Sukses


Bacaan Selawat Fatih beserta Arti, Ketahui Keutamaannya

Bola.com, Jakarta - Membaca selawat merupakan satu di antara amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh setiap umat muslim.

Membaca selawat bisa dimaknai sebagai bukti rasa cinta dan hormat umat kepada Nabi Muhammad saw. sekaligus meningkatkan keimanan kepada Allah Swt.

Perintah untuk membaca selawat secara umum telah ditegaskan dalam Al-Qur'an surah Al-Ahzab ayat 56:

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berselawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Berselawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

Ada banyak bacaan selawat yang bisa dilafalkan dan diamalkan umat muslim. Satu di antara yang bisa untuk dilafalkan dan diamalkan umat muslim adalah selawat Fatih.

Selawat Fatih dikenal sebagai selawat pembuka pintu 'arsy. Maksudnya, selawat Fatih bisa dibaca oleh seseorang untuk menyelesaikan semua masalah yang dihadapi.

Lantas, bagaimana bacaan selawat Fatih yang diamalkan umat muslim?

Berikut ini bacaan selawat Fatih, lengkap dengan arti dan keutamaan bagi yang mengamalkannya, disadur dari Merdeka, Selasa (27/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bacaan Selawat Fatih

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍنِ الْفَاتِحِ لِمَا اُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْ رِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ

"Allaahumma shalli wa sallim wa baarik 'alaa sayyidinaa Muhammadinil Faatihi limaa ughliqa, wal khaatimi limaa sabaqa, wan naashiril haqqaa bil haqqi, wal haadii ilaa shiraatin mustaqiim. Shallallaahu 'alayhi, wa 'alaa aalihii, wa ashhaabihii haqqa qadrihii wa miqdaarihil 'azhiim."

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah selawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad saw. pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan selawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung."

3 dari 4 halaman

Keutamaan Mengamalkan Selawat Fatih

1. Terbebas dari Siksa Neraka

Keutamaan selawat Fatih yang pertama adalah terbebas dari siksa neraka. Disebutkan beberapa ulama membaca selawat Fatih, meski hanya sekali dalam seumur hidupnya maka orang tersebut akan terbebas dari siksa neraka.

2. Dapat Pahala Setara Sepuluh Ribu kali Selawat

Selanjutnya, beberapa ulama juga berpendapat apabial membaca selawat Fatih dapat mendatangkan pahala yang besar.

Bagi ulama, pahala membaca satu kali selawat itu bisa menyamai sepuluh ribu kali selawat lain. Ada pula yang mengatakan bahwa pahalanya mencapai enam ratus ribu kali lipat.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Mengamalkan Selawat Fatih

3. Dijauhkan dari Malapetaka dan Bahaya

Seseorang yang membaca selawat Fatih akan dibebaskan dari keburukan duniawi. Hal ini termasuk malapetaka dan bahaya.

Beberapa ulama mengatakan bahwa orang yang membaca selawat ini sebanyak 20 kali setiap selesai salat fardu hidupnya akan tenteram dan nyaman.

4. Dapat Menetapkan Iman

Menurut beberapa ulama, apabila seorang muslim membaca selawat Fatih dengan rutin maka imannya akan dikuatkan. Ini akan menguat sepanjang perjalanan hidupnya hingga menemui ajal. Kemudian seorang muslim akan meninggal dalam keadaan husnul khotimah.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Billy Adytya. Published: 10/1/2022)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer