca selawat Nabi Muhammad saw. memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam, terlebih bagi mereka yang sedang mencari berkah dari Allah Swt.

Selawat Nabi juga merupakan bentuk penghormatan kepada Baginda Rasulullah saw., seperti yang tercantum dalam ayat Al-Qur'an surah An-Nisa ayat 86 yang artinya:

"Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu".

Selain itu, ada pula hadis nabi tentang selawat. Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. bersabda:

"Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan janganlah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, berselawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan selawat kalian akan sampai kepadaku di mana pun kalian berada." (HR. Abu Daud)

Itulah mengapa, umat muslim perlu memahami bahwa membaca selawat nabi bukan hanya sekadar pelafalan saja, ada banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan.

Berikut keutamaan membaca selawat nabi yang bisa diamalkan setiap hari, disadur dari Dream, Selasa (20/12/2022)

2 dari 5 halaman

Keutamaan Membaca Selawat Nabi

Mendapat Syafaat Nabi

Keutamaan yang pertama membaca selawat nabi adalah bisa mendapatkan syafaat atau pertolongan dari siksa di akhirat kelak. Pedihnya siksa di akhirat, membuat umat Islam sangat membutuhkan pertolongan tersebut. Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis berikut:

"Barang siapa berselawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafaatku pada hari kiamat nanti."  (Hadits shahih oleh Syaikh Al Albani).

Mendapat Pahala 10 Kali Lipat

Keutamaan yang kedua adalah mendapatkan pahala 10 kali lipat. Di mana dengan membaca selawat nabi sebanyak satu kali, akan ada balasannya sebesar 10 kali lipat yang diberikan Allah Swt. Hal ini sesuai hadis nabi berikut:

"Barang siapa yang berselawat kepadaku sekali, maka Allah akan berselawat kepadanya sepuluh kali."  (HR. Muslim, No. 408)

Dikabulkan Doanya

Dengan membaca selawat nabi maka hal ini akan menjadi sebuah penyempurna doa dan ibadah. Di mana nantinya hajat yang selama ini umat muslim inginkan akan dikabulkan oleh Allah Swt. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis berikut:

"Setiap doa akan terhilang hingga dibacakan selawat kepada Muhammad." (HR. Thabrani)

3 dari 5 halaman

Keutamaan Membaca Selawat Nabi

Menjadi Orang yang Paling Dekat dengan Rasul

Bagi umat Islam yang banyak membaca selawat nabi pada hari Jumat, ia akan menjadi orang yang dekat dengan Rasulullah saw.

Hal ini menjadi satu di antara mimpi setiap umat Islam karena bentuk kecintaan kepada Rasulullah saw., yakni ingin selalu dekat dengan beliau. Seperti halnya yang dijelaskan dalam hadis berikut:

Artinya: "Perbanyaklah berselawat kepadaku pada hari Jumat, karena sesungguhnya selawat umatku diperlihatkan kepadaku pada setiap hari Jumat. Siapa saja yang paling banyak selawatnya maka ia menjadi orang yang paling dekat kedudukannya dariku." (HR. Baihaqi)

Masuk Surga

Setiap umat Islam tentu ingin masuk ke surganya Allah Swt. dan berkumpul bersama orang-orang yang saleh. Sedangkan mereka yang tidak membaca selawat nabi, akan makin dijauhkan dari surga. Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis berikut:

"Barang siapa yang aku disebutkan di sisinya lalu ia tidak mengucapkan selawat kepadaku, maka ia akan disimpangkan dari jalan surga." (HR. Thabrani)

4 dari 5 halaman

Bacaan Selawat Nabi

Berikut adalah bacaan selawat nabi yang terdiri dari selawat Nariyah, selawat Munjiyat, dan Thibbil Qulub yang bisa umat muslim amalkan:

Selawat Nariyah

Dengan membaca selawat Nariyah ini diyakini mampu untuk membuka pintu rezeki. Selawat nabi ini bisa umat muslim baca setelah salat fardu agar mendapatkan rezeki yang tidak putus. Berikut adalah bacaannya:

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadi lladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawaaiju wa tunna lu bihiro ‘ibu wa husnul khotima wa yustaqol ghomawu biwajhihil kariim wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah selawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan embusan napas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

Selawat Munjiyat

Berikutnya adalah selawat Munjiyat yang bacaannya adalah sebagai berikut:

Allahumma sholli 'alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii'il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii'al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii'is-sayyi'aati wa tarfa'unaa bihaa 'indaka a'lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii'il-khairaati fil-hayaati wa ba'dal-mamaati.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw. yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan, dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan semua hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami, mengangkat kami pada derajat tertinggi, menyampaikan kami pada puncak tujuan, dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati."

5 dari 5 halaman

Bacaan Selawat Nabi

Selawat Thibbil Qulub

Selawat Thibbil Qulub berarti obat atau penyembuh hati. Salat ini memiliki keutamaan untuk menjaga kesehatan tubuh serta bisa menjadi obat dari berbagai macam penyakit.

Tak hanya itu saja, selawat nabi ini bisa membuat hati tenteram dan menjaga kesehatan mental. Berikut adalah bacaan selawat Thibbil Qulub yang bisa umat muslim amalkan:

Allahumma sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa'aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya: "Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw. sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Widya Resti Oktaviana. Published: 22/2/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dnegan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer