Sukses


Arti Setiap Hiasan pada Pohon Natal, Tak Hanya Sekadar Ornamen

Bola.com, Jakarta - Saat memasuki bulan Desember, umat Kristiani umumnya akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut hari Natal. Satu di antara yang disiapkan ialah pohon Natal.

Memasang pohon Natal menjadi satu di antara tradisi yang identik dalam perayaan Natal. Hari Natal merupakan hari yang ditunggu-tunggu umat Kristiani di seluruh dunia.

Hiasan berupa pohon Natal sering ditemui di pengujung tahun saat umat Kristiani mempersiapkan perayaan Natal.

Makna pohon Natal bagi umat Kristiani adalah sebagai tanda lahirnya Tuhan Yesus Kristus ke dunia. Umat Kristiani biasa menggunakan pohon cemara sebagai penggambaran pohon Natal.

Pohon Natal tersebut kemudian akan dihiasi dengan berbagai ornamen yang membuatnya tampak lebih indah dan enak dipandang. Selain itu, setiap hiasan yang digunakan untuk memperindah pohon Natal juga dipercaya memiliki makna tersendiri.

Mungkin tak banyak yang tahu makna dari ornamen atau hiasan pada pohon Natal. Bagi umat Kristiani, pastinya penting mengetahui makna dari setiap ornamen dalam pohon natal.

Berikut ini arti hiasan pada pohon Natal yang penting untuk diketahui, dilansir dari lamanĀ Bpkpenabur, Jumat (23/12/2022).

2 dari 3 halaman

Arti Hiasan pada Pohon Natal

1. Bintang

Biasanya hiasan bintang akan di pasang pada puncak pohon Natal. Bintang pada pohon Natal memiliki arti sebagai simbol dari bintang timur yang menuntun tiga orang Majus dan gembala menuju palungan tempat bayi Yesus dilahirkan, yakni di Kota Betlehem.

2. Lonceng

Hiasan lonceng pada pohon Natal merupakan simbol untuk mengundang dan mengabarkan orang dari seluruh penjuru akan kelahiran bayi Yesus.

3. Bola Natal

Hiasan Natal yang satu ini juga lazim ditemukan padaĀ pohon Natal, termasuk di Indonesia. Bola Natal biasanya dibuat dengan warna metalik atau ditaburi glitter yang nantinya dapat memantulkan cahaya dari lampu pohon Natal atau lampu ruangan.

Tak sembarangan, cat reflektif itu dipilih agar tak ada lagi 'kegelapan' yang melingkupi Bumi begitu Natal dirayakan. Oleh karena itu, kita mengenal istilah pohon terang di Sekolah Minggu.

3 dari 3 halaman

Arti Hiasan pada Pohon Natal

4. Malaikat

Hiasan malaikat akan membuat pohon Natal menjadi lebih cantik. Malaikat pada pohon Natal merupakan simbol dari malaikat Allah yang diutus-Nya untuk menyebarkan berita akan kelahiran Putra-Nya yang Tunggal, Tuhan Yesus Kristus.

5. Kado

Hiasan kado yang biasanya diletakkan pada kaki pohon Natal merupakan simbol untuk mengingatkan kita sebagai umat Kristiani bahwa kita telah menerima karunia terindah dari Allah melalui Tuhan Yesus Kristus yang datang ke dunia untuk menebus dosa manusia.

Kado juga sebagai simbol agar sebagai umat Kristiani kita selalu memberikan berkat kepada orang yang membutuhkan.

6. Percikan Api

Percikan api pada hiasan pohon Natal merupakan simbol untuk menjaga dan melindungi Maria dan bayi Yesus.

Ā 

Sumber:Ā Bpkpenabur

Baca artikel seputar Natal lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer