Sukses


Bacaan Selawat Munjiyat, Lengkap beserta Arti dan Keutamaannya

Bola.com, Jakarta - Banyak bacaan selawat yang bisa dilafalkan dan diamalkan umat muslim. Satu di antara yang bisa untuk dilafalkan dan diamalkan umat muslim adalah selawat Munjiyat.

Selawat Munjiyat adalah selawat untuk meminta keselamatan dari segala musibah kepada Allah Swt. Demikian dengan arti selawat Munjiyat yaitu selawat penyelamat.

Terlepas dari itu, perintah untuk membaca selawat secara umum telah ditegaskan dalam Al-Qur'an surah Al-Ahzab ayat 56:

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berselawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Berselawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

Lantas, bagaimana bacaan selawat Munjiyat yang bisa dilafalkan dan diamalkan umat muslim?

Berikut ini bacaan selawat Munjiyat, lengkap dengan arti dan keutamaan bagi yang mengamalkannya, disadur dari Merdeka, Kamis (22/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Selawat Munjiyat

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَـــاتِ

"Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât."

Artinya: "Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan selawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan selawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan selawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan selawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan selawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati."

3 dari 3 halaman

Keutamaan Selawat Munjiyat

Berikut beberapa keutamaan selawat Munjiyat yang perlu diketahui umat muslim:

  • Sebagai syafaat/penolong di akhirat kelak.
  • Sebagai penolong saat di dunia.
  • Sebab turunnya rahmat Allah.
  • Membantu agar doa lebih cepat terkabul.
  • Melapangkan segala kesulitan.

Selawat Munjiyat biasanya dilafalkan pada awal bacaan doa-doa, khususnya pada saat bacaan doa tahlil. Doa yang diawali dengan bacaan selawat Munjiyat dipercaya akan cepat terkabul, tentu atas seizin Allah Swt.

Selain itu, bacaan selawat Munjiyat dianjurkan untuk dilafalkan setelah melaksanakan salat hajat sebagai zikir agar hajat yang diinginkan bisa segera terpenuhi.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Edelweis Lararenjana. Published: 10/1/2022)

Dapatkan artikel Islami dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer