Sukses


Macam-Macam Aktivitas yang Identik dengan Natal

Bola.com, Jakarta - Bulan Desember begitu identik dengan perayaan Natal. Suasana pun seolah disulap dengan beragam dekorasi yang menghiasi berbagai sudut jalan hingga pusat perbelanjaan.

Perayaan Natal merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat Kristiani di seluruh dunia. Di hari tersebut, umat Kristiani memperingati hari lahirnya Yesus Kristus.

Umat Kristiani tentu telah melakukan persiapan untuk menyambut perayaan Natal. Selain hati, juga mulai pohon natal, hadiah hingga makanan khas Natal.

Hari Natal menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dengan orang-orang terdekat. Umat Kristiani biasanya merayakan malam Natal bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Ada beragam aktivitas yang identik dengan perayaan Natal. Bahkan ada sejumlah tradisi spesial Natal yang wajib dilakukan dan akan terasa hambar apabila sampai terlewatkan.

Berikut ini beragam aktivitas yang identik dengan perayaan Natal, disadur dilansir dari Mirror via Liputan6.com, Jumat (23/12/2022).

2 dari 6 halaman

1. Bernyanyi

Tak hanya dekorasi berwarna merah dan hijau, perayaan yang jatuh pada 25 Desember begitu identik dengan lagu-lagunya.

Lagu bertema Natal kerap berkumandang di berbagai kesempatan dan dinilai dapat membangkitkan semangat para pendengarnya. Seolah ada ajakan untuk ikut bernyanyi dan bergoyang.

Menurut peneliti di Swedia, bernyanyi dapat membantu mengendalikan pernapasan, mengatur detak jantung, dan nadi. Manfaat dari kegiatan satu ini dianggap mirip dengan pernapasan yoga, yang memiliki keuntungan pada tekanan darah.

Sebuah studi oleh Heart Research UK, bahkan mengungkapkan bahwa bernyanyi layaknya latihan aerobik, yang begitu bermanfaat karena dapat memberikan kesempatan untuk jantung dan paru-paru bekerja.

3 dari 6 halaman

2. Bertukar Hadiah

Sebuah studi menunjukkan bahwa ketika kita memberi dan menerima hadiah, otak akan melepaskan hormon dopamin dan oksitosin yang dapat membuat kita merasa lebih baik.

Menurut Institute of Fundraising, menulis dan memberikan kartu ucapan natal terutama yang dibeli dari badan amal manapun sekaligus dapat membantu kamu berdonasi.

4 dari 6 halaman

3. Kumpul Keluarga

Menurut sebuah penelitian, rata-rata keluarga hanya memiliki waktu sebanyak 36 menit setiap harinya untuk benar-benar terkoneksi.

Hal tersebut dipengaruhi oleh jadwal kerja hingga pekerjaan rumah yang menyisakan hanya sedikit waktu untuk kebersamaan sehingga saat perayaan natal itulah, biasanya kita dapat berkumpul bersama keluarga dan teman dengan lebih lama untuk mengembalikan koneksi tersebut.

5 dari 6 halaman

4. Makan

Terdengar sederhana, tetapi makan bersama di meja makan dengan keluarga atau teman bukanlah sesuatu yang rutin dilakukan oleh semua orang. Pada kesempatan Natal, tradisi makan bersama pun biasanya menjadi kewajiban.

Penelitian dari Rutgers University di New Jersey, Amerika Serikat, menemukan bahwa makan bersama secara rutin secara tidak langsung dapat memberikan kontribusi bagi kesehatan, seperti berkurangnya obesitas karena biasanya asupan yang masuk akan lebih diperhatikan dan kondisi mental yang jadi lebih baik karena adanya koneksi yang terbangun lewat canda tawa di meja makan.

6 dari 6 halaman

5. Menghias Pohon Natal

Pohon natal menjadi satu di antara bagian tak terpisahkan dari perayaan Natal di berbagai belahan dunia. Hampir di setiap rumah umat Kristiani terdapat pohon natal selama periode perayaan hari kelahiran Yesus Kristus tersebut.

Hiasan berupa pohon natal sering ditemui di pengujung tahun saat umat Kristiani mempersiapkan perayaan Natal. Di jalan dan pusat perbelanjaan banyak memasang aksesoris Natal.

Pohon natal biasanya dibuat mengacu pada pohon cemara atau pinus. Tak lupa, terdapat macam-macam hiasan yang disematkan agar cemara tampak makin indah.

Namun, seiring berkembangnya zaman, pohon natal bisa dibuat dengan bahan apa pun, termasuk dari plastik. Bagi sebagian orang, memasang pohon Natal bisa menjadi kegiatan yang membahagiakan.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Diviya Agatha, Editor: Aditya Eka Prawira. Published: 25/12/2021)

Baca artikel seputar Natal lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer