Sukses


Manfaat Membuat Resolusi Tahun Baru yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Tidak terasa momen pergantian tahun dari 2022 ke 2023 segera tiba. Menjelang pergantian tahun, banyak orang akan membuat resolusi tahun baru, dengan harapan bisa memberikan perubahan positif dalam hidupnya di tahun depan.

Resolusi adalah sebuah tujuan. Resolusi sering dideskripsikan sebagai proses perbaikan diri agar menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Dengan membuat resolusi tahun baru, seseorang akan ingat tentang apa tujuan hidup dan usaha yang harus dilakukan untuk mencapainya.

Jadi, meski sederet resolusi pada tahun sebelumnya tidak tercapai, kamu jangan patah semangat untuk membuat resolusi untuk tahun depan. Sebab, memiliki resolusi membantu hidup kamu lebih terarah dan termotivasi.

Selain itu, membuat resolusi memberikan beragam manfaat. Maka itu, harusnya tidak ada keraguan buat kamu untuk menyusun resolusi untuk tahun depan.

Bagi kamu yang masih bingung dan ragu dalam membuat resolusi tahun baru, perlu mengetahui apa saja manfaatnya.

Berikut ini manfaat membuat resolusi tahun baru yang perlu diketahui, disadur dari Brilio, Rabu (28/12/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Membuat Resolusi Tahun Baru

1. Memberikan semangat hidup

Dengan membuat resolusi untuk tahun yang baru, kamu dapat merasakan semangat dari dalam dirimu untuk melakukan hal-hal menarik yang telah direncanakan ke depannya.

Semangat untuk mencapai semua resolusi atau target yang membuat kamu antusias menghadapi Tahun Baru. Ini membuatmu terhindar dari perasaan pesimistis atau kehawatiran tentang apa saja yang akan terjadi di tahun depan.

2. Menentukan tujuan

Resolusi membantu untuk mengetahui tujuan hidupmu setahun ke depan tentang apa yang ingin kamu capai atau ingin kamu miliki. Kemudian apa saja yang harus kamu lakuan untuk meraih impian dan cita-citamu.

Kamu dapat membuat daftar resolusi tentang keinginanmu untuk lebih rajin berolahraga agar mendapatkan tubuh yang bugar, atau lebih rajin menabung untuk membeli gawai baru dan sebagainya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Membuat Resolusi Tahun Baru

3. Membuat komitmen dengan diri sendiri

Membuat sebuah resolusi hal ini berarti kamu telah membuat sebuah komitmen kepada diri sendiri untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu capai di tahun yang baru.

Kamu akan mengetahui apa yang harus dan tidak harus dilakukan agar resolusimu terpenuhi.

4. Mengintrospeksi diri

Saat membuat resolusi, secara tidak langsung kamu telah melakukan pengamatan terhadap dirimu. Tentang apa yang sudah atau belum kamu lakukan maupun keinginan yang belum terpenuhi.

Dengan mengamati diri, kamu juga lebih mengenal kelemahan maupun kelebihan yang dimiliki. Kamu pun dapat berkaca pada dirimu dan menemukan apa saja pencapaianmu selama ini, juga apa saja yang belum kamu capai.

4 dari 4 halaman

Manfaat Membuat Resolusi Tahun Baru

5. Memperbaiki diri

Di tahun yang baru tentunya kamu ingin hidup menjadi pribadi yang lebih baik. Maka, resolusi untuk memperbaiki kesalahan di tahun yang lalu dapat membantumu untuk tahu apa saja yang harus dilakukan dan yang tidak.

Resolusi tidak melulu soal impian, tetapi juga bisa berupa hal-hal yang ingin kamu hindari, seperti berhenti merokok, berhenti mengonsumsi alkohol, atau mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan sebagainya.

Resolusi seperti ini dapat membantumu untuk memperbaiki dirimu menjadi lebih baik.

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Chindy Jessika Trielsa. Published: 7/1/2020)

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer