Sukses


Cara agar Resolusi Tahun Baru Tetap Konsisten dan Tidak Gagal

Bola.com, Jakarta - Tahun 2022 segera berakhir. Hal itu berarti tahun baru 2023 akan hadir. Menjelang tahun baru, banyak orang memiliki resolusi atau harapan baik di tahun 2023.

Membuat resolusi tahun baru merupakan ide bagus karena banyak memberikan efek positif. Bahkan, bagi sebagian orang, membuat resolusi tahun baru bisa menjadi semangat dalam menjalani tahun depan.

Meski begitu, sebagian orang terkadang belum maksimal dan tidak konsisten dalam mewujudkan resolusi tahun baru yang telah dibuat. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor.

Beberapa faktor yang menghambat antara lain rencana yang terlalu banyak, tidak fokus pada hal yang direncanakan, hingga tidak siap menghadapi masalah yang muncul.

Kondisi tersebut yang bisa membuat orang mudah menyerah dan berhenti melakukan rencana yang telah dibuat. Namun, ada beberapa hal penting untuk diperhatikan agar resolusi setiap tahun barumu bisa berjalan dengan baik dan konsisten.

Berikut ini cara agar resolusi tahun baru tetap konsisten dan tidak gagal, disadur dari Merdeka, Selasa (27/12/2022).

2 dari 8 halaman

Fokus pada Satu Hal

Cara membuat resolusi tahun baru yang pertama, perlu menetapkan fokus pada satu hal. Perlu diingat, dalam merencanakan resolusi kamu tidak bisa mengubah semua hal sekaligus.

Jika merencakan terlalu banyak hal, justru akan menyulitkanmu dalam merealisasikan setiap rencana yang dibuat. Dengan begitu, pilih satu hal yang menjadi fokusmu.

Buatlah sesuatu hal yang konkret dan rencanakan perubahan yang ingin dicapai. Jika satu hal sudah berhasil dilakukan, kamu bisa membuat rencana lain setelah sekitar satu bulan.

Dengan membuat perubahan kecil satu per satu, rencana yang dibuat lebih mudah direalisasikan. Ini menjadi strategi yang lebih realistis dalam mencapai target resolusi setiap tahun.

3 dari 8 halaman

Menyusun Rencana ke Depan

Rencana yang akan dilakukan sebaiknya disusun dengan berbagai langkah atau strategi yang memudahkanmu dalam mencapai target.

Contohnya rencana berhenti merokok bisa direncanakan dengan mulai melakukan aktivitas olahraga, membaca buku atau alternatif kegiatan lain.

Kamu perlu membuat rencana secara terperinci agar usaha yang dilakukan dapat berjalan efisien dan efektif.

4 dari 8 halaman

Mengantisipasi Masalah

Cara membuat resolusi tahun baru selanjutnya adalah mengantisipasi masalah. Tidak dapat dimungkiri, berbagai masalah mungkin muncul saat kamu berusaha untuk merealisasikan target.

Kamu bisa membuat daftar masalah apa saja yang mungkin akan terjadi. Daftar masalah ini bisa memudahkanmu dalam mengantisipasi atau menyelesaikan masalah jika sewaktu-waktu terjadi.

Jangan lupa juga untuk menyusun cara-cara khusus untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan begitu, kamu akan lebih siap dalam menghadapi setiap masalah yang akan muncul.

5 dari 8 halaman

Memilih Tanggal Mulai

Tidak selalu dimulai di hari pertama tahun baru, kamu bisa memilih waktu yang pas dan nyaman. Pilih saat kamu mempunyai waktu luang untuk beristirahat serta kondisi tubuh dan pikiran yang sehat dan bugar.

Jika kamu merasa sudah berada pada kondisi tersebut, pilih satu di antara waktu di mana kamu bisa memulai melakukan rencana yang telah dibuat.

Ketika semua kondisi susah siap dan mendukung, tentu akan memudahkanmu untuk melakukan setiap usaha.

6 dari 8 halaman

Melakukan Rencana

Cara membuat resolusi tahun baru berikutnya, dengan melakukan rencana yang telah dibuat. Pada hari yang telah ditetapkan, buat komitmen dengan menuliskan kalimat penyemangat pada kertas.

Kamu bisa menyelipkan kertas tersebut pada tas atau dompet agar terus diingat. Selain itu, kamu bisa menempelkan kertas tersebut pada cermin, dinding kamar, atau tempat lain yang sering dikunjungi.

Selain sebagai pengingat, kertas tersebut bisa memberikan semangat untuk mencapai target yang diinginkan.

 

7 dari 8 halaman

Menerima Kegagalan

Melakukan usaha secara konsisten memang bukan suatu hal yang mudah. Dalam perjalanan untuk mencapainya, kamu bisa gagal dan menyerah. Tidak perlu khawatir, hal ini wajar terjadi.

Kamu perlu mencatat pemicu yang membuat kamu gagal dalam mewujudkannya Setelah itu, buatlah cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Kemudian lakukan lagi dan coba terus secara konsisten. Kamu juga perlu mengantisipasi hal-hal tertentu untuk mencegah kegagalan atau kemunduran tersebut terulang lagi.

8 dari 8 halaman

Merencanakan Hadiah

Dengan merencanakan dan menentukan hadiah kecil bisa menjadi motivasi untuk melakukan setiap rencana yang telah dibuat. Kamu bisa memberikan hadiah seminggu sekali atau sebulan sekali setelah berhasil melakukan rencana yang diinginkan.

Hadiah kecil ini bisa beragam dan disesuaikan pilihan pribadi. Contohnya seperti jalan-jalan, nonton ke bioskop, atau menikmati makanan favorit yang lezat.

Selain itu, kamu bisa menetapkan reward di akhir tahun sebagai penghargaan dengan apa yang telah dilewati selama satu tahun.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Ayu Isti Prabandari. Published: 23/12/2020)

Baca artikel seputar tahun baru lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer