Sukses


Contoh Pidato Tahun Baru 2023 yang Bisa Jadi Referensi

Bola.com, Jakarta - Menjelang Tahun Baru 2023, seluruh orang di berbagai penjuru dunia begitu bersemangat menanti momen istimewa tersebut.

Momen Tahun Baru 2023 menjadi waktu yang menyenangkan karena banyak kegiatan atau aktivitas seru yang dapat diselenggarakan sebagai rangkaian perayaan.

Biasanya menjelang Tahun Baru 2023 diadakan pesta kembang api yang dilakukan di tengah kota atau di tempat-tempat yang cukup terkenal.

Bersamaan dengan itu, tidak jarang kamu menjumpai sesi penyampain pidato menyambut Tahun Baru 2023. Biasanya, pidato berisikan pesan-pesan yang positif dan inspiratif.

Jika kamu mendapatkan kesempatan menyampaikan pidato saat momen Tahun Baru 2023, bisa menyimak contohnya di bawah ini.

Berikut ini beberapa contoh pidato Tahun Baru 2023 yang bisa menjadi referensi, dikutip dari laman Gurupenyemangat dan Sekolahbahasainggris, Kamis (29/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Pidato Tahun Baru 2023 1

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Salam sehat dan salam bahagia untuk kita semua,

Yang terhormat, Bpk/Ibu kepala ... ,

Yang terhormat, Bpk/Ibu tamu undangan,

Serta teman-teman seperjuangan yang berbahagia.

Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat, terutama nikmat sehat dan sempat sehingga kita semua bisa tetap tersenyum di tahun yang baru ini.

Selawat dan salam tidak bosan-bosannya kita haturkan kepada Nabiyullah Muhammad saw. Semoga dengan seringnya kita berselawat, kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Saat ini dan detik ini juga kita telah diizinkan oleh Allah untuk berpijak, belajar, bekerja, beraktivitas, serta menebar manfaat di Tahun Baru 2023.

Sungguh merupakan kesempatan besar bagi kita dan kesempatan ini belum tentu didapat oleh semua orang.

Beberapa hari yang lalu kita masih mendengar cerita seru dari teman-teman tentang kegiatan malam tahun baru seperti bakar jagung, membuat bistik, hingga melihat cerahnya langit malam karena kembang api.

Namun, sejatinya kisah tahun baru tidaklah sesederhana itu karena makin bertambah tahun sebenarnya umur dan kesempatan kita makin sedikit.

Teman-teman yang saya banggakan,

Tahun baru identik dengan semangat baru.

Biarpun beberapa dari kita mungkin masih kecewa dengan kegagalan di tahun lalu, atau kesal dengan kesempatan yang tidak dimanfaatkan di tahun lalu, sudah semestinya kita jangan terlalu berlama-lama dengan hal tersebut.

Sadar atau tidak, makin lama kita menimba kesal dan sesal maka semakin banyak pula waktu yang terbuang. Sedihnya, waktu yang sudah berlalu tidak bisa diulang barang sedetik pun.

Maka itu, tahun baru 2023 perlu kita sambut dengan semangat yang baru.

Bagaimana caranya agar kita bisa tetap semangat atau bahkan makin semangat di tahun yang baru?

Teman-teman yang berbahagia,

Satu di antara hal yang perlu kita lakukan untuk membangkitkan semangat di awal tahun 2023 ialah dengan menuliskan resolusi.

Resolusi yang dimaksud di sini bukanlah sekadar harapan kosong melainkan berupa tuntutan kegiatan yang bisa kita perjuangkan untuk dicapai.

Untuk mencapai suatu resolusi diperlukan rencana yang matang, strategi, teknik, dukungan, hingga semangat baik itu datangnya dari diri sendiri atau pun dari rekan-rekan sekalian.

Teman-teman yang berbahagia,

Selain menyiapkan resolusi, hal penting lainnya yang perlu kita cermati dalam menyambut tahun baru ialah selalu berpikir positif.

Mengapa saya katakan demikian?

Dikatakan oleh Sinclair sebagaimana yang saya kutip dari Jurnal Intervensi Psikologi, orang-orang yang membiasakan pikiran positif cenderung melihat hal yang positif secara lebih baik.

Dengan demikian, dapat dipetik titik simpul bahwa pikiran positif akan menghadirkan keyakinan bahwa setiap masalah akan ada solusinya karena muara dari positive thinking adalah optimis. Toh, tahun baru masih menyisakan 12 bulan ke depan yang penuh dengan kisah tak tertebak, kan? Begitulah.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia,

Mari kita sambut tahun yang baru ini dengan semangat yang baru. Semangat barang kali tidak banyak mengubah apa pun, tapi dengan semangat kita bisa memecahkan masalah apa pun.

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf atas banyaknya salah. Saya akhiri;

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

3 dari 4 halaman

Contoh Pidato Tahun Baru 2023 2

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh,

Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ala alihi wasohbihi aj'main.

Yang saya hormati, Bapak/Ibu kepala ... ,

Serta saudara-saudari yang berbahagia,

Pertama-tama marilah kita bersyukur atas kehadirat Allah Swt. yang senantiasa memberikan nikmat tiada putus-putusnya. Satu di antaranya ialah nikmat kesempatan sehingga kita semua bisa berkumpul di ruangan ini di tahun yang baru.

Selawat berbingkai salam kita hadiahkan kepada Nabi Akhir Zaman, Sayyidina Muhammad saw., semoga lidah ini selalu diringankan untuk berucap selawat kepada beliau.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari yang berbahagia,

Tiada disangka, pada hari ini kita telah memasuki tahun yang baru, bulan yang baru, hari yang baru, dan suasana yang berbeda dari sebelumnya.

Barang kali beberapa orang beranggapan bahwa pergantian tahun hanyalah pergantian angka. Angka 2022 berubah alias bertambah satu menjadi 2023. Dan bulan Desember kembali berganti menjadi Januari.

Sungguh opini tersebut tidak salah, tapi juga tidak bisa kita katakan benar seutuhnya. Mengapa? Semua terpampang terang di kala kita semua menyambut tahun baru.

Lihatlah di media sosial, saban detiknya ramai orang berucap syukur, menimba harapan, serta berdoa untuk tahun baru yang lebih baik.

Dari sana kita bisa memetik makna bahwa tahun yang baru bisa menjadi satu di antara pijakan motivasi bagi seseorang.

Entah itu motivasi belajar, motivasi bekerja, motivasi berkebaikan, serta motivasi untuk menebar manfaat bagi semua.

Saudara-saudari yang berbahagia,

Apa pentingnya motivasi dalam menyambut tahun baru khususnya tahun 2023?

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa motivasi itu seirama dengan dorongan, dan dorongan itu datang dari dalam maupun luar diri manusia. Semisal kita adalah sepeda yang baru dibeli dari toko sewaktu tahun baru maka motivasi laksana pedal yang ada pada sepeda tersebut.

Mengayuh pedal adalah cara terbaik agar sepeda bisa berjalan. Di sini, ada dua pihak yang bakal mampu menggerakkan pedal. Pihak pertama adalah diri sendiri, pihak kedua adalah orang lain.

Namun, dalam menghadapi Tahun Baru 2023 yang penuh dengan tantangan tak terduga ini, apakah kita harus menunggu kayuhan alias dorongan dari orang lain?

Nyatanya, sepeda akan berjalan lebih cepat ketika kita mengayuhnya menggunakan kaki sendiri. Itu artinya, motivasi terpenting adalah dorongan yang datang dari dalam diri kita sendiri.

Saudara-saudari yang berbahagia,

Dimulai dari hari ini, ayo sama-sama kita meninggikan motivasi dari dalam diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk menggelorakan motivasi, kita perlu menghadirkan rencana di mana rencana tersebut dihias dengan strategi penggapaian impian yang jitu dan terarah.

Ketika rencana disusun dengan sedemikian rupa, ditambah dengan motivasi kuat dalam diri dan dibarengi dengan dukungan dari semua pihak, mudah-mudahan kesuksesan makin dekat dan cepat untuk menghampiri kita.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari yang berbahagia;

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Selamat menyambut Tahun Baru 2023. Saya akhiri;

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

4 dari 4 halaman

Contoh Pidato Tahun Baru 2023 3

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat.

Seluruh Kepala Desa se-kecamatan, beserta para petugas pembantunya, juga kepada panitia acara kegiatan yang sudah memberikan waktu dan tempatnya sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul mengadakan peringatan penyambutan awal tahun 2023 ini.

Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada para hadirin Ibu/Bapak yang sudah menyempatkan waktunya untuk menghadiri acara peringatan tahun baru ini.

Pertama-tama marilah kita senantiasa bersyukur kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan nikmat kesehatan jasmani dan rohani kepada kita semua sehingga pada kesempatan hari ini kita diberi kesempatan untuk bisa menjumpai tahun 2023 ini.

Hadirin yang saya hormati.

Pidato yang akan saya sampaikan menerangkan tahun baru masehi. Dalam mengisi tahun baru masehi 2023 ini marilah kita pandai-pandai memanfaatkan nikmat Allah untuk meraih pahala yang sebanyak-banyaknya sebagai bekal hidup di akhirat nanti.

Sebab, tidak ada seorang pun yang tidak menyesal di akhirat nanti karena merasa kurang banyak dalam mengumpulkan pahala ketika masih hidup di dunia.

Oleh karena itu, sebelum kita menyesal nanti, marilah kita gunakan sebaik-baiknya umur dan kesehatan yang telah diberikan Allah kepada kita. Sebagaimana yang telah Allah firmankan dalam surah An-Nahl ayat 18 yang artinya sebagai berikut:

"Dan apabila kalian menghitung nikmat-nikmat Allah, pasti kalian tidak akan bisa menentukan jumlahnya." (QS. An-Nahl: 18)

Kesimpulan ayat tersebut memberikan pengertian terhadap kita seandainya kita mau berpikir sejenak untuk merenungkan berapa banyaknya nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita sehingga seandainya amal perbuatan kita yang baik dijumlahkan semuanya, kemudian digunakan untuk membayar nikmat Allah yang telah kita terima tidak akan mencukupinya.

Hadirin yang terhormat,

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan dengan datangnya tahun baru 2023 ini kita dapat menggunakan nikmat yang telah diberi oleh Allah dengan sebaik-baiknya untuk beribadah dan meraih cita-cita demi bangsa dan orang-orang tercinta kita.

Semoga pidato ini bermanfaat bagi kita dan mohon maaf jika ada salah-salah kata.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 

Sumber: Gurupenyemangat, Sekolahbahasainggris

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer