Sukses


Macam-Macam Sumber Energi yang Bermanfaat bagi Kehidupan Manusia

Bola.com, Jakarta - Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan. Dalam ilmu sains, energi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika); daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, misalnya dapat merupakan bagian suatu bahan atau tidak terikat pada bahan (seperti sinar matahari); tenaga.

Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, melainkan hanya bisa diubah atau dikonversi menjadi bentuk lain, sesuai hukum kekekalan energi.

Dalam kehidupan, manusia membutuhkan energi untuk kelangsungan hidup sehari-hari. Tanpa adanya energi, manusia atau makhluk hidup lainnya akan kesulitan dalam melakukan sesuatu.

Ada beberapa sumber energi alam yang dapat digunakan sebagai sumber energi untuk keperluan hidup manusia. Nah, sumber energi apa sajakah yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan?

Berikut ini macam-macam sumber energi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, dilansir dari ditsmp.kemdikbud.go.id, Rabu (28/12/2022).

2 dari 7 halaman

Energi Fosil

Minyak bumi, gas, dan batu bara merupakan bahan bakar fosil yang berasal dari tumbuhan serta hewan-hewan yang terkubur jutaan tahun di dalam bumi.

Untuk mendapatkan minyak bumi, dilakukan penambangan atau eksploitasi ke dalam perut bumi.

3 dari 7 halaman

Energi Nuklir

Energi nuklir adalah energi potensial yang terdapat pada partikel di dalam nukleus atom. Partikel nuklir, seperti proton dan neutron, tidak terpecah di dalam proses reaksi fisi dan fusi.

Namun, kumpulan tersebut memiliki massa yang lebih rendah daripada ketika berada dalam posisi terpisah.

Adanya perbedaan massa ini maka dibebaskan dalam bentuk energi panas melalui radiasi nuklir.

4 dari 7 halaman

Energi Matahari

Energi surya atau energi matahari adalah energi yang didapat dengan mengubah energi panas surya (matahari) melalui peralatan tertentu menjadi energi dalam bentuk lain.

Matahari merupakan sumber utama energi. Energi matahari dapat digunakan secara langsung maupun diubah ke bentuk energi lain.

5 dari 7 halaman

Energi Air

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Energi listrik yang dibangkitkan ini disebut hidroelektrik.

Komponen pembangkit listrik jenis ini adalah generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh energi kinetik dari air.

Namun, secara luas pembangkit listrik tenaga air tidak hanya terbatas pada air dari sebuah waduk atau air terjun, melainkan juga pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air dalam bentuk lain seperti tenaga ombak.

6 dari 7 halaman

Energi Angin

Energi angin memanfaatkan tenaga angin dengan menggunakan kincir angin untuk diubah menjadi energi listrik atau bentuk energi lainnya.

Umumnya, digunakan dalam ladang angin dalam skala besar untuk menyediakan listrik di lokasi yang terisolasi.

 

7 dari 7 halaman

Energi Pasang Surut

Energi pasang surut atau yang biasa disebut juga dengan energi tidal merupakan energi yang memanfaatkan pasang surutnya air.

Jika dibandingkan dengan energi angin dan energi matahari, energi tidal memiliki sejumlah keunggulan.

Keunggulan tersebut antara lain memiliki aliran energi yang lebih pasti/mudah diprediksi, lebih hemat ruang, dan tidak membutuhkan teknologi konversi yang rumit.

Kelemahan energi ini adalah membutuhkan alat konversi yang andal yang mampu bertahan dengan kondisi lingkungan laut yang keras karena tingginya tingkat korosi dan kuatnya arus laut.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar energi dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer