Sukses


Cara Menjaga Berat Badan agar Tidak Naik setelah Perayaan Natal

Bola.com, Jakarta - Perayaan Hari Natal identik dengan makan-makan bersama keluarga besar. Adapun makanan yang disediakan beragam, mulai sayur hingga daging-dagingan.

Bahkan, saking menikmatinya perayaan Hari Natal bersama keluarga, terkadang kita tak sadar telah mengonsumsi banyak makanan.

Kebanyakan makanan dan minuman yang disajikan saat Natal mengandung banyak kalori dan gula, seperti aneka masakan daging, minuman bersoda, aneka kue kering, dan minuman manis lainnya.

Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung kalori dan gula tentu bisa memengaruhi berat badanmu.

Berat badan yang tidak seimbang bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh, yang paling terasa ialah bisa terkena obesitas.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara agar berat badan tak naik setelah merayakan Natal yang dijamin ampuh dan tidak akan mengganggu kehangatanmu merayakan Hari yang Agung ini.

Berikut beberapa cara menjaga berat badan agar tidak naik setelah perayaan Natal, disadur dari Klikdokter, Rabu (21/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Jaga Berat Badan agar Tidak Naik setelah Perayaan Natal

1. Tingkatkan Konsumsi Serat 

Mengonsumsi makanan berserat dapat membuat tubuh kenyang lebih lama. Sumber serat dapat diperoleh dari sayur, buah, dan kacang-kacangan. Makanan berserat bisa dikonsumsi saat makan besar atau dijadikan camilan sehat.

2. Batasi Asupan Garam

Selain menghindari makanan dan minuman yang tinggi gula, asupan garam sangat memengaruhi keberhasilanmu dalam menjaga berat badan ideal.

Garam memang identik dengan rasa asin. Namun, perhatikan juga asupan yang natrium lain yang terdapat di makanan dan minuman kemasan. Sebab, natrium  merupakan satu di antara molekul pembentuk garam dan memiliki sifat yang serupa.

3 dari 4 halaman

Cara Jaga Berat Badan agar Tidak Naik setelah Perayaan Natal

3. Selektif Memilih Makanan

Bukannya tidak boleh mengonsumsi aneka makanan khas Natal seperti kue-kue, tetapi kamu harus lebih selektif dalam memilih kudapan yang akan dimakan. Pastikan makanan yang kamu nikmati tidak terlalu banyak mengandung gula.

Seperti diketahui, makanan yang mengandung gula bisa menyumbang banyak kalori bagi tubuh dan bisa menambah berat badan secara signifikan.

4. Batasi Jumlah Makanan dan Minuman Manis

Jika dalam sehari sudah terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis, berhentilah mengonsumsinya di sore hari.

Misalnya saja, ketika di siang hari sudah makan nastar, kue bolu, dan minum susu cokelat, saat sore atau malam hari sebaiknya hanya minum air putih saja. Kamu juga disarankan untuk memilih buah sebagai hidangan penutup makan malam.

4 dari 4 halaman

Cara Jaga Berat Badan agar Tidak Naik setelah Perayaan Natal

5. Perbanyak Aktivitas 

Ketika merayakan Natal, pastinya kita lebih sering berkumpul di ruang tamu untuk bercengekrama dan melepas rindu. Jarang sekali memanfaatkan momen tersebut untuk beraktivitas di luar ruangan.

Tidak ada salahnya melepas rindu dengan anggota keluarga sambil jalan-jalan bersama di pagi hari. Aktivitas tersebut dapat membantu membakar kelebihan kalori yang dikonsumsi selama liburan.

6. Tetap Berolahraga

Liburan memang terasa lebih menyenangkan jika dihabiskan dengan jalan-jalan, berkumpul bersama teman, atau makan bersama. Kendati begitu, jangan sampai kamu lupa untuk berolahraga.

Agar kalori yang masuk dan keluar tetap seimbang, sempatkan dirimu untuk tetap berolahraga. Jika tidak sempat berolahraga di luar rumah, kamu bisa lakukan olahraga di dalam rumah seperti jumping jack, skipping, push up, squat, atau olahraga lainnya.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 25/12/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer