Sukses


Contoh Literasi Singkat Bahasa Indonesia dalam Berbagai Tema

Bola.com, Jakarta - Literasi adalah suatu kegiatan atau aktivitas untuk lebih membudidayakan gerakan membaca serta juga menulis.

Dalam perkembangannya, istilah literasi memiliki banyak variasi, seperti literasi media, literasi komputer, literasi sains, literasi sekolah, dan lain sebagainya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, literasi adalah kemampuan menulis dan membaca, pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu, kemampuan individu dalam mengolah informasi, dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.

Hakikat berliterasi secara kritis dalam masyarakat demokratis diringkas dalam lima verba, yakni memahami, melibati, menggunakan, menganalisis, dan mentransformasi teks. Semua itu merujuk pada kompetensi yang lebih dari sekadar kemampuan membaca dan menulis.

Agar lebih paham lagi, berikut contoh literasi, dilansir dari laman 99, Jumat (23/12/2022).

2 dari 3 halaman

Contoh Literasi Buku Fiksi

  • Judul: Anak Jujur
  • Penulis: Ali Muakhir
  • Penerbit: Tiga Serangkai
  • Jumlah halaman: 24

Buku berjudul Anak Jujur mengisahkan seorang adik bernama Gaga yang memiliki sifat jujur. Dalam seri buku ini, diceritakan bahwa pensil Titi, kakak dari Gaga, hilang entah ke mana.

Titi kemudian menemukan pensilnya ada di kamar Gaga dan tak lama setelah itu, ia menangis karena pensilnya sudah pendek. Lantas, Gaga datang dan membawakan pensil baru.

Gaga pun meminta maaf dan menjelaskan secara jujur bahwa ia sedang belajar meraut pensil. Buku ini mengisahkan cerita yang inspiratif dengan sampul yang menarik bagi anak-anak.

3 dari 3 halaman

Contoh Literasi Novel

  • Judul: Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)
  • Penulis: Marchella FP
  • Penerbit: KPG
  • Jumlah halaman: 200 halaman

Novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) bercerita tentang seorang perempuan bernama Awan. Bagi Awan, menjadi sebuah "bohlam" dalam kehidupan sudah lebih dari cukup karena ia bisa memberikan terang dan kehangatan.

Suatu waktu, ia pun menulis surat untuk masa depan yang ditujukan untuk anaknya. Surat tersebut berisi tentang memori, kegagalan, tumbuh, patah, bangun, dan segala ketakutan yang dialami manusia pada umumnya.

Dalam novel ini, pembaca bisa menemukan banyak kutipan yang memotivasi disertai ilustrasi gambar.

 

Sumber: 99

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer